Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Spirulina Selain Kontrol Gula Darah

16 Sep 2020 @ 18:44:19
Spirulina memiliki kandungan protein dan vitamin yang tinggi sehingga bisa dibuat atau dicampurkan ke dalam suplemen makanan, kosmetik, susu, sari buah, minuman serbuk, dan bahkan makanan untuk para astronot saat berada di luar angkasa. Dipercaya juga bahwa makanan atau minuman yang mengandung spirulina akan menjadi lebih bernutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat spirulina? Yuk simak ulasan berikut.

1. Meningkatkan Kesehatan Usus



Manfaat dari spirulina yang pertama adalah untuk kesehatan organ pencernaan, yaitu usus. Spirulina dapat dicerna dengan mudah karena struktur yang sel-selnya tidak memiliki dinding berserat yang keras. Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan manfaat spirulina dapat mendukung kesehatan usus seiring bertambahnya usia. 

Hasil studi 2017 pada tikus yang lebih tua menunjukkan bahwa manfaat spirulina dapat mempertahankan bakteri usus yang sehat selama proses penuaan. Spirulina tidak mengandung banyak serat, sehingga sangat penting untuk menambahkan makanan sehat kaya serat lainnya dalam makanan.

2. Mencegah Penyakit Jantung



Tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol berkaitan dengan penyakit jantung.  Dari hasil tinjauan 2013, menunjukkan bahwa ganggang biru-hijau dapat berperan untuk mencegah penyakit jantung. Ini terjadi karena efek penurun kolesterol, anti-inflamasi, dan antioksidan.

3. Meningkatkan Metabolisme



Manfaat mengkonsumsi spirulina selanjutnya dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Tingkat metabolisme yang lebih tinggi dapat membuat seseorang memiliki lebih banyak energi dan terlindungi dari virus dan bakteri berbahaya. Manfaat spirulina juga dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar setiap hari sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Penelitian 2014 yang dilakukan dalam skala kecil menunjukkan, partisipan yang mengambil 6 gram spirulina sehari mengalami dampak metabolik yang menguntungkan, penurunan berat badan dan kualitas hidup dengan kesehatan yang lebih baik.

Partisipan dalam penelitian ini menderita penyakit hati berlemak non-alkohol. Karenanya masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat manfaat spirulina dapat meningkatkan metabolisme pada orang lain selain kondisi ini.

4. Menurunkan Kolesterol



Mengkonsumsi spirulina dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol adalah lemak tidak sehat dalam darah yang menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. Dari tinjauan sistematis dan meta analysis 2016 memperlihatkan bahwa mengkonsumsi suplemen spirulina dapat memiliki manfaat positif pada lipid darah, yaitu lemak dalam darah. 

Hasil studi tersebut telah menunjukkan, manfaat spirulina dapat mengurangi kolesterol total dan menurunkan LDL (kolesterol buruk) sambil meningkatkan HDL (kolesterol baik). Sebuah studi 2013 juga mendukung bahwa mengkonsumsi 1 gram spirulina rutin setiap hari selama 3 bulan dapat mengurangi total kolesterol.

5. Mengurangi Gejala Alergi



Ketika sedang mengalami alergi karena serbuk sari, debu, atau hewan peliharaan, bagian dalam hidung bisa membengkak. Reaksi ini disebut sebagai rinitis alergi. Ada beberapa bukti yang menunjukkan manfaat spirulina dapat membantu memperbaiki gejala-gejala kondisi tersebut.

Hasil penelitian 2013 menyatakan bahwa spirulina dapat meredakan peradangan yang terjadi di hidung dan mengurangi histamin dalam tubuh. Spirulina dapat bermanfaat untuk mengurangi gejala-gejala rinitis alergi, seperti hidung berair (meler), bersin, hidung tersumbat, gatal dan gejala lainnya.

Penelitian lainnya tahun 2011 mencatat bahwa ada sejumlah bukti yang masuk akal dan memiliki efek positif spirulina pada rinitis alergi, tetapi uji coba yang lebih besar diperlukan sebelum peneliti mengetahui dampak yang sebenarnya.

Itulah manfaat spirulina yang baik untuk kesehatan kamu. Dengan berbagai manfaat yang sehat tersebut, mulai sekarang jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi spirulina secara rutin ya! 

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020