Hebat, 2 Jenis Sayuran Ini Ternyata Bisa Membantu Mengatasi dan Menghadang Kanker!

02 Feb 2018 @ 18:55:28
Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang amat ditakuti karena dapat membunuh siapapun yang mengidap penyakit ini. Hal ini juga semakin diperburuk dengan kurangnya bahan makanan yang bebas bahan kimia seperti pewarna, pengawet, dan perasa buatan sehingga meningkatkan resiko orang-orang untuk terkena kanker. 

Beruntung, alam menyediakan obat yang ampuh dalam menghadang kanker. Anda mungkin sudah paham beberapa jenis tumbuhan atau bahan makanan alami yang mampu menangkal kanker, namun dua jenis sayuran ini sudah terkenal khasiatnya yaitu kembang kol dan dan brokoli. 

Dilihat dari bentuknya, kedua jenis sayuran ini memiliki bentuk “kribo” dengan perbedaan kontras diantara keduanya. Brokoli memiliki warna hijau pekat sedangkan kembang kol memiki warna putih kekuningan. Selain itu, secara tekstur, brokoli lebih memiliki tekstur yang lebih renyah dibanding dengan kembang kol. 

Biar begitu, kedua jenis sayuran ini memiliki sifat anti kanker yang tak banyak orang tahu. Menurut penelitian ahli herbal, kedua sayuran ini memiliki senyawa yang sangat ampuh dalam meningkatkan enzim pelindung tubuh untuk melawan pertumbuhan sel kanker. Benarkah? Yuk, simak penjelasan di artikel berikut ini! 

Brokoli

Brokoli merupakan salah satu bahan makanan yang termasuk dalam Crucifeous Veggies yang dikenal mampu menangkal dan melawan sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh Anda. Tanaman ini menyimpan nutrisi yang baik dan ampuh dalam mencegah kanker berupa kandungan senyawa Tiosioanat yang membantu hati (liver) untuk menciptakan enzim yang dapat menetralkan zat-zat beracun dalam tubuh yang nantinya dapat merusak jaringan tubuh. Kerusakan jaringan tubuh ini dapat memicu munculnya sel kanker.

Selain itu, brokoli merupakan salah satu tanaman yang mengandung senyawa indoles dan sulfhorapane dalam jumlah cukup. Senyawa ini berfungsi untuk membunuh sel kanker dan juga mengaktifkan enzim yang terdapat di dalam liver untuk memerangi zat karsinogen. Tak hanya sampai di situ, brokoli mempunyai kandungan cukup senyawa isocyanate yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Biar begitu, yang Anda harus lakukan adalah memasukkan brokoli ke dalam diet sehat Anda, bukan menjadikan brokoli sebagai satu-satunya makanan sehat Anda. Penelitian di Inggris menyebutkan bahwa brokoli haruslah menjadi bagian dari diet sehat Anda karena mengandung serat dan nutrisi yang digunakan untuk melawan kanker. 

Kembang Kol

Diberkahi dengan warna putih kekuningan dan tekstur yang cukup renyah ketika dimakan, kembang kol ternyata cukup bermanfaat untuk menangkal ataupun menyembuhkan kanker. Kembang kol diketahui kaya akan antioksidan yang dapat mencegah mutasi sel tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas. Mutasi sel ini yang dapat berubah menjadi sel kanker di tubuh Anda. 

Tak hanya antioksidan, kembang kol mempunya senyawa indole-3-carbinol atau I3C yang umumnya ditemukan dalam sayur seperti kubis, brokoli dan kembang kol, yang terbukti mampu mengurangi risiko kanker payudara dan kanker reproduksi pada pria dan wanita. Jenis tanaman ini juga diketahui memiliki kandungan sulfur dalam jumlah cukup, yang menurut penelitian, bisa memberikan kekuatan pada pasien kanker untuk melawan penyakit kanker yang sedang diderita.

Bukan hanya itu, bahkan banyak mengonsumsi kembang kol juga bisa mengurangi risiko kanker paru-paru karena kaya antioksidan dan mengurangi risiko kanker usus besar karena kaya serat.

Jadi, mulai sekarang, jangan hanya memperbanyak makan sayuran berwarna atau sayuran hijau saja ya, perbanyak juga konsumsi brokoli dan kembang kol yang selain murah harganya dan enak, kedua jenis bahan makanan ini juga bisa mencegah kanker.

Artikel Terkait

Isi Liburan Anak dengan Main Sambil Belajar di Wonderfest 2019
Hore, libur telah tibaaaaa! Masa-masa liburan sekolah pasti sangat ditunggu oleh anak-anak karena mereka bisa bermain da..
Shella Rafiqah Ully
20 Juni 2019
Pentingnya Ajak Anak Bermain di Luar Ruangan
Pilihan mengajak anak main di luar ruangan seringkali memunculkan dilema bagi orang tua. Tak dapat dipungkiri masih bany..
Shella Rafiqah Ully
19 Juni 2019
3 Tanda Bahwa Kamu Sudah Sehat Lahir Batin di Hari Fitri
Ramadan sudah berakhir sehingga kewajiban berpuasa sebulan penuh usai sudah. Kini, seluruh umat muslim di dunia tengah m..
Shella Rafiqah Ully
04 Juni 2019