Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ini 3 Manfaat Daun Waru untuk Mengatasi Asam Lambungmu

Rizki Indra
Rizki Indra
28 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Manfaat daun waru untuk asam lambung penting diketahui sejak dini.

Manfaat daun waru untuk asam lambung sudah dipercaya cukup lama karena kemampuannya yang sangat bagus untuk melapisi dinding pada saluran cerna. Bagian tanaman waru yang bisa digunakan untuk obat bukan hanya daunnya saja melainkan juga bunga dan kulit pohonnya.


Tumbuhan pohon waru memiliki beberapa senyawa penting yang berperan untuk mengurangi rasa sakit ataupun menjaga kesehatan tubuh. Daun waru mengandung zat antibakteri, anti nyeri serta efek neurologis yang berguna sebagai anticemas, antidepresan dan zat sedatif atau penenang. Sedangkan bunganya bisa dijadikan sebagai obat untuk melancarkan BAB.


Dari beberapa bagian pohon waru memang yang paling sering digunakan sebagai obat-obatan herbal adalah daunnya. Nutrisi yang terkandung pada daun waru juga cukup lengkap dan berguna bagi kesehatan tubuh. Daun waru mempunyai kandungan zat fitokimia yang sangat berguna bagi kesehatan kita.


Pada daun waru kita bisa menemukan senyawa penting yaitu saponin dan flavonoid. Bahkan dari daun tanaman yang biasanya ada di tepi jalan tersebut kita bisa mendapatkan setidaknya lima senyawa fenol. Daun waru juga mengandung asam amino, karbohidrat, asam organik, asam lemak dan sebagainya.


Dengan berbagai kandungan itulah mengapa daun waru menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan berguna sebagai obat herbal. Salah satunya adalah obat untuk asam lambung. Kegunaan daun waru bagi penyakit asam lambung adalah sebagai berikut.

1. Menyehatkan Organ Pencernaan


Pada daun waru terdapat senyawa yang dinamakan zat musilago. Senyawa tersebut secara tidak langsung membantu kamu dari efek buruk masalah asam lambung. Zat musilago pada daun waru bisa melindungi dinding pada saluran pencernaan sehingga menjadi lebih sehat.  Secara keseluruhan senyawa pada daun waru tersebut membantu lambung sebagai salah satu organ pencernaan menjadi lebih sehat.

2. Melindungi Dinding Mukosa Lambung


Asam lambung yang naik akan menyebabkan dinding mukosa pada organ pencernaan tersebut terluka. Jika dibiarkan terjadi terus menerus dalam waktu yang lama bisa menyebabkan lambung mengalami gangguan fungsi dan berakibat fatal. Mengkonsumsi daun waru membantu melindungi bagian dinding atau mukosa pada lambung.


Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan flavonoid di dalam daun waru tersebut. Flavonoid adalah senyawa antioksidan yang memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas. Sedangkan manfaat lain dari flavonoid salah satunya adalah untuk melindungi dinding lambung.

3. Mencegah Terjadinya Komplikasi Berbahaya


Asam lambung atau sering disebut dengan sakit maag atau GERD adalah salah satu penyakit yang cukup banyak diderita oleh orang Indonesia. Sayangnya penyakit ini juga memiliki angka kematian cukup tinggi dan bisa memicu terjadinya komplikasi yang lebih berbahaya misalnya kebocoran pada lambung. Telah disebutkan di atas bahwa daun waru mempunyai senyawa yang disebut sebagai zat musilago.


Selain mempunyai fungsi untuk menjaga kesehatan organ pencernaan, zat musilago juga bermanfaat melapisi bagian tenggorokan kita supaya tidak mudah terjadi luka.  Sementara itu penanganan pada penyakit asam lambung yang kurang tepat dan tidak tuntas bisa menyebabkan komplikasi salah satunya adalah terjadinya radang pada saluran tenggorokan dan kerongkongan.


Luka yang terjadi pada saluran kerongkongan akan membuat seseorang mengalami rasa sakit saat menelan atau bahkan kesulitan untuk menelan makanan. Zat musilago membantu mencegah terjadinya luka pada tenggorokan dan kerongkongan dengan cara melapisinya sehingga tidak mudah terluka.


Itulah beberapa manfaat daun waru untuk asam lambung yang perlu kamu ketahui agar penyakit tersebut bisa diatasi sejak awal datangnya gejala. Asam lambung naik biasanya disebabkan oleh masalah kebiasaan makan yang sering terlambat. Oleh sebab itu, selalu pastikan memiliki jam makan yang teratur dan jangan sampai terlambat ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.