Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ini 6 Manfaat Kardio yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
01 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat kardio yang penting untuk tubuh.

Salah satu olahraga yang bisa kamu pilih untuk kesehatan adalah kardio. Mungkin masih banyak orang yang belum memahami apa saja manfaat kardio. Padahal, olahraga ini menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Pada dasarnya, kardio merupakan kependekan dari kardiovaskular yang merupakan serangkaian aktivitas fisik.


Fungsi utama dari kegiatan kardio adalah untuk meningkatkan kekuatan paru-paru dan jantung. Olahraga kardio cukup beragam, tetapi yang banyak dipraktikkan adalah joging, berenang, dan bersepeda. Padahal selain itu, ada juga gerakan-gerakan ringan yang bisa dilakukan di rumah. Inilah berbagai manfaat kardio selengkapnya:

1. Sistem Kekebalan Tubuh Semakin Meningkat


Manfaat dari kardio yang pertama adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jika melakukan kardio, kamu akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang aktif lebih kuat. Selain itu, sistem metabolisme tubuh pun dapat berjalan dengan baik dan tidak mudah terserang penyakit.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah


Melakukan olahraga kardio secara rutin mampu mencegah diabetes tipe 2. Selain itu, juga mampu mengurangi gejala-gejala yang mulai muncul. Hal itu karena dengan berolahraga, maka mampu memperbaiki kinerja tubuh dalam menggunakan gula. Bukan hanya itu, melainkan juga bisa menurunkan resistensi terhadap insulin.

3. Menjaga Kesehatan Jantung


Manfaat selanjutnya dari olahraga kardio adalah menjaga kesehatan jantung. Dengan begitu, jantung akan lebih kuat dan tidak perlu bekerja ekstra dalam memompa darah. Jadi, seseorang yang rutin melakukan olahraga ini tidak akan mudah mengalami penyakit jantung. Misalnya serangan jantung dan lain sebagainya. Maka dari itu, coba terapkan hal ini dari sekarang.

4. Kekuatan Otot Semakin Meningkat


Olahraga kardio juga berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otot. Baik itu pada otot kaki, bagian tubuh tengah, dan lainnya. Jadi, tidak akan mudah lelah saat melakukan suatu aktivitas. Selain untuk otot, juga baik untuk kesehatan tulang. Namun, tidak semua olahraga kardio bermanfaat dalam hal ini. Jadi, harus melakukan gerakan tertentu, seperti bersepeda atau berlari.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur


Kualitas tidur seseorang bisa sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Sebab, tubuh membutuhkan istirahat setelah seharian melakukan aktivitas. Fungsinya untuk mengembalikan energi yang hilang. Jika kamu memiliki masalah dengan kualitas tidur, maka kardio adalah salah satu olahraga yang tepat untuk kamu.


Pasalnya, seseorang yang aktif melakukan olahraga kardio akan memiliki kualitas tidur lebih baik. Hal itu karena bisa beristirahat dengan mudah dan nyenyak. Jadi, akan segar kembali ketika bangun pagi.

6. Menurunkan Kolesterol Jahat


Berdasarkan dari laman kesehatan Healthline, beberapa olahraga kardio bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, juga mampu meningkatkan antiinflamasi dan antioksidan. Dengan begitu, kolesterol jahat yang memicu berbagai penyakit bisa berkurang.


Apalagi olahraga ini juga bisa menurunkan berat badan bagi penderita obesitas. Jika ingin menurunkan berat badan dengan olahraga ini, maka pilih gerakan yang efektif membakar lemak. Bisa juga ditambah beberapa gerakan yang fokus memperkuat otot perut.


Nah Lemonizen, itulah beberapa manfaat dari olahraga kardio yang sangat baik untuk kesehatan kamu. Manfaat kardio sangat beragam untuk kesehatan, khususnya untuk meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru. Olahraga kardio bisa dilakukan secara rutin setiap hari selama 30 menit. Dalam beberapa minggu saja, manfaat kardio akan sangat terasa dan lemak pada perut juga berkurang. Jadi, yuk olahraga kardio mulai dari sekarang!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.