Link Tersalin
Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Ini 5 Permainan untuk Melatih Fokus Anak, Bunda Wajib Tahu!

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
24 Nov 2020
Clock Icon
2 menit
ini 5 Permainan untuk Melatih Fokus Anak, Bunda Wajib Tahu!
Selama ini kita mungkin tidak menyadari betapa besarnya manfaat bermain bagi anak. Cara anak bermain dan mengeksplorasi objek berkembang sesuai dengan semakin matangnya aspek-aspek perkembangan mereka.

Bermain membawa manfaat di setiap aspek perkembangan anak, mulai dari perkembangan bahasa, sosio-emosional, kognitif, perkembangan fisik, kemampuan anak meregulasi diri, dan perkembangan akademis. Bermain juga dapat membantu melatih fokus pada anak.

Berikut 5 jenis permainan yang Lemoparents bisa coba mainkan untuk melatih fokus si kecil.

1. Cublak Cublak Suweng



Permainan ini dimainkan oleh beberapa orang anak. Satu anak dalam posisi tengkurap menghadap lantai, anak lain duduk mengelilingi anak tersebut. Anak-anak lain memutar benda kecil seperti batu, kerikil, kelereng, atau benda lainnya. 

Benda tersebut diputar di atas tangan para pemain yang diletakan di punggung pemain yang tengkurap sambil menyanyikan lagu “cublak cublak suweng”. Saat lagu selesai, para pemain menyembunyikan benda kecil dari pemain yang tengkurap. Pemain yang tengkurap harus menebak di mana letak benda kecil tersebut. 

Permainan ini mengembangkan aspek kepekaan si kecil terhadap sentuhan atau indera peraba.

2. Tebak Siapa yang Berbicara



Permainan ini dimainkan oleh anak dan anggota keluarga. Semakin banyak anggota keluarga yang terlibat, tantangan akan semakin tinggi. Lemoparents dapat mengajak kakek, nenek, paman, bibi, kakak, dan sebagainya. Anak diminta untuk menutup mata. Satu orang anggota keluarga diminta berbicara. Anak harus menebak siapa yang berbicara saat itu.

Permainan ini melatih kemampuan membedakan suara pada anak.

3. Dari Mana Datangnya?



Cara melakukan permainan ini adalah membiarkan anak duduk dengan mata terpejam. Orangtua menepuk tangan di atas/depan/belakang/samping kanan/samping kiri anak. Anak diminta untuk menyebutkan dari arah mana orang tua tadi bertepuk tangan.

Permainan ini melatih kepekaan pendengaran pada si kecil.

4. Tebak Sentuhan



Permainan ini dimainkan oleh anak dan anggota keluarga. Anak dalam posisi tengkurap dan menutup mata. Satu orang anggota keluarga menyentuh anak, lalu anak diminta untuk menebak siapa yang menyentuhnya. 

Dengan melakukan permainan ini, anak dilatih untuk memiliki kemampuan membedakan sentuhan atau melatih kepekaan indera peraba.

5. Mencari Mainan



Pada permainan ini, Lemoparents menaruh beberapa mainan anak ke dalam satu wadah atau keranjang. Lemoparents dapat mencampur berbagai jenis mainan seperti: dinosaurus, mobil-mobilan, kereta api, motor, hewan, berbagai action figure, miniatur polisi, dan sebagainya. Lalu, minta anak untuk menemukan 1 mainan tertentu. 

Permainan ini akan membantu melatih ketajaman visual si kecil.

Kira-kira, Lemoparents tertarik mengajak si kecil main permainan apa hari ini?

Artikel ini ditulis oleh Adisti F. Soegoto, M.Psi, psikolog anak dan seorang BFRP (Bach Foundation Registered Practitioner).
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.