Eva Celia: Our Inspiring Lady, Our December Lemonilo Crush

29 Des 2017 @ 18:27:43
Eva Celia: Our Inspiring Lady, Our December Lemonilo Crush
“Kita seharusnya bukan lagi fokus ke hal yang konsumtif lagi, tapi sudah kepada hal yang lebih sustainable.” - Eva Celia

Lemonilo, sebagai suatu ekosistem hidup sehat, selalu mendorong masyarakat Indonesia untuk beralih ke pola hidup yang lebih sehat dan ramah lingkungan. Demi menggapai visi tersebut, Lemonilo berharap dapat menginspirasi masyarakat lewat cerita dan penuturan inspiratif dari pribadi-pribadi sukses di sekitar kita yang selalu menjalankan prinsip hidup sehat setiap harinya. Orang-orang itulah yang kami juluki Lemonilo Crush

Di penghujung tahun 2017 ini, kami memperkenalkan Eva Celia Lesmana atau yang lebih dikenal sebagai  Eva Celia sebagai Lemonilo Crush bulan Desember. Eva Celia lahir pada tanggal 21 September 1992 dan merupakan putri dari pasangan aktris Sophia Latjuba dan musisi Indra Lesmana. Ia merupakan seorang pekerja seni, aktris, dan model yang banyak membintangi acara di layar kaca ataupun film layar lebar. 

Di balik jadwalnya yang sibuk, Eva Celia selalu menyempatkan untuk menerapkan gaya hidup sehat di kesehariannya. Ia-pun telah merasakan manfaat dari melakukan gaya hidup sehat. Hal inilah yang menjadikan Eva Celia seorang Lemonilo Crush yang pantas menjadi inspirasi kita semua.

Cerita Awal Hidup Sehat

Di wawancarai di kediamannya, Eva Celia mengaku pada tim Lemonilo bahwa ia merupakan seorang wanita yang amat suka petualangan. Ia menyukai jenis petualangan apapun, termasuk petualangan kuliner. 

“Aku pada dasarnya adalah orang yang suka dengan petualangan. Aku senang makan dan makanan merupakan salah satu "hobi" yang aku punya. Aku banyak melakukan petualangan kuliner untuk mendapatkan jenis makanan baru dengan keluarga atau dengan teman. Kami bisa menempuh perjalanan berjam-jam demi menemukan jenis makanan baru,” tuturnya dengan ceria. 

Kebiasaan makan sembarang ini ternyata berdampak tak baik pada kesehatan Eva Celia. Ia mulai merasakan bahwa kesehatan tubuhnya semakin memburuk setiap harinya. 

“Sekitar 4 bulan lalu, dokter mendiagnosa bahwa ada infeksi di dalam tubuh aku yang menyebabkan kesehatan aku menurun. Dokter kemudian memberikan antibiotik untuk aku minum, tapi sayangnya, kesehatanku juga tidak membaik. Sampai sekitar sebulan aku minum antibiotik, aku mulai merasa ada yang aneh. PMS-ku mulai datang tidak teratur. Aku mulai merasa bahwa hormon di dalam tubuhku tidak seimbang.”

Eva mulai mencari tahu apa yang terjadi dengan tubuhnya lewat berbagai buku dan media online. “Aku mulai cari tahu dan akhirnya menemukan video dari seorang wanita, bernama Alissa Vitti. Aku mulai takjub dan kaget dengan semua fakta tentang Alissa yang pernah mengidap Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) dan berhasil menyembuhkannya dengan makanan. Aku baru tahu bahwa ternyata makanan bisa menjadi obat yang paling mujarab untuk tubuh kita.”

“Sejak saat itu, aku mulai ikut course dan baca buku tentang nutrisi untuk melakukan gaya hidup yang lebih sehat. Aku juga mengikuti protokol yang dianjurkan oleh Alissa. Ia mengatakan bahwa pada dasarnya, wanita punya 4 fase dan siklus dimana setiap fase dan siklus membutuhkan nutrisi yang berbeda agar tubuh wanita dapat menghasilkan hormon yang tepat pada fase tersebut. Aku ikuti protokol tersebut selama 1 bulan dan mulai merasakan perubahan dalam diriku. Fase PMS-ku kembali normal. Dari situ, aku mulai sadar bahwa aku bisa berubah dan jadi lebih baik dengan mengubah gaya hidupku. I’m a vegan now,” Eva Celia menjelaskan kepada Lemonilo. 

Bagaimana Keseharian Kamu?

Tim Lemonilo penasaran dengan cara Eva Celia mengatur jadwal makannya dan mempertahankan gaya hidup sehatnya setiap hari. “Aku bersyukur karena sekarang lagi free kerja. Jadinya, aku bisa bangun pagi dan sarapan dimana aku biasanya skip sarapan. Di pagi hari, aku biasanya cek level gula di tubuh aku. Di waktu siang, aku masak makan siang sekitar pukul 1. Di malam hari, aku makan malam, pakai masker dan perawatan wajah." 

Eva Celia menambahkan, “Intinya aku melakukan suatu perubahan yang membuatku merasa bahwa aku memprioritaskan diriku sendiri. Hal itulah yang aku lupa dan pelajari dari Alissa. Bahwa, sebelum aku peduli dengan orang lain, aku harus peduli dengan diriku sendiri. So, aku mulai peduli dengan diriku sendiri.”   

Ketika ditanya soal menu harian yang ia makan, Eva Celia menjelaskan bahwa dirinya terbiasa menemukan menu dan resep baru yang ia dapatkan dari banyak media ataupun orang lain. Ia merasa hal tersebut merupakan pengalaman yang mengagumkan. “Aku suka dengan makanan manis dan aku biasanya masak gluten free pasta yang dicampur dengan krim kacang mede atau selai kacang mede. Sebenarnya, memasak makanan sehat sama saja dengan memasak makanan biasa. Bedanya, kita mengganti bahan-bahannya dengan bahan yang lebih baik untuk tubuh. Jadi, rasanya-pun tetap nikmat dan kita bisa bersenang-senang dengan menu seperti ini.”

Apa Arti Sehat Bagi Eva Celia?

“Sehat, pada dasarnya, adalah berjalan selaras dan belajar merasakan tubuh Anda. Ini yang sebelumnya aku belum pernah latih. Jadi, ketika aku punya PMS, ketika aku merasakan kram ketika PMS, dan ketika tubuh kita berada dalam kondisi tertentu, itu berarti tubuh kita membutuhkan nutrisi atau makanan tertentu. Makanan yang kita makan mempunyai banyak manfaat untuk banyak hal yang akan kita lakukan hari ini,” ujar Eva Celia menjelaskan arti sehat menurutnya. 
 
Di akhir wawancara, Eva Celia menyampaikan pesan kepada Lemonizen bahwa kita harus mulai meningkatkan kesadaran diri terhadap makanan yang kita makan dan efek yang terjadi pada diri kita sendiri dan lingkungan, sebagai hasil dari konsumsi kita. Eva percaya bahwa dunia harus mulai berubah. 

“Aku percaya saat ini dunia jauh dari kata seimbang. Untuk itu, kita harus bisa mulai lebih peduli. Aku harap perubahan itu bisa muncul dari semua orang, terutama kita, para millennials. Kita seharusnya bukan lagi fokus ke hal yang konsumtif, tapi sudah kepada hal yang lebih sustainable.”



Ditulis oleh:

Artikel Terkait

Rahasia Diet Untuk Bebas Dari Penyakit Jantung
Banyak anggapan yang beredar di masyarakat bahwa makanan terbaik untuk menjaga kesehatan jantung adalah bahan makanan na..
OT Handoko
18 Januari 2018
Waspada! Kosmetik Yang Sering Anda Pakai Ini Memicu Kanker Loh...
Berbagai macam kosmetik telah hadir dan menjadi salah satu cara bagi banyak orang untuk tampil lebih cantik dan menarik...
N Gunawan
12 Januari 2018
Do’s and Don’ts Yang Harus Anda Perhatikan Ketika Ngemil
Ngemil (snacking) banyak dihindari dan dijauhi karena dianggap dapat menyebabkan kegemukan, diabetes, obesitas, dan berb..
OT Handoko
09 Januari 2018