Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Hari Keamanan Pangan Sedunia: Makanan Aman untuk Hari Esok yang Lebih Sehat

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
07 Jun 2021
Clock Icon
4 menit
World Food Safety Day

Lemonizen, tahukah kamu kalau keamanan dari makanan yang kamu konsumsi merupakan tanggung jawab bersama? Faktanya, baik pemerintah, produsen, hingga konsumen memiliki peran untuk memastikan makanan yang dikonsumsi aman dan tidak akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan lho.


Badan Kesehatan Dunia alias WHO pun memperingati Hari Keamanan Pangan Sedunia (World Food Safety Day) pada tanggal 7 Juni setiap tahunnya. Peringatan ini dimulai sejak 2019 dan diinisiasi oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa. banner consideration shipping bg blue


Hari Keamanan Pangan Sedunia diperingati dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat pada persoalan makanan. Pasalnya, makanan yang tidak aman dapat memberikan dampak buruk terutama pada kesehatan manusia serta ekonomi. 


Bukan hanya itu, makanan yang tidak aman juga dapat berimbas pada persoalan limbah atau menambah tinggi permasalahan food waste. Padahal, di berbagai negara tertinggal kasus kelaparan semakin tinggi. 


Nah, di perayaan World Food Safety Day di tahun ke-tiga ini, tema yang diangkat adalah ‘Safe food now for a healthy tomorrow’ atau yang berarti ‘Makanan Aman untuk Hari Esok yang Lebih Sehat’.  


Tema ini diangkat karena WHO ingin menekankan bahwa produksi dan konsumsi makanan yang aman memiliki manfaat yang sangat besar bagi manusia, hewan, tumbuhan, lingkungan, serta ekonomi. Baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. 


Bahkan WHO juga menekankan bahwa keamanan pangan adalah persoalan global yang harus diselesaikan bersama. Dengan menjaga keamanan pangan berarti kita telah berperan untuk mengurangi berbagai penyakit bawaan makanan yang seringkali menjadi persoalan kesehatan.banner consideration promotion bg blue


WHO dan Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) bersama-sama memfasilitasi peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia, bekerja sama dengan berbagai negara dan organisasi terkait lainnya. Menurut WHO setidaknya ada lima seruan aksi yang disampaikan pada peringatan hari Keamanan Pangan Sedunia kali ini. Berikut penjelasannya:


(1) Ensure it’s safe: Pemerintah perlu memastikan pangan aman dan bergizi untuk seluruh masyarakat

(2) Grow it safe: Dalam proses pertanian dan produksi bahan pangan, perlu penerapan praktik yang baik 

(3) Keep it safe: Semua pelaku usaha harus memastikan makanan yang diedarkan aman

(4) Eat it safe: Semua konsumen berhak atas pangan aman, sehat, dan bergizi

(5) Team up for safety: Menjaga keamanan pangan adalah tanggung jawab bersama 


Lemonilo sebagai healthy brand consumer goods pun memiliki tujuan yang sejalan dengan seruan-seruan yang disampaikan oleh WHO dan FAO.

Dengan menyediakan berbagai produk makanan sehat, mulai dari bumbu dapur, mi instan, hingga cemilan yang bebas pengawet, pewarna, dan perasa buatan (3P) serta 100+ bahan kimia berbahaya lainnya,  Lemonilo berharap akses pada kesehatan maupun pangan yang aman dapat menjadi lebih mudah bagi setiap keluarga Indonesia. Sehingga Lemonilo dapat bersama-sama mendampingi masyarakat menjadi generasi yang lebih sehat dan kuat di masa depan.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Dalam rangka perayaan World Food Safety Day tahun ini, Lemonilo juga memberikan diskon khusus lho! Cek informasi selengkapnya 
di sini ya, Lemonizen! 

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.