Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Ini 6 Ciri Bayi Kekurangan Zat Besi dalam Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
16 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak ciri bayi kekurangan zat besi yang penting diketahui bunda di rumah.

Tidak hanya orang dewasa, bayi juga sangat memerlukan zat besi di dalam tubuhnya. Kekurangan zat besi pada bayi dapat menghambat pertumbuhannya dan melemahkan sistem imunnya. Ciri bayi kekurangan zat besi terkadang tidak disadari oleh orang tuanya, sehingga kebanyakan tidak tertangani dan menyebabkan hal yang fatal.

banner consideration shipping bg blue

Agar si kecil di rumah tidak sampai mengalami kekurangan zat besi, Anda harus mengetahui ciri bayi kekurangan zat besi agar bisa merawat bayi dengan memberikan zat besi yang cukup. Berikut ini akan membahas mengenai ciri-ciri bayi mengalami kekurangan zat besi yang harus diketahui Bunda di rumah.

1. Kulit Bayi Terlihat Lebih Pucat


Sama seperti pada orang dewasa, kondisi bayi kekurangan zat besi juga terlihat lebih pucat dari biasanya. Kulit pucat tersebut diakibatkan karena kurangnya kandungan hemoglobin pada darah yang tidak tercukupi. Warna merah dari darah di dalam tubuh yang tercukupi akan memberikan rona kulit yang lebih segar, sehingga kulit tidak terlihat pucat.

2. Tangan dan Kaki Bayi Terasa Dingin


Ciri-ciri bayi kekurangan zat besi selanjutnya dapat diketahui ketika tangan dan kaki bayi terasa dingin. Biasanya suhu tubuh pada bayi akan terasa hangat, termasuk tangan dan kakinya. Bunda jangan berpikir bahwa kondisi tersebut sebuah hal yang wajar karena faktor lingkungan, oleh karena itu Bunda di rumah harus waspada ketika si kecil dalam kondisi tersebut.

3. Bayi Mudah Kelelahan


Ketika si kecil mengalami kekurangan zat besi, biasanya mereka akan lebih cepat lelah. Sama halnya ketika orang dewasa mengalami hal yang serupa. Jadi Bunda harus menyadari ketika si kecil tidak aktif bergerak seperti biasanya. Kondisi bayi yang mudah kelelahan terjadi karena kurangnya zat besi yang menimbulkan menurunnya kadar hemoglobin pada tubuh mereka.

banner consideration promotion bg blue

Hal ini juga membuat pasokan oksigen ke seluruh tubuh menjadi terhambat. Organ jantung mereka juga bekerja lebih keras dari biasanya untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sel-sel tubuh pada bayi juga kekurangan oksigen untuk mengalirkan energi karena kondisi inilah bayi mudah kelelahan.

4. Berat Badan Bayi Tidak Kunjung Naik

Ketika bayi kekurangan zat besi, tubuhnya akan berusaha lebih keras agar memperoleh oksigen, sehingga membuat energinya cukup terkuras. Kondisi ini juga membuat kekuatan menyusunnya menjadi berkurang dan berat badannya sulit naik. Akibat fatalnya malah mengakibatkan menurunnya berat badan si kecil.

5. Bayi Tidak Bernapas dengan Lancar


Kondisi bayi yang mengalami kekurangan zat besi juga cenderung membuat sistem pernapasannya terganggu. Si kecil akan rentan mengalami sesak napas karena kadar oksigen dalam darah yang didistribusikan oleh paru-paru ke sistem pernapasan jumlahnya tidak mencukupi.

6. Bayi Menjadi Lebih Rewel


Ciri bayi kekurangan zat besi satu ini masih belum pasti dan memerlukan penelitian lebih lanjut. Tapi berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, kekurangan zat besi diduga bisa menurunkan produksi hormon dopamin. Hormon dopamin merupakan hormon yang bertugas untuk menimbulkan perasaan bahagia, sehingga membuat bayi tidak mudah rewel.

Meskipun begitu bukan berarti ketika si kecil rewel mereka kekurangan zat besi. Tapi bisa jadi karena hal lain yang membuat mereka merasa tidak nyaman. Jadi, memang masih dibutuhkan penelitian lanjutan yang lebih komprehensif.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah beberapa ciri bayi kekurangan zat besi yang harus Bunda waspadai, agar si kecil tidak sampai mengalami anemia. Bunda harus memperhatikan asupan gizi dan nutrisi si kecil dengan baik. Jika perlu, Bunda juga bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis anak perihal asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.