Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Ini 5 Fungsi Manajemen Keuangan yang Wajib Kamu Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
01 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Fungsi manajemen keuangan sangat penting untuk perkembangan usaha.

Dalam menjalankan sebuah usaha, penting bagi kamu untuk mulai disiplin dengan mengatur atau membuat manajemen keuangan. Secara definisi, arti dari manajemen keuangan adalah aktivitas yang berhubungan dengan bagaimana caranya sebuah badan usaha atau perusahaan mendapatkan modal, bagaimana kemudian modal itu digunakan atau dialokasikan, serta bagaimana pengelolaan aset pada perusahaan guna mencapai tujuan.

Fungsi Manajemen Keuangan


Tanpa adanya manajemen keuangan yang baik, sulit bagi suatu usaha untuk mengembangkan usaha mereka dengan keuntungan yang sudah didapatkan. Tidak hanya untuk pengembangan usaha, kegiatan ini juga memiliki fungsinya tersendiri. Berikut fungsi dari manajemen keuangan yang perlu kamu ketahui:

1. Planning

Planning atau disebut juga perencanaan keuangan. Meliputi arus kas serta laba rugi atau profit and loss di perusahaan.

2. Budgeting

Budgeting dikenal juga dengan anggaran. Fungsi ini merupakan rencana penerimaan serta bagaimana pengalokasian anggaran biaya tersebut dengan efisien guna modal atau dana yang dimiliki perusahaan dapat digunakan dengan optimal.

3. Controlling

Controlling diketahui pula sebagai pengendalian keuangan. Fungsi yang satu ini berkaitan dengan evaluasi atau perbaikan mengenai sistem keuangan yang berjalan di perusahaan.

4. Auditing

Merupakan pemeriksaan keuangan yang merupakan audit pada internal perusahaan berdasar pada dana atau keuangan yang ada pada badan usaha tersebut sesuai dengan kaidah standar akuntansi supaya tidak terjadi adanya penyimpangan.

5. Reporting

Reporting merupakan sebuah laporan mengenai kondisi keuangan pada perusahaan juga analisa rasio.

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan


Terdapat ruang lingkup dalam manajemen keuangan ini diantaranya:

1. Keputusan Pendanaan

Terdiri atas kebijakan manajemen dalam pencairan dana di perusahaan. Seperti halnya penerbitan obligasi ataupun kebijakan hutang jangka pendek serta jangka panjang yang sumbernya dari internal maupun eksternal badan usaha.

2. Keputusan Investasi

Merupakan kebijakan atas penanaman modal pada aktiva tetap atau fixed assets yang meliputi gedung, tanah, alat, ataupun aktiva finansial seperti halnya surat berharga sejenis obligasi maupun saham untuk menginvestasikan dana ke dalam beragam aktiva.

3. Keputusan Pengelolaan Aset

Kebijakan mengenai pengelolaan aset demi tercapainya tujuan perusahaan yang berjalan secara optimal.

Tujuan Manajemen Keuangan


Sementara itu, manajemen keuangan bertujuan untuk:

  • Sebagai siklus kehidupan bisnis atau perusahaan.
  • Manajemen keuangan dalam aktivitas operasional berjalan normal.
  • Pelaporan kegiatan operasional bisnis.
  • Pengarsipan, pelaporan, dan pembayaran pajak.

Tips Membangun Strategi Manajemen Keuangan


1. Menemukan Sumber Pendanaan yang Tepat

Karena sebuah perusahaan sering kali membutuhkan pendanaan, maka temukanlah sumbernya secara tepat guna pembiayaan kegiatan serta operasional bisnis. Pemilik dapat membawa laporan keuangan ini pada kreditur atau bank guna mendapatkan modal atau pendanaan tersebut.

2. Membuat Laporan Anggaran

Yang tak kalah penting adalah membuat laporan anggaran. Karena anggaran sendiri merupakan salah satu kunci dari berjalannya usaha sesuai dengan keinginan demi tercapainya tujuan. Anggaran jika diibaratkan adalah sebagai “peta” bagaimana dan ke arah mana bisnis akan dijalankan.

3. Mengelola Struktur Modal

Perusahaan yang mapan akan menggunakan manajemen keuangan guna mengelola serta menciptakan struktur modal, yang merupakan jumlah proporsi penggunaan utang serta pembiayaan ekuitas yang ada pada perusahaan.

4. Manajemen Performa

Salah satu bagian dari manajemen keuangan adalah analisis keuangan yang berguna untuk menilai kinerja perusahaan. Penilaian ini berdasarkan pengukuran kinerja di masa lalu dan dibandingkan dengan yang terjadi di masa sekarang.


Demikian informasi mengenai fungsi manajemen keuangan beserta tujuan dan tips yang harus kamu tahu. Semoga penjelasan ini dapat membantu proses berjalannya usaha kamu menjadi lebih maksimal, terutama dalam hal keuangannya ya, Lemonizen.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.