Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ini 5 Penyebab Umum Sariawan yang Perlu Kamu Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
25 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Hindari sariawan dengan mengetahui penyebab-penyebab sariawan.

Munculnya sariawan di mulut pastinya membuat kamu merasa tidak nyaman, terutama saat makan dan juga berbicara. Sariawan ini bisa dialami siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia sekalipun. Ada banyak penyebab sariawan yang bisa melukai kulit di seputar mulut kamu.


Pada umumnya sariawan ini termasuk kondisi yang normal. Namun, sebaiknya kamu juga harus tetap waspada apabila luka sariawan tidak terlihat wajah, apalagi muncul terlalu sering. Karena ditakutkan ini merupakan gejala penyakit serius lainnya.


Luka sariawan biasanya akan cenderung berbentuk oval dan juga bulat lalu berwarna kuning atau putih dengan tepiannya berwarna merah karena peradangan. Jumlahnya pun juga bermacam-macam, ada yang satu, dua, tiga, bahkan lebih. Oleh sebab itu, agar kamu bisa terhindar dari sariawan maka sebaiknya kenali penyebab sariawan berikut ini:

1. Kekurangan Vitamin


Masalah kulit sering kali disebabkan karena tidak terpenuhinya kebutuhan vitamin pada area tersebut, termasuk mulut. Namun, ini lebih dikhususkan pada vitamin B12. Umumnya kekurangan vitamin ini lebih sering dialami oleh anak-anak sebab ia belum terlalu menyukai makanan yang bergizi.


Oleh karena itu, agar bisa terhindar dari sariawan maka konsumsilah makanan yang mengandung vitamin B12 yang tinggi, sehingga masalah sariawan pun bisa segera dihindari.

2. Kekurangan Nutrisi


Melansir dari laman Dentistry Iq, dijelaskan bahwa penyebab sariawan bisa jadi karena kekurangan asam folat, zat besi, dan juga seng di dalam tubuh kamu. Selain itu, kalsium juga cenderung bisa menyebabkan mulut kamu menjadi sariawan. Kamu harus cukupi kebutuhan nutrisi ini dengan memakan makanan yang bergizi tinggi.

3. Adanya Luka di Mulut


Luka yang terjadi di jaringan ataupun lapisan mulut kamu bisa menyebabkan sariawan. Luka ini pun disebabkan oleh berbagai hal misalkan seperti memakan sesuatu yang bisa menyebabkan memar atau radang di area mulut. Kemudian juga menyikat gigi dengan terlalu kuat juga bisa menyebabkan timbulnya luka.


Tidak hanya itu, orang dengan perawatan gigi seperti kawat gigi pun juga bisa menderita cedera dan berujung pada sariawan.

4. Daya Tahan Tubuh Melemah


Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang cenderung lebih buruk maka akan lebih rentan juga terkena sariawan. Meskipun masih sulit menemukan korelasi spesifikasinya, namun faktanya bahwa sistem kekebalan tubuh kuat akan lebih ampuh mencegah terjadinya sariawan.


Dapat disimpulkan bahwa kondisi sistem imun seseorang akan berdampak juga pada kesehatan organ mulutnya. Untuk itu, kamu harus bisa menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang oleh sariawan.

5. Penggunaan Obat-Obat Tertentu


Dengan mengonsumsi obat-obatan seperti antiinflamasi nonsteroid (ibuprofen) akan menyebabkan efek samping timbulnya sariawan di area mulut. Untuk itu, sebelum mengonsumsi ibuprofen konsultasikan terlebih dahulu bersama dokter, sehingga kamu bisa dapatkan alternatif pengobatan yang lebih baik.


Itulah 5 penyebab sariawan yang harus kamu hindari agar tidak terjadi luka pada mulut yang akan berujung pada sariawan. Seperti yang sudah dijelaskan, kondisi sariawan memang normal. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk menghindari berbagai macam penyebab sariawan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.