Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Ini 7 Cara Menenangkan Bayi Agar Tidak Mudah Menangis

Rizki Indra
Rizki Indra
22 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak cara menenangkan bayi yang dilakukan dengan baik dan benar.

Sebagai orang tua, Moms mungkin sering bertanya-tanya bagaimana cara menenangkan bayi agar tidak mudah menangis. Seperti yang diketahui, bahwa bayi mengekspresikan beragam hal yang ia rasakan melalui tangisan. Menangis adalah cara ia berkomunikasi atau menyampaikan apa yang dirasakan. Lalu, apa yang harus dilakukan agar bayi tetap tenang dan tidak mudah menangis?


Sebelum mencari tahu tentang cara menenangkan bayi yang menangis, sebaiknya Moms ketahui dulu apa saja penyebab bayi menangis. Beberapa hal yang membuat bayi menangis adalah merasa lapar, popok yang sudah basah karena penuh, ingin dipeluk, kelelahan, kedinginan atau kepanasan, dan juga kolik.


Walau pada umumnya tangisan bayi akan mereda dengan sendirinya dalam beberapa waktu, namun akan lebih baik jika Lemomoms bisa menenangkan bayi agar tidak menangis. Berikut ini berbagai cara menenangkan bayi yang Moms lakukan di rumah.

1. Menyelimuti Bayi


Cara pertama untuk menenangkan bayi menangis adalah menyelimutinya dengan kain atau banyak diketahui dengan istilah bedong. Dengan demikian, tubuh bayi akan lebih hangat dan terasa nyaman. Dibedong juga bisa membuat bayi tidur lebih nyenyak. Namun jangan asal, Moms perlu tahu bagaimana cara membedong bayi yang aman dan tepat.

2. Menggendong


Umumnya, bayi akan berhenti menangis ketika digendong. Untuk menenangkan tangisan bayi, Moms bisa menggendongnya dalam posisi telungkup. Karena dalam rahim, kebanyakan bayi ada dalam posisi meringkuk, sehingga cara ini dapat membuatnya merasa lebih nyaman. Posisi ini disarankan saat bayi menangis terus menerus, jika sudah tenang, maka bayi bisa diposisikan secara terlentang.


Selain digendong, bayi dapat berhenti menangis ketika diayun atau digoyangkan. Gerakan ayunan konstan ini dapat membuat tubuhnya merasa lebih tenang. Moms bisa juga memberinya rasa tenang dan nyaman sembari mengajaknya berinteraksi.

3. Suara Menenangkan


Cara ini juga dapat dilakukan untuk menenangkan tangisan bayi. Beberapa contohnya adalah suara dari tetesan atau aliran air. Moms dapat dengan mudah mencarinya pada perangkat smartphone yang terkoneksi internet.

4. Memijat dengan Lembut


Usapan dan pijatan pada badan bayi yang menangis juga dapat membuatnya lebih tenang karena otak dan saraf bayi yang terangsang. Pijatan juga dapat meredakan nyeri yang mungkin sedang ia rasakan. Tapi, perlu diingat bahwa jangan memijatnya dengan terlalu keras dan kencang. Selain itu, Moms juga dapat menggunakan minyak esensial untuk efek tenang yang lebih optimal.

5. Menyanyikan Lagu


Bayi biasanya akan terdiam ketika mendengar seseorang bernyanyi, sehingga cara ini dapat dicoba sebagai salah satu langkah menenangkan tangisannya. Menyanyikan lagu ataupun memutar musik bertempo lambat dengan suara lembut dipercaya dapat membuat bayi lebih tenang dan tidur lebih nyenyak.

6. Mandikan dengan Air Hangat


Memandikannya dengan air hangat juga dapat memberi efek tenang, Moms bisa memandikan atau menyeka buah hati dengan handuk lembut yang direndam air hangat untuk memberikan efek tenang dan meredakan tangisannya.

7. Memberi Dot


Menghisap dot ataupun jari dapat menjadi salah satu cara relaksasi pada bayi. Sebelum mencoba cara ini, pastikan Moms  telah mencoba beberapa langkah di atas, karena memberi dot memang dikenal tidak terlalu berdampak baik pada bayi, berisiko menimbulkan masalah pada gigi dan mulutnya.


Demikian beberapa informasi mengenai cara menenangkan bayi menangis yang bisa Moms lakukan. Perlu diingat, salah satu hal yang cukup penting adalah Moms harus tetap tenang dan tidak panik ketika si kecil menangis. Namun jika tangisan terus menerus dan si kecil terlihat mengalami rasa sakit kesakitan, segera berkonsultasi dengan dokter dan segera mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.