Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Ini 4 Cara Waxing Alami dan Mudah Dilakukan Di Rumah

Rizki Indra
Rizki Indra
21 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Cara waxing alami harus dilakukan dengan baik dan benar.

Waxing merupakan proses pencabutan rambut dari akarnya dengan menggunakan bahan pelengket. Jika pada umumnya waxing menggunakan bahan lilin kombinasi sebagai pelengket, ternyata ada pula cara waxing alami yang terbilang lebih aman dan nyaman bahkan bisa kamu lakukan di rumah saja. Seperti apa tipsnya? Simak berikut ini, ya.


Sebelum melakukannya, pastikan alat, bahan dan anggota tubuh dalam keadaan bersih, cuci tangan terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan ini. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan, diantaranya:


1. Siapkan Bahan Alami

2. Proses Pembuatan

  • Lelehkan gula pada panci, aduk hingga kecoklatan dan biarkan hingga menjadi karamel. Perlu diingat panas api tetap terjaga dan jangan terlalu besar, karena karamel dapat berubah cepat menjadi arang.
  • Ambil sendok kayu atau spatula, kemudian masukkan sari lemon dan madu ke dalam panci, aduk semua bahan. Gula akan terlihat berbusa dan sangat panas.
  • Aduk hingga kental, jika dirasa terlalu keras, kamu dapat mencampurkan satu sdm air.
  • Biarkan hingga sedikit dingin.

3. Cara Pengaplikasian

Pastikan bulu yang akan dicabut mencapai 3-6 cm, karena jika di bawah angka tersebut, wax tidak akan mencabut hingga ke akarnya. Dan jika terlalu panjang, maka proses mungkin saja membuat kamu tidak merasa nyaman. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan strip wax atau bisa menggunakan kain.
  2. Taburkan bedak bayi pada area yang akan dicabut.
  3. Gunakan sendok kayu atau spatula untuk meratakan wax pada area kulit.
  4. Letakkan selembar kain atau strip tadi ke area yang telah diberi wax.
  5. Tekan dengan lembut ke arah rambut tumbuh.
  6. Jika kain telah menempel dengan baik, cabut atau tarik tepi bawah kain secara cepat dengan berlawanan arah rambut.
  7. Jika prosesnya pada area yang berkerut atau lipatan, pastikan ratakan atau kencangkan kulit terlebih dahulu untuk mengurangi rasa tak nyaman.
  8. Jika wax masih menempel setelah proses tadi, bilaslah dengan air hangat atau bisa juga dengan coba tambahkan satu sendok baking soda pada air mendidih dan bilaslah sisa wax dengan campuran tersebut.

Setelah melakukan waxing, biasanya masih ada sisa bahan yang bisa kamu simpan. Nantinya, sisa ini bisa kamu gunakan lagi. Akan tetapi penyimpanan bahan ini harus benar. Kamu harus menyimpan sisa wax di kulkas dengan ketahanan 15 hari. Jika ingin ketahanannya mencapai beberapa bulan, kamu bisa menyimpannya di freezer.

Do and Don’ts Saat Waxing


Ada beberapa do dan don’ts atau hal yang boleh kamu lakukan dan tidak boleh saat melakukan waxing. Diantaranya adalah:

  1. Jangan melakukan waxing seminggu sebelum maupun setelah menstruasi karena kulit akan lebih sensitif dari biasanya, terutama pada rasa sakit.
  2. Boleh menggunakan penahan rasa sakit atau pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen atau anestesi yang dibeli di toko obat.
  3. Jangan lakukan aktivitas terlalu berat setelah waxing, karena dapat meningkatkan risiko penyebaran bakteri. Gunakan pakaian yang terasa longgar untuk meminimalisir gerakan yang dapat menjadi penyebab iritasi.
  4. Hubungi dokter jika rasa sakit berlangsung lebih dari satu hari, terlebih jika bengkak, bernanah atau mengeluarkan bau aneh. Buatlah janji dan konsultasi dengan dokter.

Demikian informasi mengenai cara waxing alami yang kamu bisa lakukan mandiri di rumah. Pahami dan ikuti langkah-langkahnya dengan baik untuk hasil yang lebih optimal.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.