Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Ini 7 Ciri Kandungan Dalam Keadaan Baik dan Sehat

Rizki Indra
Rizki Indra
15 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Ciri kandungan sehat penting diketahui dan dipelajari agar kandungan sehat.

Setiap ibu hamil wajib mengetahui ciri kandungan sehat. Pasalnya, hal ini sangat penting untuk diperhatikan demi kandungan yang sehat sesuai usianya. Dengan demikian, Lemomoms dapat memastikan kondisi janin selalu dalam keadaan baik dan sehat.


Selain itu, mengetahui dengan pasti kondisi kehamilan yang sehat bisa membuat para ibu hamil menjadi lebih waspada apabila mengalami kelainan, sekecil apa pun itu. Namun apabila ada keluhan, segera periksakan diri ke dokter sebelum terlambat. Untuk memastikannya, perhatikan keadaan kehamilan, apakah sesuai dengan ciri-ciri kandungan yang sehat berikut ini.

1. Mual dan Muntah Mereda Setelah 9 Minggu


Kondisi mual dan muntah memang sering dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Penyebabnya adalah sistem tubuh yang melakukan penyeimbangan hormon untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat. Saat hamil, hormon estrogen dan progesteron mengalami peningkatan drastis. Inilah yang menyebabkan kondisi mual dan muntah. Namun, seiring berjalannya waktu, kondisi tersebut akan mereda. Selama mual tidak melebihi 9 minggu, artinya kehamilan tergolong sehat.

2. Adanya Kenaikan Berat Badan


Normalnya, ibu yang sedang hamil akan mengalami peningkatan berat badan. Tentu saja, karena ada bobot janin yang terus tumbuh, dan membuat tubuh ibu juga bertumbuh. Selama penambahannya tidak berlebihan dan setara dengan perkembangan janin, itu tandanya sehat.


Tidak perlu khawatir mengenai pertambahan berat badan ini. Idealnya, pertambahan berat badan mencapai 13-15 kilogram selama mengandung. Lemomoms harus waspada jika bertambahnya berat badan di bawah atau di atas angka tersebut.

3. Sering Merasa Ingin Buang Air Kecil


Tanda lain dari kehamilan yang sehat adalah sering buang air kecil. Ada dua penyebab utama terjadinya rasa ingin buang air kecil yang meningkat. Pertama adalah peningkatan jumlah darah, semakin meningkat jumlah darah, ginjal pun bekerja ekstra, sehingga menghasilkan volume urine yang bertambah.


Akibatnya, kandung kemih cepat penuh dan ibu hamil lebih sering buang air kecil. Penyebab kedua adalah posisi kandung kemih yang terdesak oleh kantong rahim akibat membesarnya janin. Akhirnya, tekanan pada kandung kemih pun menjadi meningkat dan menyebabkan rasa ingin buat air kecil menjadi lebih sering.

4. Pertumbuhan Perut yang Semakin Besar


Janin yang berkembang di dalam perut ibu hamil, tentu mengalami pertumbuhan seiring dengan berjalannya waktu. Oleh sebab itu, perut yang semakin membesar juga merupakan salah satu tanda bahwa kehamilan berlangsung sehat.

5. Dapat Mendeteksi Detak Jantung Bayi


Pada kehamilan sehat, detak jantung bayi dapat terdeteksi menggunakan alat ultrasonografi (USG). Ini merupakan momen menyenangkan bagi ibu hamil, yaitu mendengarkan detak jantung anaknya. Normalnya laju detak jantung janin adalah 110 hingga 160 denyut dalam 1 menit.

6. Terasa Ada Pergerakan Bayi


Ciri lain kehamilan yang sehat adalah adanya pergerakan bayi yang terasa pada dinding bagian dalam perut ibu. Ini merupakan suatu tanda bahwa janin di dalam kandungan mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup.

7. Kondisi Kesehatan Ibu Baik


Hal lain yang semestinya menjadi perhatian para ibu hamil adalah kesehatannya. Pengecekan secara rutin untuk melakukan pengawasan terhadap tekanan darah perlu dilakukan. Perlu juga memastikan bahwa tidak terjadi lonjakan kadar gula darah secara drastis.


Itulah beberapa ciri dari kondisi kandungan yang sehat. Pastikan Lemomoms mengetahui dan mewaspadai ciri kandungan sehat seperti yang dijelaskan di atas. Sehingga apabila ditemukan masalah dalam kandungan bisa segera mendapatkan pertolongan medis.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.