Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Harus Tahu 6 Manfaat Daun Seledri Untuk Ginjal dan Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
20 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
Manfaat Daun Seledri
Daun seledri memiliki manfaat yang baik untuk ginjal karena kandungan nutrisinya yang banyak. Daun yang sering digunakan sebagai bahan pelengkap dari masakan ini juga banyak digunakan sebagai salah satu bahan obat-obatan yang bermanfaat untuk tubuh. Daun seledri sejak zaman dahulu dikenal sebagai tanaman yang memiliki manfaat untuk pengobatan. Ini karena daun seledri sangat kaya kandungan fitonutrien yang bersifat anti inflamasi, zat bernutrisi, seperti folate, potasium, vitamin B6, vitamin C, vitamin K dan kandungan lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaatnya: banner consideration shipping bg blue

1. Tingkatkan Fungsi Ginjal



Manfaat seledri untuk ginjal dapat membantu tingkatkan fungsi ginjal. Hal ini karena dipengaruhi oleh kandungan flavonoid yang dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan. Flavonoid yang ada pada seledri bisa melindungi ginjal dari berbagai agen nefrotoksik yang berpotensi menyebabkan penyakit ginjal kronis dan cedera ginjal akut, seperti alkohol, nikotin, dan cadmium.

Bukan hanya itu, daun seledri juga berkaitan dengan kandungan flavonoid yang efektif untuk mencegah penyakit ginjal yang berkaitan dengan hipertensi dengan cara menurunkan tekanan darah dan bereaksi pada parenkim ginjal.

2. Menurunkan Hipertensi



Manfaat daun seledri untuk ginjal selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan alami yang ampuh turunkan hipertensi. Hal ini berkaitan dengan hipertensi yang berpotensi dapat merusak pembuluh darah pada ginjal, sehingga ginjal tidak dapat bekerja secara maksimal. Kemungkinan ginjal akan mengalami kesulitan membuang sisa makanan dan cairan di dalam tubuh.

Manfaat daun seledri ini dapat membuat ginjal dipengaruhi oleh kandungan phthalide di dalamnya. Phthalide sendiri dapat membantu meregangkan jaringan pembuluh darah sehingga tekanan darah dapat turun dan ginjal juga berfungsi dengan baik.

3. Melindungi Sel Tubuh Dari Kerusakan



Manfaat dari seledri untuk kesehatan yaitu dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan. Hal ini karena seledri merupakan sumber antioksidan penting yang dapat melindungi sel, pembuluh darah, dan organ dari radikal bebas dan kerusakan oksidatif. Seledri memiliki kandungan vitamin C, beta karoten, flavonoid, dan 12 jenis nutrisi antioksidan tambahan yang baik untuk tubuh.banner consideration promotion bg blue

4. Mengurangi Peradangan



Manfaat dari seledri untuk kesehatan lainnya yaitu mengurangi peradangan. Daun dan biji seledri mempunyai sekitar 25 senyawa anti radang yang mampu melindungi tubuh dari peradangan.

Peradangan kronis sering dikaitkan dengan berbagai penyakit, termasuk radang sendi dan osteoporosis. Mengkonsumsi seledri secara rutin dapat mengurangi risiko peradangan hingga dapat mengatasi asam urat.

5. Melindungi Hati



Seledri juga memiliki manfaat yang baik untuk hati. Hasil dari studi, bahwa ekstrak metanol yang dimiliki biji seledri ternyata mampu melindungi hati dari kerusakan akibat parasetamol dan karbon tetraklorida. Saat hati sedang mengalami kerusakan, pemeriksaan laboratorium dapat menemukan hasil yang abnormal seperti peningkatan albumin, SGOT, SGPT, dan total protein. 

Namun, dalam hasil studi, ekstrak dari seledri mampu menurunkan hasil-hasil abnormal tersebut. Ketika jaringan hati diteliti di bawah mikroskop, terlihat adanya perbaikan struktur jaringan hati setelah diberikan ekstrak daun seledri.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan



Senyawa yang dikenal sebagai apiuman dalam seledri terbukti dapat membantu mengurangi sakit maag dan memperbaiki lapisan lambung. Selain itu, kandungan air dan serat larut serat tidak larut yang tinggi dalam seledri pun dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan kamu.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah manfaat daun seledri yang baik untuk ginjal dan kesehatan tubuh kamu. Dengan mengetahui berbagai manfaat ini, semoga kamu bisa semakin giat menggunakan seledri dalam konsumsi makanan sehari-hari kamu ya! 
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.