Harus Tahu, Inilah 5 Manfaat Bunga Rosella untuk Kesehatan Kamu

Salah satu jenis bunga yang memiliki manfaat baik untuk tubuh adalah Rosella. Bunga berwarna merah yang cantik ini termasuk ke dalam tanaman perdu yang dapat dijadikan obat herbal. Hal ini dikarenakan tumbuhan ini memiliki kandungan yang diperlukan oleh tubuh untuk membantu tubuh dalam melawan racun-racun. Untuk mendapatkan manfaat bunga Rosella, banyak yang mengolahnya sebagai teh. 
Apabila tumbuhan ini diolah menjadi teh, maka memiliki kemampuan 4 kali lebih besar dalam menyembuhkan penyakit. Di dalam teh rosella terkandung antioksidan yang kuat sehingga sangat baik dalam memelihara organ tubuh manusia. Di dalam the ini terkandung pula zat istimewa yang diantaranya adalah senyawa fenolik, glukosa hibiscin, dan antosianin. Inilah beberapa manfaat bunga Rosella untuk kesehatan tubuh. 

1. Sebagai Sumber Antioksidan Bagi Tubuh 

Kandungan senyawa fenolik yang ada dalam rosella yang sudah diolah menjadi teh dapat berperan sebagai antioksidan dan sangat baik untuk Kesehatan. Tidak hanya kesehatan, minuman ini baik pula sebagai kecantikan. 
Antioksidan yang terkandung di dalam teh Rosella berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit yang masuk ke dalam tubuh. Serta dapat pula melawan bakteri dan virus yang ada di dalam tubuh. Tidak hanya itu, antioksidan yang terkandung dapat membantu menjaga tubuh dari penuaan dini dan kerusakan sel-sel tubuh.

2. Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Faktor perubahan cuaca dan adanya pandemi seperti sekarang ini, perlu sekali untuk melindungi diri dari berbagai macam penyakit. Nah, untuk melindungi diri dari berbagai macam penyakit, tubuh perlu peningkatan kekebalan tubuh. Kamu bisa melakukan upaya perlindungan diri dengan mengkonsumsi air rebusan bunga Rosella ini. Dengan konsumsi yang teratur, maka sistem kekebalan tubuh kamu bisa naik dan tubuh bisa lebih kebal dari berbagai penyakit.

3. Dapat Membantu Proses Diet 

Untuk kamu yang sedang masa program diet, mengkonsumsi Rosella bisa membantu program diet kamu loh. Hal ini disebabkan Vitamin C yang tinggi pada bunga ini dapat membantu tubuh meluruhkan lemak-lemak jahat. 
banner consideration promotion bg blue
Tidak hanya itu, mengkonsumsi Rosella juga dapat membuat tubuh melakukan metabolisme dengan baik sehingga makanan yang masuk cepat diolah menjadi energi bukan lemak. Rosella juga dapat menghambat kerja enzim amilase. Enzim ini adalah yang menyerap banyak karbohidrat sehingga berat badan bisa naik. Dengan konsumsi Rosella kenaikan berat badan bisa menjadi lebih lambat.

4. Dapat Membantu Meremajakan Kulit 

Ancaman radikal bebas dan sinar UV sangat berbahaya bagi kesehatan kulit dan wajah. Tapi jangan khawatir, karena dengan mengkonsumsi Rosella secara rutin kamu dapat melindungi kulit dan wajah. Di dalam bunga Rosella juga terdapat protein esensial, vitamin C dan juga asam amino yang bermanfaat untuk membuat kulit dan wajah kamu lebih sehat dan cerah.

5. Membantu Menurunkan Tekanan Darah 

Manfaat bunga Rosella selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit lain, seperti gangguan ginjal dan serangan stroke. Ekstrak kelopak bunga rosella dapat memberikan efek captopril. 
Captopril merupakan salah satu jenis obat yang termasuk dalam kelompok penghambat enzim pengubah angiotensin atau bisa disebut sebagai ACE inhibitors. Fungsi utama captopril adalah untuk mengobati hipertensi dan gagal jantung. Maka dari itu, mengkonsumsi Rosella baik untuk pengidap tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi  bunga Rosella secara rutin, sekitar kurang lebih 12 hari, dapat menurunkan tekanan darah hingga 11 persen.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Nah, itulah manfaat bunga rosella yang bisa kamu dapatkan. Dengan mengkonsumsi bunga Rosella yang umumnya diolah sebagai teh, akan memberikan efek yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kamu. Akan tetapi, jangan mengkonsumsi secara berlebihan dan tetap sesuai aturan dan anjuran yang berlaku ya! Selamat mencoba!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami