Ini 5 Penyebab Rambut Rontok, Cara Mudah Mengatasinya

30 Jun 2020 @ 21:23:49
Mengalami kerontokan rambut tentunya menjadi gangguan tersendiri untuk beberapa orang. Umumnya, manusia bisa mengalami rambut rontok 50 hingga 100 helai rambut per hari. Penyebab rambut rontok yang terjadi juga sangat beragam. Namun meski terdengar menyeramkan, kerontokan rambut pada umumnya tidak akan menyebabkan penipisan rambut (atau bahkan kebotakan). 

Ini dikarenakan manusia memiliki kurang lebih 100 ribu helai rambut di kepala dan helai rambut baru bertumbuh pada waktu bersamaan menggantikan rambut yang rontok. Ada berbagai faktor yang menyebabkan rambut rontok. Mulai dari pola hidup yang tidak sehat hingga kekurangan beberapa vitamin pada tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa penyebab rambut rontok serta cara mengatasinya. 

1. Stress



Penyebab rambut rontok yang pertama adalah stress. Mulai dari stress berat, kecelakaan, setelah melahirkan, penurunan berat badan dan segala macam trauma fisik. Masalah pekerjaan juga bisa menjadi pemicu stress yang menjadi penyebab rambut menjadi rontok. Rambut memiliki 3 fase penting dalam siklusnya yaitu  masa pertumbuhan, masa istirahat dan masa rontok. Stress berat yang kamu alami akan mengganggu siklus rambut, sehingga mempercepat rambut mengalami kerontokan. 

Cara mengatasi masalah ini yaitu dengan pemulihan tubuh dari stress. Pastikan kamu menghindari segala hal yang bisa membuat kamu menjadi stress. kamu bisa mencoba untuk selalu berpikir positif dengan melakukan yoga dan meditasi. Ketenangan yang didapatkan akan membantu kamu untuk berpikir lebih jernih. 

2. Faktor Keturunan



Rontoknya rambut juga bisa disebabkan karena genetic atau keturunan. Ini adalah penyebab paling umum yang ditemui di masyarakat. Gen yang diturunkan dari salah satu orang tua akan membuat kamu memiliki resiko kerontokan rambut. Meskipun secara umum rambut yang rontok akan digantikan dengan rambut baru, akan tetapi pada kasus ini, setiap rambut baru akan memiliki tekstur yang semakin halus dan tipis. 

Cara mengatasinya adalah mencegah dengan mengkonsumsi obat penumbuh rambut, walaupun pada wanita, dosis harus diperkecil. Ada 2 jenis obat yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki kerontokan rambut yaitu dengan minoxidil dan  finasteride. 

3. Kelebihan Vitamin A



Seperti yang dikemukakan oleh health.com, yang didasarkan pada hasil penelitian dari American Academy of Dermatology, terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin A atau obat-obatan tertentu bisa memicu kerontokan rambut. Untuk mengatasinya adalah dengan membatasi dan mengurangi asupan vitamin A sampai keadaan kembali normal. 

Sebelum kamu mengkonsumsi suplemen, vitamin dan mineral ada baiknya lebih dulu memperhatikan isi kandungannya. Jangan memilih suplemen dengan kandungan vitamin A 5000 IU atau 1500 mikrogram. 

4. Karena Kekurangan Vitamin B



Jika sebelumnya kelebihan vitamin A dapat menyebabkan kerontokan. Maka jika kamu kekurangan vitamin B juga bisa mengalami kerontokan. Akan tetapi penyebab dari rambut rontok karena kekurangan vitamin B ini termasuk mudah untuk ditangani.

Cara mengatasinya adalah dengan rutin mengkonsumsi suplemen vitamin B dan mengubah pola makan dan menu makan kamu dengan makanan yang kaya akan vitamin B. misalnya daging, ikan, jagung dan masih banyak lagi.

5. Kekurangan Protein



Kekurangan protein juga bisa menjadi pemicu terjadinya kerontokan rambut. Misalnya kamu sedang menjalani diet rendah protein. Sementara protein adalah zat pembangun utama tubuh. termasuk salah satunya sel rambut. Asupan protein yang rendah akan melemahkan struktur rambut dan memperlambat pertumbuhan rambut. 

Cara mengatasinya yaitu dengan mengkonsumsi protein yang cukup. Mengkonsumsi protein sesuai dengan AKG kemenkes RI sangat dianjurkan. Dimana kebutuhan protein harian kita adalah sekitar 56-59 gram perhari untuk perempuan. Sementara 62-66 gram per hari untuk laki-laki. kamu bisa mendapatkan asupan protein dari ikan, daging dan telur. 

Nah, itu dia berbagai penyebab rambut rontok serta cara penangannya yang sesuai dengan penyebabnya. Untuk menghindari rambut rontok, maka kamu hanya perlu untuk memulai pola hidup sehat dan pola makan yang baik agar rambut sehat dan kuat. Mengkonsumsi makanan sehat menjadi salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga rambut. 


Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020