Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Ini 5 Penyebab Mimisan pada Anak, Lemomoms Wajib Tahu!

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak faktor penyebab mimisan pada anak yang penting diketahui.

Penyebab mimisan pada anak sangat beragam sekali. Pada dasarnya, mimisan merupakan suatu kondisi di mana munculnya pendarahan yang berasal dari dalam hidung si kecil. Meski kadang terlihat begitu mengerikan, namun mimisan adalah kondisi yang umum terjadi untuk anak-anak, terutama saat mereka berusia 3 hingga 10 tahun.


Selain itu, mimisan bisa dibilang tidak terlalu berbahaya apabila tidak disertai gejala gangguan kesehatan lainnya. Berikut beberapa penyebab mimisan pada anak yang perlu Moms ketahui, diantaranya adalah:

1. Udara Kering


Penyebab mimisan paling umum yaitu karena kondisi udara yang sedang kering. Udara kering ini terjadi karena udara yang ada di dalam ruangan sedang panas ataupun bisa jadi dari iklimnya yang sedang kering. Sehingga udara tersebut akan menyebabkan selaput lendir pada hidung menjadi ikut kering hingga teriritasi dan terjadilah mimisan.

2. Mengorek Hidung


Jika si kecil terlalu dalam menggaruk ataupun mengorek hidung, maka juga bisa menyebabkan mimisan pada anak. Sebab ini akan merusak hingga merobek pembuluh darah yang ada pada dinding hidung anak. Apalagi jika si kecil memiliki kuku yang belum dipotong ataupun dengan benda lainnya yang bersifat tajam.

3. Cedera


Adanya benturan pada hidung anak bisa saja terjadi saat sedang bermain sehingga pembuluh darah di hidung pecah dan terjadilah mimisan. Cedera ini juga akan melakukan pembuluh darah besar sehingga akan keluar darah dalam jumlah yang lebih banyak.

4. Pilek, Sinus, dan Alergi


Penyakit gejala hidung tersumbat seperti pilek, sinusitis, dan alergi mampu menyebabkan bagian dalam hidung menjadi teriritasi. Sehingga inilah yang akan memicu anak menjadi mimisan.

5. Infeksi Bakteri


Iritasi yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri ditandai dengan munculnya luka, kemerah, dan kerak di bagian dalam hidung dan juga depan lubang hidung. Apabila luka dari dalam hidung cukup dalam maka akan mengenai pembuluh darah dan menyebabkan terjadinya mimisan.

Cara Menangani Mimisan Pada Anak

Jika telah terjadi mimisan pada anak, maka untuk menanganinya Moms bisa lakukan langkah-langkah berikut.

  • Jangan panik dan tenangkan anak.
  • Mintalah anak agar ia duduk dengan tegak di atas kursi atau bisa juga di pangkuan Moms.
  • Miringkanlah kepala anak agak sedikit hingga ke arah depan atau terlihat seperti setengah menunduk.
  • Jangan buat anak menengadahkan kepala ataupun bersandar. Pasalnya, hal ini bisa mengakibat darah menjadi mengalir ke area tenggorokan sehingga bisa tertelan.
  • Minta anak untuk mulai bernafas lewat mulut dan jepitlah cuping hidungnya dengan tisu. Setelah itu lap bersih kurang lebih selama 10 menit.
  • Jangan berhenti membersihkannya terlalu cepat karena pendarahan bisa saja terjadi lagi.
  • Setelah selesai, mintalah anak untuk beristirahat sejenak setelah mimisan mulai mengering.
  • Tetap awasi anak Anda dan jangan biarkan dia menggosok, mengorek, apalagi membuang ingus terlalu kuat.

Meskipun kebanyakan mimisan yang dijumpai tidak berbahaya, namun Moms juga harus tetap waspada dan kenali cara penanganan pertamanya. Karena pastinya Moms tidak pernah tahu kapan anak akan mengalami mimisan. Selain itu, apabila mimisan juga diiringi pendarahan di tempat lain sebaiknya segera bawa anak ke dokter agar bisa segera mendapatkan perawatan dan penanganan yang lebih tepat.


Itulah penjelasan lengkap tentang penyebab mimisan pada anak. Dengan mengenali penyebabnya, maka kini Moms bisa melarang anak untuk melakukan hal-hal yang bisa menyebabkan timbulnya mimisan tersebut.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.