Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Hari Lupus Sedunia: Penyakit yang Banyak Menyerang Wanita, Kenali Cara Mencegahnya!

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
10 May 2021
Clock Icon
5 menit
Penyakit lupus

Setiap tanggal 10 Mei diperingati sebagai Hari Lupus Sedunia. Penyakit lupus juga sering disebut sebagai penyakit 1000 wajah karena gejalanya yang sangat beragam.  


Berdasarkan data dari Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI 2017, angka prevalensinya mencapai 0,5% dari 1.250.000 orang Indonesia. Tentunya angka tersebut cukup tinggi, mengingat lupus adalah penyakit yang dapat membahayakan jiwa penderitanya. banner consideration shipping bg blue 


Dalam rangka memperingati Hari Lupus Sedunia, yuk kenali lebih lanjut informasi seputar penyakit ini.


Apa Itu Penyakit Lupus?


Lupus adalah penyakit autoimun yang membuat sistem imun menjadi hiperaktif dan menyerang sel, jaringan dan organ tubuh yang sehat. Dilansir dari P2PTM Kementerian Kesehatan, penyakit lupus seringkali menyerang wanita di usia produktif (15-50 tahun) dengan angka kematian yang cukup tinggi. Namun, tidak jarang lupus juga menyerang kelompok anak, remaja, dan laki-laki. 


Di masyarakat penyakit lupus seringkali dianggap sama dengan kanker. Padahal penyakit ini tidak sama dan tidak berhubungan dengan kanker. Maupun penyakit lainnya seperti HIV dan AIDS. 


Penyakit lupus juga diketahui tidak menular dan orang dengan penyakit lupus dapat tetap hidup normal bila kondisinya tidak parah. Namun dalam kondisi yang parah, lupus dapat mengancam jiwa penderitanya. 


Seperti Apa Gejala Penyakit Lupus? 


Penyakit yang satu ini dapat menyerang berbagai organ tubuh. Sehingga gejala yang ditimbulkan pun dapat berbeda-beda pada setiap orang. Inilah mengapa penyakit lupus disebut sebagai penyakit 1000 wajah. Gejala dari penyakit lupus juga mirip dengan berbagai penyakit lain sehingga seringkali sulit untuk dideteksi. 


Namun secara umum gejala dari penyakit lupus yang dapat terjadi adalah sebagai berikut:


  • Kelelahan

  • Demam

  • Otot yang ngilu, bengkak dan kaku

  • Timbulnya bercak merah pada wajah yang melintas di atas hidung hingga ke kedua pipi dan berbentuk seperti kupu-kupu

  • Luka pada kulit yang memburuk bila terkena sinar matahari

  • Sesak napas 

  • Nyeri dada

  • Mata kering

  • Sakit kepala 

  • Jari tangan dan kaki yang membiru ketika suhu dingin atau saat stresbanner consideration promotion bg blue 


Apakah Penyakit Lupus Bisa Disembuhkan?



Menurut Putsat Pengendalian Penyakit (CDC), lupus merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Namun penyakit ini dapat dikendalikan dengan melakukan pengobatan atau perawatan medis.


Perawatan medis bertujuan untuk mengurangi tingkat keparahan gejala yang disebabkan oleh lupus. Sehingga gejala tidak memburuk dan menyebabkan gangguan kesehatan yang lainnya. 


Bagaimana Cara Melindungi Diri dari Penyakit Lupus?


Dilansir dari Healthline, para ahli menyebutkan penyebab penyakit lupus meliputi gen, lingkungan, dan hormon. Beberapa penyebab ini mungkin tidak dapat dicegah secara pasti, tetapi ada beberapa cara yang disarankan oleh para ahli untuk melindungi diri dari penyakit lupus. Cara tersebut meliputi:


  • Selalu gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari UVA dan UVB
  • Kelola stres dengan baik
  • Hindari bertemu dengan orang yang sakit 
  • Pastikan selalu mendapat tidur yang cukup 
  • Hindari obat-obatan yang membuat tubuh lebih sensitif pada mataharibanner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green  


Itu tadi penjelasan seputar penyakit lupus. Semoga pengetahuan baru ini dapat membuatmu semakin waspada dengan berbagai penyakit yang mungkin menyerang. Yuk, selalu terapkan pola hidup sehat demi hidup yang lebih nyaman di masa depan!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.