Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ikan Gabus, Selain Baik untuk Ibu Hamil Ini Manfaat Lainnya

Rizki Indra
Rizki Indra
19 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Olahan makanan dari ikan gabus jadi salah satu makanan enak yang wajib dicoba.
Ikan gabus merupakan ikan yang hidup di air tawar. Ikan bernama latin Channa striata ini dikenal memiliki banyak kandungan gizi dan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Bahkan penelitian terbaru dari Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara mengklaim ekstrak ikan gabus dapat percepat penyembuhan pasien yang terpapar Virus Corona. Meskipun hasil ini masih perlu penelitian lebih lanjut, namun tak bisa dipungkiri ikan gabus memang sedari dulu punya banyak khasiat.

banner consideration shipping bg blue

Faktanya, ikan gabus kaya zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ikan yang banyak hidup di air tawar ini, memiliki berbagai kandungan seperti protein 25,2 gram, kalsium 62 miligram, lemak 1,7 gram, fosfor 76 miligram, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ikan gabus memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya bagi ibu hamil. Sekalipun kamu bukan seorang bumil, kamu tetap bisa merasakan langsung benefit dari ikan yang satu ini. Apa saja itu? Berikut ulasan dan penjelasannya :

1. Membantu Pertumbuhan Otot



Ikan yang kaya akan protein ini memiliki peranan untuk membantu pertumbuhan otot. Bahkan, kandungan protein pada ikan gabus jauh lebih banyak daripada ayam, daging sapi, ataupun telur. Di dalam 100 gram Channa striata, terkandung sekitar 25,2 gram protein. Jumlah ini juga jauh lebih banyak dari ikan lainnya seperti ikan nila atau ikan mas.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka



Salah satu kandungan ikan gabus adalah albumin yang merupakan salah satu jenis protein yang membantu penyembuhan luka. Kandungan albuminnya sangat tinggi yaitu 6.200 gram per 100 gramnya. Tak hanya itu saja, berdasarkan hasil penelitian memiliki kandungan yang berperan sebagai antinosiseptif. Kandungan tersebut mampu meredakan rasa nyeri yang terjadi karena adanya luka. Jadi, sudah terbukti secara klinis bahwa ikan air tawar yang satu ini dapat membantu penyembuhan luka seseorang.

3. Menjaga Keseimbangan Cairan dalam Tubuh



Manfaat ikan gabus lainnya adalah dapat menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh. Hal ini juga tidak terlepas berkat adanya kandungan albumin pada ikan ini. Adanya keseimbangan ini sangatlah penting. Sebab, apabila cairan dalam tubuh kamu berkurang maka akan menyebabkan protein yang masuk ke dalam tubuh menjadi pecah dan tidak dapat diproses secara normal.
banner consideration promotion bg blue

4. Baik Untuk Pencernaan



Ikan ini juga baik untuk kesehatan pencernaan kamu. Karena mengandung protein kolagen yang sangat rendah, yaitu sekitar 3% saja. Selain itu, makanan ini juga lebih mudah dicerna sehingga tidak akan memperberat kerja sistem pencernaan. Mengapa bisa? Tentu saja bisa, hal ini dikarenakan Channa striata memiliki tekstur yang lembut sehingga sangat mudah untuk dikunyah dan ditelan.

5. Memperbaiki Gizi Buruk



Setiap orang tentunya ingin memiliki tubuh yang sehat. Untuk mendapatkan hal tersebut dibutuhkan asupan gizi cukup yang masuk ke dalam tubuh. Dan untuk memenuhinya, ternyata kamu tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal. Ternyata dengan 100 gram ikan gabus saja, sudah bisa mencukupi kebutuhan gizi yang sangat penting. Utamanya bagi bayi dan juga anak-anak.

Ikan gabus dapat diolah menjadi beragam hidangan yang dapat kamu buat sesuai selera. Salah satunya adalah dapat dicampurkan dengan Mie Goreng Lemonilo. Mie instan yang dibuat dari saripati bayam ini jauh lebih sehat karena dibuat dengan cara digoreng bukan dipanggang. Tanpa pengawet dan juga penguat rasa.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai ikan gabus dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa bagikan informasi penting ini kepada yang lainnya, ajak semua orang untuk sehat bersama. Yuk, konsumsi ikan gabus mulai sekarang!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.