Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Ini 6 Kelebihan Pemasaran Online yang Wajib Diketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
14 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak kelebihan pemasaran online untuk usaha lebih berkembang.

Kelebihan dari pemasaran online cukup terasa bagi para pelaku bisnis. Hal ini karena jangkauan pemasaran online mudah dan praktis dilakukan. Tidak heran jika para pelaku bisnis semakin banyak yang berlomba membuat promosi online dengan semenarik mungkin. Efek positif dari online marketing sangat banyak untuk memajukan suatu bisnis. Nah, berikut ini ada ulasan singkat mengenai kelebihan pemasaran online yang perlu diketahui:

1. Akses Tanpa Batas


Kelebihan yang pertama adalah akses yang tanpa batas. Pemasaran atau promosi produk dengan cara ini bisa dilakukan lebih mudah dengan jangkauan yang sangat luas. Promosi cukup dilakukan dengan memanfaatkan media sosial dan website. Namun, dari kedua media tersebut jangkauan pasar bisa sampai ke seluruh dunia.


Tak hanya itu melakukan promosi dengan hal ini juga tidak membutuhkan biaya yang besar. Sebab yang dilakukan hanya membuat sebuah konten yang menarik dan diunggah pada media online maka promosi akan berjalan dengan sendirinya. Tinggal dipantau melalui respon yang masuk dari konsumen.

2. Operasional Lebih Mudah


Kelebihan pemasaran online lainnya adalah operasional pemasaran jadi lebih cepat dan mudah dilakukan. Dapat dikatakan kemudahan tersebut menjadikan pemasaran online ini jadi lebih efisien. Ini adalah salah satu kekuatan atau keunggulan dari pemasaran online yang memanfaatkan kecanggihan teknologi dan internet. Baik promosi dan pelayanan bisa dilakukan lebih maksimal.

3. Biaya Promosi Jauh Lebih Hemat


Pemasaran konvensional tentu membutuhkan biaya yang cukup besar dalam melakukan pemasaran. Ada biaya akomodasi, transportasi dan gaji pegawai. Berbeda dengan pemasaran online yang tidak membutuhkan semua biaya tersebut. Biaya yang biasa digunakan untuk pemasaran konvensional bisa dijadikan sebagai modal kembali untuk mengembangkan bisnis.  Biaya operasional bisa dipangkas dan melakukan promosi lebih mudah dimanapun dan kapanpun asal ada koneksi internet dan peralatan digital.

4. Lebih Mudah Mengelola SDM


Online marketing tidak membutuhkan tenaga karyawan yang banyak. Ini jadi lebih mudah dalam mengelola  para karyawan bagian marketing. Proses promosi hanya membutuhkan administrasi penjualan, pengepakan, dan pengiriman barang. Admin sendiri juga bisa merangkap dalam melayani dan menangani pelanggan.

5. Riset Pemasaran Lebih Mudah


Memiliki bisnis dan menggunakan strategi pemasaran online bisa lebih mudah melakukan riset pemasaran. Kelebihan pemasaran online ini bisa membuat pelaku bisnis lebih mudah melacak pengunjung pada website dan media sosial. Jadi, analisa pasar bisa lebih mudah dilakukan. Komunikasi dengan pelanggan juga bisa lebih mudah. Promosi produk juga bisa lebih tetap sasaran.

6. Mudah Dipantau


Online marketing membantu pelaku bisnis untuk melakukan pengawasan atau pemantauan. Semua transaksi bisa dipantau kapan dan dari mana saja selama 24 jam. Ini bisa membuat manfaat dari pemasaran online bagi penjual dan pembeli lebih terasa.


Intinya, kelebihan pemasaran online ini adalah untuk memudahkan baik pihak penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi. Penjual bisa memaksimalkan laba yang didapat dan pembeli bisa lebih mudah menemukan barang yang dibutuhkan. Dalam melakukan promosi online ini yang difokuskan adalah konten menarik.


Konten yang dibuat harus bisa sesuai dengan identitas perusahaan dan produk yang dipasarkan. Gunanya konsumen bisa lebih mudah mengenal dan mengingat produk yang dipromosikan melalui media online. Jika sudah demikian konsumen akan lebih besar peluangnya melakukan pembelian. Penjual dan pembeli pun bisa merasakan manfaat promosi online tersebut.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.