Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ini 5 Olahraga yang Memberi Kekuatan pada Jantung Anda

Rizki Indra
Rizki Indra
23 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Olahraga untuk jantung penting dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

Jantung menjadi organ yang sangat penting untuk memompa darah ke seluruh jaringan organ tubuh. Cara menjaga kesehatan jantung yaitu dengan berolahraga, contoh olahraga untuk jantung yang mudah dilakukan adalah lari di tempat. Selain mudah dilakukan dan tidak memerlukan alat. Lari di tempat bisa menjadi solusi olahraga yang tepat di kondisi pandemi seperti saat ini.


Selain berolahraga, mengonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi juga penting dilakukan. Ketika kondisi jantung semakin sehat dan kuat, maka akan semakin maksimal pula kinerjanya dalam tubuh. Semakin kuat jantung memompa darah, maka jumlah volume darah yang dibutuhkan organ-organ dalam tubuh akan semakin tercukupi tanpa harus banyak memompa.


Sehingga seseorang yang memiliki kondisi jantung yang sehat dan kuat akan memiliki denyut jantung istirahat yang lebih rendah. Berikut beberapa olahraga untuk jantung agar tetap sehat yang bisa Anda coba.

1. Aerobik


Aerobik merupakan olahraga yang dapat meningkatkan sirkulasi darah. Sehingga seseorang yang melakukan olahraga ini memiliki tekanan darah dan detak jantung yang lebih optimal. Olahraga aerobik juga dapat meningkatkan dan mengoptimalkan jumlah oksigen yang masukan ke dalam jaringan tubuh.


Ketika melakukan olahraga ini secara rutin akan membantu menurunkan tekanan darah, detak jantung. Serta dapat melatih pernapasan menjadi lebih baik. Olahraga aerobik yang dapat Anda lakukan diantaranya seperti jogging, jalan cepat, lompat tali, bersepeda dan lainnya. Disarankan untuk melakukan olahraga tersebut selama 30 menit minimal 5 kali dalam seminggu.

2. Stretching


Olahraga stretching atau pemanasan merupakan olahraga yang berfungsi untuk meregangkan otot-otot tubuh dengan perlahan-lahan. Ketika seseorang melakukan peregangan pada lengan dan kaki sebelum melakukan olahraga. Dapat membantu otot pada tubuh untuk bersiap melakukan aktivitas fisik. Sehingga kemungkinan terjadinya cedera sangat kecil dan mengurangi ketegangan pada otot.

3. Total Body Workout


Olahraga total body workout dilakukan dengan melibatkan banyak otot tubuh. Contohnya seperti berenang, mendayung, dan cross country skiing. Dengan semakin banyaknya otot-otot tubuh yang bergerak melakukan aktivitas fisik. Maka akan semakin keras jantung memompa darah untuk mengimbanginya.


Sehingga kondisi tersebut akan membuat tubuh menjadi lebih kuat dari sebelumnya, termasuk organ jantung yang akan meningkat kinerjanya dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Lakukan olahraga total body workout secara rutin dan teratur setiap minggunya. Agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Yoga


Olahraga yoga memiliki teknik gerakan yang terdiri dari peregangan, pernapasan, dan relaksasi. Ketiga teknik gerakan yoga tersebut sangat baik untuk meningkatkan kinerja jantung. Olahraga yoga dapat memperkuat otot inti pada tubuh Anda dengan meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh.


Olahraga ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan membuat pembuluh darah pada tubuh menjadi lebih elastis. Anda dapat melakukan olahraga ini secara rutin dan teratur setiap minggunya  untuk meningkatkan kesehatan jantung dan kekuatan otot inti pada tubuh.

5. Zumba


Zumba juga termasuk olahraga yang dipercaya dapat meningkatkan kinerja dan kekuatan organ jantung. Ketika Anda melakukan olahraga zumba selama satu jam secara rutin akan membantu membakar sebanyak 1.000 kalori dalam tubuh. 

Perlu diingat dalam melakukan olahraga ini tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Lakukan gerakan zumba dengan benar dan selaras dengan irama musik. Dengan begitu jantung Anda akan lebih cepat memompa darah.


Jadi itulah 5 olahraga untuk jantung agar tetap sehat dan kuat. Selain melakukan olahraga di atas, Anda juga perlu mengurangi makanan tinggi lemak. Dengan begitu, kesehatan jantung Anda bisa lebih terjaga dengan optimal dan bugar selalu.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.