Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Ini 5 Cara Mendidik Anak Perempuan yang Beranjak Dewasa

Rizki Indra
Rizki Indra
18 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak cara mendidik anak perempuan yang beranjak dewasa yang bisa dicoba di rumah.

Cara mendidik anak perempuan yang beranjak dewasa penting untuk diperhatikan dan dilakukan oleh orang tua. Pasalnya di masa peralihan usia ini, anak perempuan membutuhkan sebuah afeksi dan juga sebuah kebebasan. Namun, anak perempuan juga perlu adanya pengontrolan dari orang tua agar tidak terjebak dalam pergaulan bebas seperti kenakalan remaja.


Di sisi lain, orang tua harus memberikan kepercayaan kepada anaknya terhadap segala keputusan yang dilakukan. Lalu seperti apa cara mendidik anak perempuan yang beranjak dewasa yang benar? Simak ulasan berikut ini.

1. Role Model yang Baik


Perilaku anak juga tidak akan jauh dari perilaku orang tuanya. Oleh karena itu, berikanlah contoh yang baik. Ketika mendidik anak, sebaiknya tidak hanya dididik berdasarkan teori saja, namun juga memberikan contoh berupa implementasi perilaku.

2. Pendengar yang Baik


Memasuki usia dewasa adalah masa di mana anak akan menghadapi lika liku kehidupan yang sesungguhnya. Dengan adanya hal tersebut, maka remaja akan sering mengalami gejolak hati dan juga pikiran. Di saat seperti ini perlu adanya kehadiran orang tua untuk menjadi teman bagi sang anak, menjadi tempat keluh kesah dengan mendengarkan setiap cerita yang dilontarkan anaknya.


Menjadi pendengar yang baik bukanlah suatu hal yang mudah bagi kebanyakan orang. Oleh karena itu perlu adanya pembiasaan terhadap hal tersebut. Menjadi pendengar yang baik perlu untuk dilakukan dalam rangka memberikan kenyamanan secara moril kepada sang anak. Jika anak sudah merasa nyaman untuk menceritakan keluh kesah kepada orang tuanya, maka akan semakin mudah untuk melakukan tindakan pengontrolan.

3. Menghargai Privasi Anak


Tidak bisa dipungkiri bahwa anak yang sudah beranjak dewasa pasti memiliki sebuah privasi yang ia jaga. Oleh karena itu, bentuk pengontrolan yang harus dilakukan juga harus berbeda dibandingkan dengan di masa kecilnya. Ketika anak sudah mencapai usia dewasa, berikan kebebasan untuk bergaul, namun pastikan bahwa pergaulan tersebut sehat dan tidak membawa pengaruh buruk untuknya.


Berhenti memeriksa semua isi handphone dan juga riwayat chat anak karena hal ini akan mengganggu privasi. Sebagai fungsi pengontrolan, orang tua cukup untuk memberikan kepercayaan kepada sang anak. Lalu bagaimana caranya agar anak bisa menjaga kepercayaan tersebut?


Selalu berikan edukasi hal-hal yang positif dan usahakan untuk berperilaku se-friendly mungkin. Dengan begitu, maka anak akan menjadi lebih respect terhadap kepercayaan  yang telah diberikan.

4. Setuju dengan Aturan yang Ada


Di samping memberikan kebebasan, orang tau harus menerapkan beragam aturan yang dianggap perlu dan juga sanksi yang akan diberikan apabila peraturan tersebut dilanggar. Namun sebelum memberikan peraturan, sebaiknya orang tua memberikan penjelasan dan juga edukasi terkait larangan yang terkait.


Aturan-aturan penting yang diberikan biasanya berupa larangan pergaulan bebas, minum alkohol, merokok, dan juga seks bebas. Untuk mengantisipasi hal tersebut, bicarakan dan diskusikan tentang peraturan yang sudah Moms buat, lalu tentukan batasan-batasan dalam melakukan pergaulan dengan lawan jenis, jam pulang malam, ataupun yang lainnya.

5. Menjadi Support System


Orang tua yang baik harus bisa masuk ke dalam kehidupan anak dan menjadi support system baginya. Ketika anak sedang mengalami keterpurukan dalam proses perkembangannya, selalu berikan motivasi yang bersifat membangun hingga anak bisa bangkit lagi. Motivasi terhadap impian perlu untuk dilakukan agar anak memiliki rasa percaya diri terhadap kemampuannya.


Itulah tadi cara mendidik anak perempuan yang beranjak dewasa yang bisa dijadikan referensi. Dengan tips ini, semoga orang tua bisa mendidik anak perempuan dengan tepat dan bisa mendampinginya ketika memasuki usia dewasa.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.