Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Ini 6 Perlengkapan Melahirkan Anak Pertama untuk Moms, Wajib Tahu!

Rizki Indra
Rizki Indra
26 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak perlengkapan melahirkan anak pertama yang harus disiapkan dari sekarang.

Menyambut kedatangan sang buah hati, orang tua perlu menyiapkan beberapa perlengkapan khusus untuknya. Persiapan perlengkapan kelahiran ini akan lebih rumit jika menyambut kedatangan anak pertama. Ada cukup banyak barang yang harus dipersiapkan menjelang hari kelahiran. Untuk membantu para Lemomoms dalam mempersiapkan kelahiran sang buah hati, berikut list perlengkapan melahirkan yang perlu Moms siapkan.

1. Pakaian dan Selimut Bayi


Para orang tua perlu mempersiapkan pakaian dan selimut bayi. Bayi yang baru lahir membutuhkan barang yang dapat menghangatkannya. Pakaian dan selimut bayi adalah dua barang wajib yang harus tersedia lebih dari satu untuk mengantisipasi jika bayi sering mengompol. Pilih pakaian dan selimut dengan material bahan yang lembut serta aman untuk kulit si bayi.


Pakaian yang digunakan akan turut memengaruhi mood bayi. Material bahan yang kasar dan tidak nyaman akan membuat mood bayi memburuk. Sebaiknya, pilih pakaian bayi dengan ukuran yang sedikit lebih besar agar tidak ketat saat digunakan. Pilih motif pakaian dan selimut yang terlihat lucu seperti motif hewan atau tokoh kartun.

2. Bedong Bayi


Para Moms perlu belajar bagaimana cara membedong bayi yang baru lahir. Membedong bayi cukup sulit untuk dilakukan, terlebih jika baru pertama kali melakukannya. Untuk mempermudah hal ini, Moms bisa mempersiapkan bedong bayi khusus yang sudah dirancang agar bisa digunakan oleh pemula. Bedong tipe ini akan sangat membantu para ibu muda karena sangat mudah untuk digunakan pada bayi.

3. Perlengkapan Mandi Bayi


Para orang tua perlu mempersiapkan perlengkapan mandi untuk bayi. Mulai dari bak mandi khusus bayi, handuk bayi, sabun, sampo, lotion khusus bayi, dan kain lap yang lembut. Moms harus lebih berhati-hati saat memandikan bayi, minta bantuan pada perawat jika sekiranya belum bisa memandikan bayi sendiri.


Pilih bak mandi yang cukup lebar untuk memudahkan saat memandikan bayi. Gunakan sabun dan sampo khusus bayi yang tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Kulit bayi sangat sensitif, jadi Moms perlu lebih berhati-hati saat memilih sabun yang akan digunakan.

4. Perlengkapan Kamar Bayi


Para orang tua juga perlu mempersiapkan kamar untuk bayinya. Buat dekorasi yang menyenangkan dengan furniture dan tempat tidur yang nyaman serta aman untuk ditempati bayi. Beberapa perlengkapan utama yang wajib ada di kamar bayi adalah tempat tidur bayi, kasur untuk ditempatkan pada ranjang bayi, meja khusus beserta bantalan untuk ganti popok, keranjang mainan, tempat khusus popok, dan swaddle.

5. Popok Bayi


Berbicara perihal perlengkapan untuk bayi, popok tidak boleh sampai ketinggalan. Barang yang satu ini wajib tersedia dalam jumlah cukup banyak. Pilih popok dengan material bahan yang aman dan nyaman saat dipakai oleh si kecil. Selain popok, siapkan perlengkapan lain seperti tisu basah khusus bayi tanpa pewangi, krim popok, dan tas popok yang praktis dibawa.

6. Gendongan Bayi


Bayi akan merasa sangat senang saat digendong. Sayangnya, kesenangan ini tidak berlaku jika bayi digendong dalam posisi yang tidak nyaman. Agar lebih praktis, Moms bisa mempersiapkan gendongan bayi yang nyaman. Gendongan yang nyaman tidak akan membuat bayi rewel. Selain itu, gendongan ini juga dapat digunakan oleh para orang tua pemula yang masih belum punya pengalaman dalam merawat bayi.


Dalam menyambut kedatangan sang buah hati setelah menunggu lebih dari 9 bulan, perlengkapan melahirkan diatas sudah harus tersedia di rumah. Persiapkan barang-barang diatas dari jauh-jauh hari sebelum melahirkan agar tidak ada barang penting yang terlewat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.