Ini 5 Manfaat Buah Delima, Dari Buah, Biji Hingga Kulitnya

10 Jun 2020 @ 15:46:46
Buah delima dikenal sebagai salah satu buah yang paling sehat untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali manfaat buah delima yang sangat baik untuk tubuh. Buah ini juga cocok untuk cemilan sehat yang menyegarkan. Seperti stroberi, buah ini memiliki kandungan vitamin C yang melimpah serta memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. 

Selain itu serat dan agen anti radang yang ada dalam buah delima sangat baik untuk tubuh. Meminum jus buah delima menurut para peneliti dapat membantu melindungi tubuh dari beberapa penyakit. Inilah 5 manfaat buah delima yang bisa kamu peroleh. 

1. Menurunkan Tekanan Darah



Tekanan darah merupakan salah satu kondisi yang dapat memicu serangan jantung dan stroke yang paling umum diketahui. Sebuah penelitian menemukan jika kamu rutin minum jus buah delima, maka dapat menurunkan kadar tekanan darah sistolik dalam waktu kurang lebih 2 minggu dari hasil optimal yaitu 12 minggu.

Jus delima mengandung juga antioksidan polifenol yang dapat melawan aterosklerosis serta peradangan pembuluh darah. Sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Perlahan-lahan manfaat buah delima akan tampak pada penurunan kolesterol dan kesehatan jantung secara keseluruhan. 

2. Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh 



Manfaat buah delima yang selanjutnya adalah bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C yang ada di buah delima menjadi salah satu vitamin yang penting untuk mencegah penyakit dan meningkatkan sistem imun tubuh. Dalam satu buah delima terdapat 40 persen dari kebutuhan vitamin C harian kamu. 

Selain itu, antioksidan yang terkandung bekerja melindungi kamu terhadap infeksi yang berkaitan dengan dialisis atau penyakit ginjal serta kompilasi penyakit kardiovaskular. Tidak heran jika buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. 

3. Dapat Melawan Infeksi Virus dan Bakteri



Buah merah ini terbukti memiliki sifat anti-bakteri dan anti-virus. Efek dari dua sifat ini dapat melindungi diri kamu dari infeksi dan peradangan di mulut. Hal ini termasuk ke dalam kondisi seperti gingivitis, periodontitis dan denture stomatitis. Manfaatnya telah ditunjukkan secara nyata terhadap beberapa jenis bakteri termasuk candida albicans penyebab infeksi vagina.

4. Sebagai Penahan Lapar



Nah, untuk kamu yang sedang program diet, mengkonsumsi buah yang satu ini tentu sangat baik. buah delima memiliki kandungan serat yang tinggi. Dalam 180 gram buah delima terkandung 7 gram serat yang baik untuk tubuh. serat adalah nutrisi yang sangat penting untuk menjaga berat badan sehat. Ini akan menjaga kamu agar kenyang lebih lama. jadi, jika kamu sedang diet  sebaiknya konsumsi buah delima ya!

5. Dapat Mencegah Kanker



Komponen tertentu yang ada di dalam buah delima ditemukan dapat memperlambat perkembangan reproduksi sel kanker prostat. Ini terbukti dari adanya sebuah studi dari University of California. Buah delima juga bahkan dapat memicu kematian sel kanker (apoptosis) di dalam sebuah studi dari Israel, penelitian menemukan bahwa jus delima dapat mencegah dan menghancurkan sel kanker payudara. 

Nah, itu dia beberapa manfaat buah delima yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu. Buah merah ini juga sangat mudah ditemukan sehingga kamu bisa dengan mudah mengkonsumsi buah delima. Meminum jus buah delima secara rutin bisa menjadi pilihan terbaik untuk membuat imun tubuh meningkat. Manfaat yang dihasilkan buah yang satu ini memang benar-benar mengagumkan. Wajar ya jika buah ini dikatakan buah yang sehat. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020