Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Hindari, Inilah 4 Makanan yang Dapat Menjadi Penyebab Sakit Ginjal

Rizki Indra
Rizki Indra
24 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Makanan penyebab sakit ginjal penting diketahui sejak dini.

Seseorang dikatakan memiliki sakit ginjal apabila ginjalnya sudah tidak memiliki kemampuan lagi untuk menyaring zat buangan yang berasal dari darah dengan baik, sehingga hal tersebut berujung pada gagal ginjal. Untuk menghindari sakit ginjal, ada beberapa makanan penyebab sakit ginjal yang bisa kamu hindari.


Pasalnya, ginjal yang tidak bisa menyaring zat buangan akan membuat limbah dalam darah menjadi menumpuk dan menimbulkan komplikasi penyakit lain yang berbahaya untuk tubuh. Pola hidup tidak sehat seperti konsumsi makanan yang tidak tepat memang akan memperburuk kondisi ginjal kamu. Untuk itu, kamu wajib menghindari beberapa makanan penyebab sakit ginjal seperti berikut ini:

1. Makanan Tinggi Garam


Garam memang selalu dilibatkan dalam setiap bumbu masakan dapur kamu. Namun, kelebihan natrium atau garam ini justru malah meningkatkan risiko munculnya sakit ginjal. Tidak hanya itu, tekanan darah pun juga akan lebih tinggi, sehingga menyebabkan munculnya penyakit hipertensi.


Adapun beberapa jenis makanan dengan natrium yang tinggi seperti makanan ringan, daging olahan, ikan asin, kecap asin, bumbu saus, dan makanan kalengan. Tubuh yang memperoleh natrium lebih banyak maka akan menumpuk lebih banyak cairan di dalam darah. Akibatnya tekanan darah pun menjadi meningkat, sehingga kerja ginjal juga menjadi lebih berat.


Kemudian hal akan berujung pada gagal ginjal. Oleh karena itu, kamu harus bisa batasi asupan natrium setiap harinya yaitu tidak lebih dari 1500 mg per harinya. Kamu juga bisa melakukan pengecekan di label kemasan sehingga asupan natrium bisa segera dikontrol.

2. Makanan Tinggi Gula


Kurang lebih sama dengan garam, gula yang terlalu tinggi justru bisa memicu timbulnya penyakit diabetes. Diabetes ini juga memiliki keterkaitan dengan ginjal, sehingga sakit ginjal pun lama kelamaan akan muncul. Contoh makanan dengan gula tinggi antara lain kue, roti, sereal, permen, coklat dan eskrim.

3. Makanan Tinggi Fosfor


Fosfor memang cukup bagus untuk menjaga kesehatan tubuh kamu terutama untuk tulang. Namun, apabila fosfor ini berada dalam jumlah berlebih dalam tubuh maka akan beresiko untuk penderita gangguan ginjal. Tidak hanya itu, risiko munculnya penyakit jantung pun juga lebih besar saat tubuh kelebihan asupan fosfor.


Kadar fosfor yang tinggi di dalam darah akan cenderung menarik mineral kalsium yang berasal dari tulang, akibatnya ini bisa membuat tulang menjadi lebih lemah dan rentan untuk patah. Adapun contoh makanan dengan fosfor yang tinggi yaitu daging unggas, jeroan, susu, kuning telur, sosis, kacang-kacangan, makanan laut dan kornet.

4. Makanan Tinggi Protein


Protein dalam jumlah yang normal akan membantu tubuh dalam membangun kekuatan tulang dan otot. Selain itu, tentunya juga akan melawan penyakit serta memperbaiki jaringan yang rusak. Agar kebutuhan protein harian kamu tercukupi, maka konsumsilah sekitar 60 sampai 65 g protein.


Namun, jika dalam jumlah yang lebih tinggi protein ini dikaitkan dengan gagal ginjal. Sebab limbah metabolisme protein yang sangat besar akan membuat ginjal berusaha lebih keras. Hal ini akan membuat fungsi dan kerja ginjal menjadi menurun.


Akan tetapi hal ini bukan berarti kamu tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan berprotein tinggi, hanya saja jumlahnya harus perlu disesuaikan lagi agar proses metabolisme tubuh pun juga ikut lancar.


Itulah 4 makanan penyakit sakit ginjal yang sebaiknya kamu hindari, sehingga tidak akan meningkatkan risiko penyakit, apalagi komplikasi dari penyakit ginjal yang sangat berbahaya. Semoga bermanfaat, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.