Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Hubungan LDR Tanpa Komunikasi? Ini Bahayanya!

Rizki Indra
Rizki Indra
16 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Hubungan LDR tanpa komunikasi memiliki resiko yang harus dihadapi.

Menjalani hubungan jarak jauh atau biasa disebut Long Distance Relationship (LDR) diakui memang tidak selalu mudah. Namun, bukan berarti tidak ada pasangan yang berhasil dan bahagia menjalankan LDR. Salah satu poin penting saat menjalankan hubungan jarak jauh adalah komunikasi. Jarak sejauh apa pun, seharusnya tidak membuat komunikasi sepasang kekasih menjadi terganggu. Sebaliknya, hubungan LDR tanpa komunikasi tentu bisa menimbulkan berbagai masalah dalam hubungan. Lantas, apa saja bahaya hubungan LDR yang jarang melakukan komunikasi?

1. Tidak Mengenal Karakter Pasangan


Komunikasi yang tidak lancar bisa ditandai dengan hubungan yang jarang bertukar cerita kehidupan sehari-hari bersama pasangan. Jika hal ini terjadi terus-menerus, maka sulit bagi sepasang kekasih untuk saling mengenal satu sama lain. Kamu dan pasangan tidak bisa saling mengenal karakter masing-masing secara lebih mendalam. Padahal, mengenal karakter pasangan merupakan hal penting yang menjadi salah satu faktor kesuksesan sebuah hubungan.

2. Sungkan Mengungkapkan Apa yang Diinginkan


Setiap hubungan pasti ada yang namanya menerima dan juga memberi. Meminta suatu hal kepada pasangan memang tidak dilarang, asalkan permintaan tersebut masih dalam batas wajar. Contohnya adalah meminta pasangan untuk meluangkan waktu saat kamu berulang tahun atau pada momen spesial lainnya. Namun, komunikasi yang terbatas biasanya akan membuat kamu atau pasangan jadi merasa sungkan untuk mengutarakan apa yang sedang diinginkan. Jika hal ini terjadi, maka kalian jadi tidak tahu apa yang sebenarnya diinginkan oleh pasangan.

3. Tujuan Hubungan Menjadi Tidak Jelas


Setiap pasangan tentu harus memiliki tujuan yang jelas, yaitu menuju pada hubungan yang resmi seperti pernikahan. Hal ini berlaku pula untuk pasangan yang menjalankan LDR. Kurangnya komunikasi bisa membuat kamu dan pasangan jarang membicarakan hal-hal yang serius untuk menuju masa depan.


Akibatnya, hubungan jadi tidak jelas tujuannya akan ke mana. Bahkan, salah satunya mungkin akan merasa digantung karena tidak ada kejelasan dalam hubungan. Jika hal tersebut dibiarkan begitu saja, maka hubungan yang selama ini dibangun bisa berakhir sia-sia.

4. Tidak Dekat Secara Emosional


Karena dipisahkan oleh jarak, maka pertemuan dengan pasangan jadi lebih jarang dilakukan. Meski begitu, kamu tetap bisa dekat secara emosional dengan pasangan jika memiliki komunikasi yang baik. Dengan sering berkomunikasi, kamu bisa mengenal lebih dekat karakter pasangan, masalah yang dihadapi, hobi dan makanan kesukaan, atau hal-hal sederhana lainnya.


Sebaliknya, tanpa komunikasi yang baik, kamu tentu tidak bisa merasa dekat secara emosional dengan pasangan. Hal ini cukup berbahaya karena kamu atau pasangan nantinya bisa merasa tidak adanya ikatan yang kuat dalam hubungan.

5. Ada Perasaan ‘Tidak Diinginkan’


Semakin jarang menghubungi pasangan, maka bisa jadi ia akan semakin merasa terabaikan. Jika terus diabaikan, maka bukan tidak mungkin ia akan merasa bahwa kamu tidak lagi menginginkannya, begitu pula sebaliknya. Jika perasaan tersebut muncul, maka kamu dan pasangan akan merasa tidak nyaman dalam menjalankan hubungan.

6. Muncul Potensi Perselingkuhan


Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya perselingkuhan. Salah satunya adalah karena kurangnya komunikasi dengan pasangan. Jarang berkomunikasi dengan pasangan akan membuatnya merasa tidak mendapat perhatian dan kasih sayang. Akibatnya, pasangan kamu  bisa saja tergoda untuk menjalankan hubungan dengan orang lain yang bisa memberikan perhatian lebih, sehingga berujung terjadinya perselingkuhan.


Itulah beberapa bahaya hubungan LDR tanpa komunikasi yang harus dihindari. Ternyata, ada banyak sekali bahaya yang mengintai jika komunikasi kamu dan pasangan berjalan kurang baik. Maka dari itu, jangan anggap remeh komunikasi karena merupakan kunci penting untuk kesuksesan sebuah hubungan. Segera perbaiki komunikasi dengan pasangan agar hal-hal tersebut tidak terjadi pada hubungan kamu dan kekasih tercinta.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.