Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ini 4 Olahraga yang Cocok Dilakukan Sebelum Tidur, Dijamin Lebih Nyenyak

Rizki Indra
Rizki Indra
27 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Olahraga sebelum tidur penting dilakukan agar tidur lebih nyenyak.

Selain baik dilakukan di pagi hari, olahraga juga dapat dilakukan sebelum tidur. Olahraga sebelum tidur diyakini dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Kamu bisa tidur lebih nyenyak dari biasanya. Berolahraga memang sangat bermanfaat untuk tubuh, baik untuk kesehatan fisik maupun kesehatan mental seseorang.

banner consideration shipping bg blue

Oleh karena itu tidak ada salahnya jika melakukan olahraga di malam hari. Terutama bagi kamu yang memiliki aktivitas padat dari pagi hingga sore hari. Namun olahraga sebelum tidur sebaiknya tidak dilakukan oleh seseorang yang mengalami gangguan tidur karena malah memperburuk kualitas tidur mereka. Jika kamu tidak memiliki gangguan tidur dan ingin tidur lebih nyenyak, lakukan olahraga ringan yang bisa memperbaiki kualitas tidur berikut ini.

1. Yoga


Jika kamu ingin melakukan olahraga ringan yang bisa melatih konsentrasi dan membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Untuk mengawalinya kamu bisa melakukan gerakan pranayama breathing. Caranya dengan menarik napas dari hidung sampai kamu melihat tulang dada. Lalu hembuskan secara perlahan dari mulut. Lakukan secara berulang selama 1 hingga 2 menit.

Selanjutnya kamu bisa melakukan gerakan downward facing dog. Gerakan ini sangat baik untuk melatih pernapasan dan otot tangan. Saat melakukan downward biasanya dilanjutkan dengan melakukan plank dan kedua gerakan tersebut diulang 2 hingga 3 kali.

Setelah dirasa tubuh cukup panas bisa dilanjutkan dengan melakukan child pose. Lalu untuk gerakan penutupnya kamu bisa melakukan kapalbhati breathing, yaitu gerakan duduk bersila dengan menghembuskan napas keras melalui mulut.

2. Squat dengan Beban


Melakukan squat dengan membawa beban juga bisa dijadikan pilihan berolahraga sebelum tidur. Olahraga satu ini akan memberikan hasil yang maksimal, jika dilakukan dengan cara yang benar. Berat beban yang digunakan harus disesuaikan. Kamu bisa menggunakan beban dengan berat 1 hingga 3 kilogram di masing-masing tangan. Cara yang benar ketika melakukan squad yaitu dengan mengencangkan bokong dan menahannya di posisi paling rendah selama satu menit. Ulang gerakan tersebut 2 hingga 3 kali setiap 2 menit untuk hasil yang baik.

banner consideration promotion bg blue

3. Stretching


Umumnya orang menganggap bahwa stretching merupakan gerakan untuk pendinginan. Tapi sebenarnya stretching ini bisa dijadikan semacam gerakan olahraga yang bisa dilakukan sebelum tidur. Gerakan stretching ini sangat cocok dilakukan bagi kamu yang tidak suka olahraga agak berat dan serius. Kamu bisa melakukan stretching dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga, kemudian kencangkan tulang belakang.


Selanjutnya gerakan tangan ke kanan dan ke kiri hingga kamu merasa punggung mulai merenggang. Gerakan stretching sederhana seperti mencium lutut juga bisa dilakukan. Untuk melakukan cium lutut kamu bisa melakukannya dengan posisi berdiri maupun duduk. Tapi pastikan posisi duduk atau berdiri mu sudah benar karena jika salah malah akan membuat punggung membungkuk.

4. Melakukan Latihan HIIT


HIIT atau High Intensity Interval Training bisa dijadikan salah satu pilihan olahraga sebelum tidur yang cukup untuk membakar lemak. Salah satunya dengan melakukan skipping selama 5 menit. Dilanjutkan dengan melakukan sit up, lari di tempat, jumping jack, lalu squat.


Cukup lakukan dua kali runtutan gerakan HIIT tersebut untuk membakar kalori di dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, setelah selesai melakukan HIIT kamu sebaiknya mandi menggunakan air hangat.


banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah beberapa jenis olahraga sebelum tidur yang bisa membuat tidur lebih nyenyak. Memiliki kualitas tidur yang baik dapat membantu kamu lebih segar dan bersemangat menjalani aktivitas di pagi harinya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.