Hati-hati Jika Menemukan Zat Ini di Dalam Pasta Gigimu

Ketika membeli sebuah produk perawatan mulut dan gusi seperti pasta gigi, pernahkah Lemonizen membaca bahan yang terkandung dalam produk itu? Sudah yakinkah bahwa semua yang terkandung sehat untuk tubuh kamu? Jika belum, perhatikan lagi bahan pembuatan produk kesayanganmu. Apakah terdapat Triclosan di dalamnya? Yuk, simak lebih lanjut mengenai resiko penggunaan zat yang juga dilarang oleh Lemonilo ini!
Triclosan merupakan zat anti bakteri yang digunakan di banyak produk perawatan tubuh, perawatan mulut dan gigi, dan perawatan rambut, semisal pasta gigi, cairan kumur (mouthwash), sabun anti bakteri, deodorant, kosmetik, dan hand sanitizer.
Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1969, Triclosan dinilai ampuh untuk membersihkan bakteri di tubuh dan pada alat-alat kedokteran. Para dokter bedah sering menggunakan Triclosan  untuk mencuci tangan sebelum melakukan tindakan operasi bedah dan mensterilkan berbagai alat medis di rumah sakit. 
Di banyak produk, Triclosan muncul dengan berbagai nama, antara lain Microban, Irgasan, Biofresh, Lexol, Ster-zac, dan Cloxifenolum. Lemonizen juga bisa dengan mudah menebak apakah suatu produk mengandung Triclosan atau tidak adalah dengan mencari tahu label “anti bakteri” yang ada di packaging dari produk tersebut.
 
Triclosan mulai dilarang penggunaannya ketika pada tahun 2016, FDA, badan POM Amerika, mendapati bahwa Triclosan memiliki hubungan yang kuat dengan banyaknya penyakit dan gangguan organ tubuh. Hasil ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan selama 42 tahun. Selain itu, penelitian ini juga mendapatkan bahwa Triclosan mampu menyerap ke dalam kulit dan mulut, bahkan juga diketahui muncul di urin dan ASI. 
Penelitian lebih lanjut menyebutkan bahwa Triclosan menimbulkan dampak yang lebih besar pada tubuh jika digunakan secara terus-menerus dan berkelanjutan. Anak-anak yang terpapar Triclosan sejak dini memiliki tingkat kemungkinan lebih tinggi untuk mengidap penyakit eksim, asma, dan alergi. 
Penelitian lain juga menyebutkan bahwa paparan Triclosan menyebabkan keseimbangan hormon, gangguan kelenjar tiroid dan sistem endoktrin, kelemahan sistem imun, dan pertumbuhan sel yang tidak terkontrol. 
Ngeri ya? Kerugian besar pada tubuhmu ini bisa kamu hindari jika Lemonizen lebih cermat dalam membeli produk perawatan dan kecantikan. Untuk mendapatkan produk anti bakteri yang serupa dengan produk mengandung Triclosan, kamu bisa mulai menggunakan cuka, air bersih, dan lemon essential oil. Untuk produk sabun, gunakan sabun yang mengandung essential oil semisal tea tree, fennel, atau thyme. Yuk, sama-sama rawat tubuh dan jadi cantik dengan cara alami dan sehat! 
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Sumber: 
  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/expert-answers/triclosan/faq-20057861
  • https://www.webmd.com/a-to-z-guides/features/what-is-triclosan#2
  • https://www.medicaldaily.com/fda-reviews-antibacterial-hand-soap-why-triclosan-bad-you-and-planet-245474
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami