Ibu Hamil Sering Mudah Lapar? Ini 7 Rekomendasi Cemilan Sehat yang Bisa Dikonsumsi

05 Okt 2020 @ 20:27:59
Saat hamil, para wanita tentu membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya. Apalagi ibu hamil biasanya akan merasa lebih gampang lapar dan nafsu makan meningkat lebih dari biasanya.

Namun, meski membutuhkan asupan nutrisi dari makanan, pilihan jenis makanannya pun tak boleh sembarangan. Tak hanya makanan utama, cemilan para ibu hamil pun harus sehat dan mengandung nutrisi baik untuk janin. Dan inilah deretan cemilan sehat yang direkomendasikan untuk ibu hamil.

1. Kacang-kacangan

Bagi ibu hamil, kacang-kacangan sangat bagus dikonsumsi untuk perkembangan janin terutama berguna untuk otak dan saraf. Apalagi kacang-kacangan merupakan salah satu sumber protein bagi tubuh.

Protein adalah salah satu zat yang dibutuhkan ibu hamil di masa kehamilan trimester kedua. Protein sendiri adalah zat yang dibutuhkan oleh ibu hamil saat usia kehamilannya memasuki periode trimester 2. 

Untuk pilihan kacang-kacangan sehat, para ibu hamil bisa mengonsumsi almond, edamame, mede, atau kenari. Tak hanya kandungan protein, kacang-kacangan juga mengandung asam folat yang baik untuk produksi ASI.

2. Yoghurt

Yoghurt mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan gigi dan tulang bagi ibu hamil. Sementara untuk janin, akan memberikan manfaat membantu perkembangan terutama pembentukan otot, tulang, dan jaringan tubuh.

Yoghurt juga mengandung prebiotik, yaitu bakteri baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Bakteri baik inilah yang membantu para ibu hamil untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menekan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Sehingga dipercaya bisa menurunkan risiko persalinan prematur, risiko infeksi pada masa kehamilan, serta eksim dan alergi pada bayi dapat berkurang.

3. Buah segar

Manfaat buah-buahan tentu tidak perlu diragukan lagi. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah baik untuk pertumbuhan janin, sumber energi, dan sistem kekebalan tubuh. Beberapa jenis buah yang baik untuk dijadikan cemilan di masa kehamilan antara lain alpukat, yang kaya asam folat sehingga baik untuk perkembangan otak janin. Lalu ada apel dan pisang yang bisa membantu ibu hamil mengurangi rasa mual di trimester pertama.

Tak hanya itu, buah yang kaya serat juga akan membantu ibu hamil mengurangi risiko sembelit.

4. Salad sayur

Sama dengan buah, sayur juga mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi ibu hamil. Kandungan vitamin dalam sayur juga akan membantu perkembangan janin. Untuk konsumsi sayur agar tidak membosankan, ibu bisa mengolahnya menjadi salad sayur yang segar dan rasanya tetap enak.

5. Cemilan dari Lemonilo

Lemonilo memproduksi cemilan-cemilan yang bebas pengawet, pewarna, perasa dan bahan-bahan berbahaya dengan rasa yang tetap enak tentunya. Pilihan yang diberikan pun cukup banyak yakni cemilan asin antara lain keripik jamur dan keripik ubi. Sementara para ibu hamil yang lebih doyan cemilan manis bisa memilih Lemonilo brownies crispy.

6. Keju

Bagi ibu hamil yang tak suka minum susu, kebutuhan vitamin D bisa didapat dari keju. Vitamin D bagi ibu hamil agar berguna untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi janin saat memasuki trimester kedua. Kebutuhan vitamin D yang cukup bagi ibu hamil adalah 600 IU.

7. Cokelat

Preeklamsi (kondisi di mana tekanan darah meningkat disertai dengan adanya protein dalam urin) menjadi momok yang sangat menakutkan bagi ibu hamil. Sebab datangnya tidak pernah diduga. Mengonsumsi cokelat saat hamil, dipercaya bisa mengurangi risiko preeklamsi.

Cokelat dipercaya bisa memberi manfaat kesehatan pembuluh darah ibu hamil, sehingga bisa menurunkan risiko darah tinggi dan preeklamsia.

Asupan makanan saat hamil, sangat penting untuk dijaga dan diperhatikan. Namun, sebelum memilih cemilan apa saja yang boleh dikonsumsi selama hamil, ada baiknya tetap berkonsultasi dengan dokter kandungan ya, Lemonizen.


Artikel Terkait

Banyak Dijadikan Obat Herbal, Simak 4 Manfaat Daun Kelor Menurut Sains
Mulai dari kaya akan nutrisi dan mineral baik hingga mampu mengurangi peradangan..
Shella Rafiqah Ully
13 Oktober 2020
7 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Buah naga merupakan buah yang rendah kalori namun mengandung mineral dan vitamin penting..
Shella Rafiqah Ully
13 Oktober 2020
5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020