Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Ini 5 Bisnis Online Tanpa Modal yang Menguntungkan Kamu

Rizki Indra
Rizki Indra
21 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Mulai usaha dengan beberapa bisnis online tanpa modal yang menguntungkan.

Jika Ingin memiliki bisnis sendiri, tidak ada salahnya mencoba saja merintis bisnis online tanpa modal yang menguntungkan dan minim risiko. Selain itu, jenis usaha ini lebih fleksibel dalam hal pengaturan waktu maupun tempat. Dengan demikian, bisa menjadi sampingan dari pekerjaan utama.


Sebutannya memang bisnis tanpa modal. Namun, bukan berarti tidak perlu ada alat atau persiapan sama sekali. Bisnis online tetap memerlukan perangkat ponsel atau PC dan koneksi internet. Berikut ini beberapa jenis usaha tanpa modal yang dapat membawa keuntungan buatmu:

1. Bisnis Foto Online


Banyak orang mengembangkan hobi fotografi menjadi ladang bisnis baginya. Salah satu caranya adalah menjual foto secara online. Ada banyak website tempat menjual hasil jepretan kamera, seperti Shutterstock, Dreamstime, fotolia, dan lainnya. Caranya hanya perlu mendaftar akun, kemudian memajang foto karyamu di website itu.


Hasil dari bisnis foto online ini berdasarkan jumlah unduhan dari stok fotomu. semakin banyak orang yang mengunduhnya, pendapatan pun akan meningkat. Tips untuk meraih pendapatan tinggi dari bisnis ini adalah membuat banyak foto dari kategori yang paling dicari.

2. Mengikuti Berbagai Program Afiliasi


Bisnis online kedua yang bisa kamu rintis tanpa modal adalah menjadi affiliate. Saat ini banyak perusahaan membuat program afiliasi untuk meningkatkan penjualannya. Beberapa kursus online juga memanfaatkan program ini untuk menjaring banyak peserta dengan menyebarkan promosi melalui affiliate.


Penghasilan dari bisnis ini berdasarkan komisi. Sistemnya adalah mengajak orang untuk mengunduh aplikasi, menggunakan jasa, mengikuti kursus, dan sebagainya, menggunakan kode referral. Semakin banyak orang yang bergabung menggunakan kode tersebut, maka komisinya pun akan lebih tinggi.

3. Dropshipper Satu atau Beberapa Produk


Selanjutnya, masih ada bisnis online yang tidak memerlukan modal dalam bentuk uang, yaitu dengan menjadi dropshipper. Bisnis ini kurang lebih sama dengan menjadi reseller atau menjualkan produk orang lain. Bedanya, pada sistem dropshipper, tidak perlu membeli stok dagangan terlebih dahulu.


Dropshipper hanya perlu mempromosikan produk, baik itu melalui toko online, marketplace, maupun media sosial. Apabila ada konsumen yang membeli, pihak dropshipper memesan barang tersebut kepada supplier. Nantinya, supplier yang akan mengirimkan kepada konsumen dengan nama pengirimnya adalah dropshipper itu.

4. Menjadi Penulis Lepas


Saat ini semakin banyak orang berbisnis tulisan secara online. Hal ini karena ada banyak website yang memerlukan ratusan konten setiap bulannya. Penulis lepas membuat artikel sesuai pesanan untuk website klien. Bisnis ini menggiurkan, karena hanya bermodal laptop, kuota internet, dan kemampuan menulis.


Meskipun terlihat mudah, menjalani bisnis tulisan online ini juga penuh tantangan. Kamu harus mengasah keterampilan menulis. Selain itu, perlu kemampuan mencari job menulis ke berbagai platform jasa penulisan ataupun website freelancer, seperti Sribulancer dan lainnya.

5. Admin Media Sosial


Banyak pebisnis online yang memerlukan admin untuk mengelola akun media sosialnya. Hal ini merupakan peluang bagi kamu yang suka bermain medsos dan memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik. Menjadi admin medsos ini cocok untuk anak muda yang update pada tren. Pendapatan admin ini pun cukup menarik.


Tidak hanya memegang satu akun, admin media sosial bisa mengelola banyak akun dari beberapa bisnis online. Kuncinya adalah kemampuan dalam membagi waktu, karena harus fokus memantau akun-akun tersebut untuk merespon komentar pelanggan dengan cepat. Selain itu, harus mampu membuat konten yang menarik.


Kelima contoh bisnis online tanpa modal di atas bisa menjadi sampingan, atau bahkan sebagai pekerjaan utama. Meskipun hanya mengandalkan kuota internet dan perangkat pendukung, bisa sangat menguntungkan. Kuncinya adalah ketekunan dan selalu meningkatkan skill. Selamat merintis bisnis online!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.