Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Ingin Produk di Marketplace Laku dengan Harga Retail? Ini Tips dari Om Botak

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
18 Feb 2021
Clock Icon
5 menit
produk laku
Beberapa waktu lalu, Lemonilo kembali menggelar kelas Wiranilo. Namun, di kelas kali ini terasa spesial sebab Lemonilo menghadirkan Jonathan, owner Toko Om Botak dan Tabasa, serta merupakan Seller Mentor Shopee.

Dalam kesempatan tersebut, Om Botak memberi sejumlah tips untuk para Wiranilo agar bisa bersaing di dunia marketplace. Terutama cara membuat jualan tetap bisa laku di tengah persaingan harga yang biasanya terjadi di marketplace.
banner consideration shipping bg blue

“Ini menjadi keresahan banyak seller ya. Harga di marketplace lumayan sadis dan banting-bantingan,” kata Om Botak.

Karena hal itulah, menurut Om Botak, para Wiranilo perlu melakukan strategi-strategi ini untuk meningkatkan penjualan.

1. Banyak belajar dengan bergabung di komunitas bisnis

Menjadi wirausahawan harus mau untuk terus belajar. Sebab dunia bisnis sangatlah dinamis. Perubahan dan perkembangan yang terjadi bisa sangat cepat. Itulah mengapa, Om Botak menyarankan kepada Wiranilo untuk terus mau mencari ilmu sebanyak-banyaknya dalam hal berbisnis.

Salah satu caranya adalah dengan bergabung di banyak komunitas bisnis. Misalnya Wiranilo dari Lemonilo dan juga komunitas-komunitas yang disediakan oleh marketplace yang ada di Indonesia.
Saat bergabung dengan sejumlah komunitas ini, kamu akan mendapatkan banyak ilmu dan training dari para expert di bidang bisnis. Hal ini bisa menjadi bekal pengetahuanmu untuk mengembangkan bisnis yang kamu miliki.

2. Membuat strategi untuk menarik calon customer ke akun marketplace yang dimiliki

Menurut Om Botak, saat ini transaksi berjualan paling mudah bisa dilakukan di marketplace. Om Botak pun membandingkan berjualan di Whatsapp dengan di marketplace. Menurutnya, ketika mengarahkan customer ke kontak Whatsapp, saat kamu belum sempat menanggapi, maka ada kemungkinan kamu akan kehilangan customer.

Sementara jika kamu mengarahkan semua customer ke marketplace, saat kamu sedang tidak mengurus bisnis pun, tetap akan ada pesanan yang bisa masuk.

Itulah mengapa penting untuk lebih baik mengarahkan calon customer ke toko yang kamu miliki di marketplace. Demi menarik mereka, kamu bisa membuat promosi di sosial media dan meminta orang-orang terdekat untuk memberikan review bagus di toko yang kamu miliki agar calon costumer percaya tokomu benar-benar kredibel.

3. Melakukan riset pasar

Salah satu keunggulan bergabung dalam program Wiranilo, kamu tidak perlu melakukan riset produk dari awal. Sebab sebelum mengeluarkan produk-produknya ke pasaran, tim Lemonilo sudah pasti melakukan riset.

Sementara tugas sebagai Wiranilo, kamu tinggal melakukan riset tentang siapa yang menjadi target untuk memasarkan produk-produk Lemonilo.
banner consideration promotion bg blue

Om Botak mencontohkan, buyer persona pembeli Lemonilo bisa dibilang adalah wanita usia 25-45 tahun, tinggal di kota besar, dan berasal dari middle class. Sementara market niche-nya adalah wanita berusia 25-45 tahun yang tinggal di kos dan memilih hidup sehat dengan menggunakan produk-produk Lemonilo.

Target pasar yang dicontohkan oleh Om Botak tersebut, berguna untuk kamu menyusun deskripsi produk yang akan kamu tulis, serta gaya bahasa untuk memberikan penawaran kepada para customer. Kamu harus fokus golongan mana yang akan kamu jadikan target penjualan produk. Karena berambisi menjual produk untuk semua golongan adalah hal yang sia-sia.

4. Membangun pondasi bisnis yang kuat

Ada lima pondasi menurut Om Botak yang harus benar-benar dibangun jika tokomu di marketplace ingin dilirik oleh banyak customer.

Pertama, selalu update produk terbaru. Sebagai Wiranilo, kamu harus terus mengikuti perkembangan produk baru yang diluncurkan Lemonilo. Tak melulu hanya menjual mie instan yang selama ini terbukti paling laku dan dikenal. Tetapi juga mulai menawarkan produk-produk lain.

Kedua, produk lengkap dan stok aman. Customer biasanya akan lebih tertarik berbelanja di toko yang produk-produknya lebih lengkap. Jadi pastikan katalog yang kamu pasang di toko onlinemu selalu lengkap sehingga memberikan banyak pilihan kepada customer.

Ketiga, beri pelayanan terbaik. Salah satu caranya dengan memberikan garansi jika toko melakukan kesalahan pengiriman atau barang rusak. Namun, untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa memberikan packaging yang aman dan unik.

Keempat, punya foto katalog produk yang berbeda. Sebagai Wiranilo, biasanya kamu sudah mendapat materi iklan secara cuma dari Lemonilo. Hal ini tentu saja akan sangat memudahkan. Namun kelemahannya foto produk akan sama dengan toko-toko lain. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa membuat foto katalog sendiri atau menyunting kembali materi iklan yang sudah diberikan agar beda dari yang lain.

Kelima, jangan lupa untuk branding secara personal. Saat berjualan produk Lemonilo, kamu mungkin akan terlalu fokus untuk mempromosikan produk-produk Lemonilo itu sendiri. Tetapi jangan lupakan untuk juga melakukan branding toko yang kamu miliki. Agar customer selalu ingat tokomu jika akan membeli produk Lemonilo.

5. Menyiapkan lapak jualan yang bisa dipercaya oleh customer

Memiliki toko yang dipercaya oleh customer berarti kamu harus membangun branding toko dengan baik. Om Botak pun membagi tips untuk hal ini.

Antara lain membuat logo dan nama toko yang unik; membuat konten yang sedang populer/familiar; memasukkan produk terlaris; memberikan diskon untuk produk baru/tertentu; membuat judul dan kategori harus benar; memberikan voucher ongkir/layanan COD; serta bergabung dengan program Star Seller atau semacamnya.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah itu dia sejumlah tips berjualan di marketplace dari Om Botak. Semoga bermanfaat dan bisa menaikkan penjualanmu ya!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.