Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Ini 5 Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak dan Tidak Rewel

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Cara agar bayi tidur nyenyak dan tidak rewel penting diketahui para Moms.

Untuk para orang tua yang baru saja memiliki bayi pastinya akan kesulitan untuk mencari cara agar bayi tidur nyenyak dan tidak rewel hingga pagi. Apalagi terkadang pola tidur bayi yang tidak teratur harus membuat orang tua begadang setiap harinya. Hal ini disebabkan karena bayi masih belum bisa mengenali perbedaan siang dan malam.


Sehingga hal tersebut membuat bayi akan tidur lebih lama pada siang hari dan aktif pada malam hari. Biasanya bayi yang baru lahir memiliki waktu tidur 8-9 jam pada siang hari. Sementara untuk malam hari hanya kurang lebih 8 jam. Kemudian biasanya bayi akan bangun ketika lapar, popok basah, atau cuaca yang panas. Berikut cara agar bayi tidur nyenyak dan tidak rewel:

1. Pahami Kebutuhan Tidur Bayi


Dalam 2 bulan pertama, bayi akan lebih sering makan dibandingkan tidur. Ia juga tidak mengenali perbedaan antara siang dan malam. Sehingga orang tua harus pandai menata waktu tidurnya. Sedangkan di usia 3-6 bulan, bayi hanya tidur 6 jam saja. Semakin bertambahnya usia bayi, maka ia akan berpikir bahwa selama waktu tidurnya sang ibu akan meninggalkannya sementara. Moms seharusnya bisa memahami hal ini dan buatlah si kecil bisa beristirahat dengan nyaman dan nyenyak.

2. Tetapkan Rutinitas Waktu Tidur


Kamu bisa membuat bayi agar lebih aktif bermain di siang hari. Sehingga bayi akan lelah di malam hari dan lebih mudah tidur. Kemudian jadikan waktu tidurnya sebagai hal yang paling menyenangkan dan nyaman. Jangan lupa untuk memandikan bayi sebelum tidur agar tidurnya menyenangkan.


Lalu berikan juga si kecil aktivitas favorit, misalnya seperti membacakan dongeng. Ciptakanlah kamar tidur yang nyaman karena pastinya bayi akan lebih cenderung menyukai sesuatu yang nyaman. Misalkan saja seperti lampu kamar yang sama, suhu ruangan yang sama, bahkan intonasi suara Moms yang sama.

3. Segera Tidurkan Bayi


Ketika bayi sudah mulai memasuki usia 6-12 minggu, maka biasakanlah untuk menenangkannya sampai ia benar-benar tidur. Ketika telah terpejam, segeralah letakkan bayi ke tempat tidur dan biarkan ia tidur sendiri.


Kemudian jangan pernah menunggu hingga bayi tidur di pelukan. Sebab bayi akan mudah terbangun apabila ada gerakan walaupun hanya sedikit. Sehingga akan mengganggu waktu tidurnya.


Kebiasaan ini juga mengajarkan bayi agar bisa tidur dengan tenang. Sehingga kamu tidak perlu memeluknya setiap saat ketika mereka ingin tidur. Apabila bayi memiliki kesulitan untuk tidur dengan tenang, cobalah pindahkan waktu tidurnya menjadi lebih awal.

4. Perhatikan Posisi Tidur


Usahakan kamu meletakkan bayi agar tidur dengan terlentang karena ini termasuk posisi tidur terbaik. Gunakan juga permukaan tempat tidur yang benar-benar kokoh. Apabila si kecil ketiduran di carseat ataupun stroller, maka cobalah untuk melepaskannya lalu baringkan di permukaan yang rata.


Gunakan juga perlengkapan tidur bayi yang sama dengan sebelumnya. Lalu hindari untuk menutupi kepala bayi saat ia tidur. Apabila bayi belum bisa tidur, susuilah agar kebutuhannya terpenuhi sehingga bisa tidur nyenyak.

5. Iringi Tidur Bayi dengan Suara yang Indah


Kamu juga bisa membunyikan suara-suara halus namun sifatnya stabil misalkan seperti musik instrumental dengan nada-nada yang indah. Hal ini akan membuatnya lebih rileks dan juga bisa menghambat suara keras yang bisa membuatnya menjadi kaget.


Demikianlah cara agar bayi tidur nyenyak dan tidak rewel yang bisa diterapkan pada si kecil. Namun ketahuilah yang paling penting bagi si kecil yaitu semua kebutuhannya sebelum tidur harus terpenuhi, sehingga ia bisa tidur dengan tenang.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.