Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Info Lemonilo

Hari Emoji Sedunia, Ini Fakta Soal Emoji yang Bantu Ungkap Perasaan

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
16 Jul 2021
Clock Icon
4 menit
Hari Emoji Sedunia

Happy world emoji day, Lemonizen!


Setiap tanggal 17 Juli, dunia memperingati hari Emoji lho atau disebut juga World Emoji Day. Nah coba ingat-ingat deh, seberapa sering kamu menggunakan emoji saat berkomunikasi/berkirim pesan teks? Pasti cukup sering, kan? Mulai dari emoji tertawa, menangis, atau bahkan sedih. 


Bukan hanya lucu dan menggemaskan, perkembangan emoji juga telah mengubah cara manusia mengungkapkan perasaan dan berkomunikasi lewat berbagai platform digital. Seperti chat messenger, e-mail, social media sampai website.

 

Awalnya, emoji dikembangkan oleh Shigetaka Kurita, seorang desainer grafis asal Jepang pada tahun 1990. Sampai sekarang emoji terus berkembang dari bentuk hingga warna yang tersedia. banner consideration shipping bg blue 


Beberapa peneliti menemukan bahwa emoji ini bisa disebut sebagai bahasa visual modern. Penggunaan emoji dianggap dapat mewakili perasaan manusia sebagai penggunanya lho! Penasaran seperti apa info selengkapnya? Yuk lihat ulasannya di bawah ini.


1. Meningkatkan suasana hati


Menurut Alizah K. Lowell, seorang psikoanalis di New York, emoji dapat meningkatkan suasana hati saat berkirim pesan. Terutama saat seseorang mencurahkan perasaannya. 


Seperti marah, sedih atau tertawa. Emoji dapat mewakilkan perasaan dari cerita penulisnya lho. Bahkan topik-topik pembicaraan yang mungkin sulit diperbincangkan dapat dikomunikasikan lebih baik dengan penggunaan emoji. 


Misalnya, kamu cerita persoalan yang berat pada teman, nah kamu dapat menambahkan emoji untuk mewakili emosi dan perasaanmu di sana. 


2. Mengurangi kesan ambigu


Ketika berkirim pesan apakah Lemonizen sering merasakan ada kesan ambigu? Nah, salah satu kegunaan emoji ternyata adalah untuk mengurangi kesan ambigu pada pesan. Menurut penelitian yang dilakukan pada pelajar, menggunakan emoji dapat membantu memperkuat makna pesan. Sehingga intensitas pesan yang tertulis lebih kuat bagi penerimanya.banner consideration promotion bg blue


3. Mengekspresikan perasaan dengan lebih baik


Ada beberapa hal yang lebih nyaman diungkapkan secara verbal daripada melalui tulisan. Namun, emoji bisa membantu persoalan ini lho. Misalnya, Lemonizen adalah seseorang yang sering menyapa teman dengan senyuman lebar atau pelukan. 


Nah, kamu bisa mengekspresikan perasaan ini, melalui emoji saat bertukar pesan. Cukup pilih emoji yang sesuai dengan perasaanmu, kamu bisa mengkomunikasikan gesturmu pada seseorang dengan kesan santai. 


4. Banyak pilihan yang dapat digunakan


Seiring perkembangan teknologi dan jaman, emoji nggak hanya melibatkan ekspresi wajah manusia. Setiap tahunnya pasti ada emoji baru yang diluncurkan.


Mulai dari emoji transportasi, makanan, bendera, hewan, pakaian, pekerjaan, sampai cuaca. Sampai saat ini, setidaknya ada 3.521 emoji yang sudah terdaftar di Unicode Standards. 

 

Nah, dengan perkembangan emoji yang semakin beragam tentunya kamu bisa lebih ekspresif lagi dalam berkomunikasi lewat pesan di platform digital. 


Nggak dapat dipungkiri, penggunaan emoji ini bisa mengungkapkan atau mewakili persaan saat bertukar pesan. Tapi terkadang, ada juga beberapa orang yang belum fasih memahami atau menggunakan emoji saat bertukar pesan. Hasilnya, jadi ada perbedaan makna yang ditangkap. 


Jadi, emoji apa yang mewakili perasaanmu hari ini Lemonizen? Share jawabanmu di kolom komentar ya!banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green 


Kamu juga bisa rayakan World Emoji Day bersama Lemonilo. Ungkapkan perasaanmu lewat produk Lemonilo. Sedih? Marah? atau happy? Lemonilo siap menemani. Dapatkan harga spesial produk-produk Lemonilo dalam rangka perayaan World Emoji Day


Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.