Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ini 5 Obat Maag Alami dari Tumbuhan, Wajib Tahu!

Rizki Indra
Rizki Indra
24 Okt 2021
Clock Icon
4 menit
Sembuhka maag dengan beberapa obat maag alami dari tumbuhan.

Penyakit maag sepertinya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Sakit maag dapat dirasakan oleh siapa pun, laki-laki, perempuan, anak-anak, hingga orang tua. Ketika penyakit maag kambuh, bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan akan mengganggu aktivitas kamu.


Saat penyakit ini kambuh, umumnya beberapa orang mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk mengatasinya. Namun, tahukah kamu bahwa sakit maag sebenarnya juga dapat diobati dengan obat herbal. Untuk itu, simaklah 5 obat maag alami dari tumbuhan pada ulasan di bawah ini.

1. Temulawak


Temulawak sejak dulu dikenal sebagai tanaman rimpang yang memiliki banyak manfaat. Kandungan yang ada di dalam temulawak diantaranya adalah, kurkumin, selusosa, minyak atsiri, pati, dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan.


Salah satu manfaat kesehatan yang ada pada temulawak adalah dapat mengobati sakit maag. Hal ini dikarenakan kandungan selulosa dalam temulawak dapat membantu proses pencernaan. Selain itu, kandungan kukukumin yang dimiliki juga dapat menangkap radikal bebas dan melindungi mukosa atau dinding lambung.

2. Kunyit


Tidak jauh dari temulawak, kunyit juga merupakan salah satu tanaman rimpang yang cukup populer di Indonesia. Kunyit umumnya dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan jamu dan juga sebagai menu masakan. Namun, ternyata kunyit juga dapat digunakan sebagai obat maag alami.


Pasalnya khasiat kunyit salah satunya adalah meredakan asam lambung, sehingga kunyit juga dapat digunakan untuk mengobati sakit maag. Meskipun demikian, kamu tidak disarankan mengonsumsi kunyit secara berlebihan. Hal ini dikarenakan kunyit dapat memicu alergi kulit, rasa mual, hingga diare.

3. Jahe Merah


Masih dalam kelompok tanaman rimpang, jahe merah juga merupakan obat herbal yang mampu atasi sakit maag. Jahe merah memiliki kandungan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk meredakan gejala mual dan masalah penyakit lambung.


Sifat lain yang dimiliki oleh jahe merah adalah gastroprotektif. Hal tersebut berarti  senyawa dalam jahe merah dapat menekan pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori (H. pylori). Bakteri tersebut merupakan pemicu meningkatnya kadar asam dalam lambung. Sehingga dengan menekan pertumbuhan bakteri tersebut, kadar asam lambung dapat dikurangi dan sakit maag dapat diredakan.

4. Lidah Buaya


Tanaman lidah buaya tentu cukup familiar bagi kebanyakan orang. Lidah buaya sangat mudah dijumpai di Indonesia yang merupakan negara beriklim tropis. Terlebih lidah buaya juga sudah sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional oleh masyarakat.


Lidah buaya memiliki gel dengan kandungan senyawa anti inflamasi, vitamin, mineral, dan asam amino. Berkat hal tersebut, banyak orang percaya bahwa lidah buaya memiliki khasiat tersendiri sebagai obat tradisional, salah satunya untuk mengobati sakit maag.


Dikutip dari Journal of traditional Chinese Medicine, lidah buaya yang diolah menjadi jus tanpa pewarna dan pemanis, aman untuk dikonsumsi dan berkhasiat sebagai obat maag. Jus lidah buaya dikatakan mampu mengurangi rasa produksi asam lambung yang menjadi pemicu sakit maag. Akan tetapi, perlu diketahui agar tidak mengonsumsi jus lidah buaya secara berlebih, karena dapat memicu efek samping berupa diare dan juga memiliki kandungan senyawa obat pencahar.

5. Daun Mint


Apabila berbicara masalah pencernaan, tentu tidak lepas dari obat herbal yang satu ini. Ya, daun mint sudah sejak lama dikenal sebagai herbal alami yang ampuh dalam mengatasi berbagai masalah pencernaan.


Daun mint dapat digunakan untuk mengatasi gangguan lambung seperti, perut kembung, mual, hingga, sakit maag. Adapun cara kerja dari daun mint adalah dengan merilekskan otot perut yang sakit dan mendorong keluar gas di dalam lambung, sehingga gangguan maag dapat diredakan. Namun, daun mint sebagai obat tidak disarankan untuk pasien yang menderita penyakit GERD.


Demikianlah ulasan singkat mengenai 5 obat maag alami dari tumbuhan. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan dapat membantu meredakan dan mengobati sakit maag yang kamu alami, Lemonizen.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.