Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ini 5 Khasiat Biji Mahoni yang Baik untuk Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
29 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak khasiat biji mahoni yang penting untuk tubuh.

Dikenal memiliki rasa yang sangat pahit namun nyatanya khasiat biji mahoni sangat “manis” bagi kesehatan. Ya, biji dari pohon yang kayunya biasa digunakan untuk mebel ataupun bangunan tersebut memang memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan beragam penyakit kronis bisa diatasi dengan menggunakan biji mahoni.


Selama ini selain sudah dikenal sebagai bahan pembuatan mebel dan untuk bangunan pada bagian kayunya, biji dari buah mahoni juga telah lama digunakan sebagai obat tradisional. Pemanfaatan biji mahoni sebagai obat herbal tersebut dikarenakan memiliki kandungan berbagai zat yang sangat baik bagi kesehatan. Manfaat dari biji mahoni setara dengan tumbuhan ginseng dan ginkgo biloba.


Dalam setiap buah mahoni biasanya terdapat sekitar 35 hingga 45 biji yang bisa digunakan sebagai obat berbagai penyakit. Kandungan zat bioaktif dalam biji mahoni bersifat antibakteri, antivirus, anti nyeri dan sebagainya. Zat bioaktif itulah yang membuat biji mahoni mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan manusia yaitu sebagai berikut.

1. Mencegah Hipertensi


Kandungan senyawa flavonoid yang terdapat dalam biji mahoni terbukti efektif untuk menurunkan tekanan darah dengan begitu kita bisa terhindar dari hipertensi. Di samping itu pada biji mahoni mengandung kalium tinggi dan natrium yang cukup rendah sehingga bisa mencegah naiknya tekanan darah. Khasiat biji mahoni untuk mencegah naiknya tekanan darah tersebut juga berpengaruh baik pada sistem saraf dan meningkatnya fungsi kardiovaskuler.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol dan Lemak


Kolesterol jahat atau LDL dan lemak yang tinggi dalam darah memicu berbagai penyakit berat yang cukup berbahaya salah satunya adalah serangan jantung. Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan lemak tidak baik yang ada di dalam darah kita bisa menggunakan biji mahoni.


Jika kadar kolesterol jahat dan juga kandungan lemak tidak baik di dalam darah bisa diturunkan maka sistem kardiovaskuler bisa menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit kronis seperti jantung dan stroke.

3. Mengatasi Diabetes


Diabetes merupakan satu jenis penyakit yang memiliki angka kematian cukup tinggi. Bahkan kematian akibat diabetes seringkali datang mendadak sehingga disebut sebagai silent killer.


Namun tidak perlu kuatir karena penyakit diabetes bisa diatasi dengan rutin konsumsi biji mahoni. Kandungan senyawa yang terdapat pada biji mahoni efektif menghambat penyerapan gula di dalam usus kita. Di samping itu senyawa tersebut juga menyebabkan produksi insulin meningkat sehingga kita bisa terhindar dari penyakit diabetes terutama tipe 2.

4. Mencegah Kanker


Hingga sekarang kanker masih menjadi penyakit yang paling ditakuti karena memang belum ada obatnya. Lebih mengerikan lagi karena siapapun berpotensi terkena penyakit kanker akibat rusaknya sel-sel di dalam tubuh. Mencegah munculnya kanker menjadi solusi yang terbaik salah satunya yaitu dengan konsumsi biji mahoni.


Senyawa flavonoid pada biji mahoni berfungsi sebagai antioksidan yang akan menangkal radikal bebas pemicu penyakit kanker. Selain itu khasiat dari biji mahoni disebutkan tidak kalah manjur dari kemoterapi bagi pengidap penyakit kanker.

5. Mencegah Infeksi


Banyak penyakit yang dipicu oleh adanya infeksi bakteri, virus ataupun kuman yang masuk ke dalam tubuh kita. Contohnya sakit flu dan diare. Konsumsi biji mahoni yang memiliki zat antivirus, antibakteri dan antijamur membantu tubuh untuk melawan infeksi penyebab penyakit.


Itulah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari biji mahoni. Ternyata cukup banyak khasiat biji mahoni yang bisa digunakan untuk menjaga dan mengatasi berbagai keluhan penyakit. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi biji mahoni.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.