Ingin Imlek Tanpa Mempertaruhkan Kesehatan? Kenapa Tidak!

Imlek sebentar lagi, guys! Siapa nih yang excited? Tentunya, buat kamu yang merayakan Tahun Baru Cina atau Imlek bisa jadi momen yang sudah kamu tunggu-tunggu ya. Selain bisa dapat angpao, kamu bisa berkumpul bersama saudara dan keluarga besar. Cerita yang muncul saat Imlek juga bikin suasana Imlek punya kesan tersendiri untukmu. banner consideration shipping bg blue

Sayangnya, hari raya semacam Imlek ini seringkali membuat orang-orang kalap waktu makan dan jadi tidak peduli dengan kesehatan. Asal makan akhirnya malah menimbulkan banyak penyakit yang tidak tanggung-tanggung datangnya. Memangnya apa sih penyakit yang sering muncul akibat makan sembarang saat Imlek? Cekidot deh!

Penyakit Apa Sih yang Bisa Muncul Saat Makan Sembarang Di Waktu Imlek?

Beragam makanan dan minuman yang disajikan saat Imlek memang menggiurkan ya, guys. Kamu pastinya pengen cepat-cepat makan dan merasakan cita rasanya yang nikmat. Tapi, apakah kamu pernah mikir kalau makan berlebihan bisa jadi penyakit di tubuh kamu? Inilah beberapa jenis penyakit dan gangguan kesehatannya!

1. Tekanan Darah Tinggi

Saat imlek, pasti banyak makanan yang menggunakan daging sebagai bahan utamanya kan? Nah, ini yang bikin tekanan darah kamu bisa melonjak tajam. Ini bisa memicu terjadinya gangguan tekanan darah tinggi yang justru berbahaya untuk pembuluh darah dan jantung kamu. Selain itu, tekanan darah tinggi juga memicu terjadinya stroke. 

2. Kolesterol

Kolesterol ini ada hubungannya dengan makanan berlemak dan berdaging yang kamu santap saat Imlek. Makanan berlemak ini membuat kadar kolesterol jahat (LDL) meningkat. Kalau sudah begini, kamu jadi rentan terkena penyakit jantung koroner, penyumbatan pembuluh darah, ataupun stroke. 

3. Asam Urat Tinggi

Banyak yang bilang kalau asam urat itu hanyalah gangguan kesehatan yang diderita oleh orang lanjut usia. Padahal, kamu yang muda bisa saja terkena masalah yang satu ini. Banyaknya produk makanan berbahan ikan yang tinggi purin justru malah bisa membuat kadar asam uratmu tinggi. Hal ini bisa memicu rasa nyeri dan pegal di area pinggang, lutut, dan tangan. Malahan, kalau tidak segera ditangani, kamu bisa saja mengalami gangguan ginjal.

4. Diabetes

Nah, ini juga bisa jadi masalah yang serius kalau kamu nggak cermat dalam mengonsumsi makanan saat Tahun Baru Cina atau Imlek. Biasanya, diabetes kan dipengaruhi kadar gula darah yang naik tiba-tiba. Nah, pemicunya adalah makanan dan minuman manis yang ada saat Imlek. Makanya, jangan kalap ya kalau kamu sudah ketemu makanan dan minuman manis.

banner consideration promotion bg blue

Sebenarnya, masih ada lagi penyakit dan gangguan kesehatan yang muncul jika kamu nggak cermat saat Imlek. Intinya, proses konsumsi yang baik pastinya bisa bikin kamu jadi tetap sehat dan aman saat Imlek. Lebih jelasnya, ikuti saja tips Imlek sehat berikut ini:

1. Perbanyak Asupan Sayur dan Buah, Daripada Daging dan Seafood

Asupan sayuran dan buah bisa membantu kamu terhindari dari beragam penyakit yang disebutkan di atas. Sayuran dan buah mengandung mineral dan vitamin yang mencegah lonjakan kadar gula darah dan tekanan darah. Selain itu, kurangi asupan daging, utamanya yang dapat menyebabkan kolesterol dan darah tinggi. 

2. Kurangi Penggunaan Garam dan MSG Berlebihan

Sudah jadi rahasia umum kalau makanan khas chinese dimasak dengan beragam bumbu dan garam yang cukup banyak. Padahal, bagi beberapa orang, garam dan MSG yang terlalu banyak bisa membuat mual, pusing, bahkan tekanan darah tinggi. Nah, coba deh bikin masakan untuk keluarga dengan kadar garam yang lebih rendah dan bebas dari MSG. 

3. Perbanyak Asupan Air Putih Daripada Minuman Manis Bergula atau Bersoda

Sudah tahu kan kalau air putih itu bisa jadi obat yang baik untuk menjaga kebugaran tubuh? Nah, asupan air putih yang cukup saat imlek pastinya bantu mengontrol kadar kolesterol, asam urat, dan tekanan darah sehingga tetap pada level yang seimbang. Jadinya, kamu tetap aman walaupun saat Imlek sekalipun. 

4. Ganti Beberapa Bahan Masak Agar Lebih Sehat

Supaya kamu juga bisa tetap jaga kesehatan di waktu Imlek, coba deh ganti beberapa bahan masak jadi lebih sehat. Misalnya, ganti MSG dengan kaldu alami yang jelas lebih sehat atau kamu ganti minyak goreng kamu menjadi minyak canola atau minyak zaitun. Biarpun sudah diganti, pastinya rasa masakan yang disajikan tetap enak dan pasti sehat. 
Jadi, apa tips sehatmu untuk Imlek tahun ini, Lemonizen?

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami