Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ini 7 Manfaat Baik Daun Lengkuas untuk Kesehatan Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
02 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat daun lengkuas untuk tubuh yang penting dikonsumsi setiap hari.

Lengkuas merupakan tanaman Alpinia Officinarum yang berasal dari Asia Selatan. Ternyata, tidak hanya bagian umbi lengkuas saja yang memiliki berbagai khasiat baik untuk kesehatan, tetapi ada juga manfaat daun lengkuas yang sangat berguna untuk kesehatan. Apalagi kandungan nutrisi di dalamnya juga tidak kalah banyak dengan buahnya. Jadi, tidak heran jika sama-sama memiliki segudang manfaat. Inilah berbagai manfaat dari daun lengkuas:

1. Menyembuhkan Asma


Penyakit asma muncul karena pembengkakan atau peradangan pada saluran pernapasan. Salah satu obat herbal yang bisa penderita pakai adalah daun lengkuas. Dengan meminum rebusan daun ini secara rutin, kemungkinan gejala asma bisa berkurang. Ini karena daun lengkuas bisa mengurangi dahak, sehingga pernapasan pun semakin lega. Dengan begitu, perlahan-lahan akan mulai sembuh.

2. Mencegah Kanker dan Tumor


Manfaat selanjutnya adalah mampu mencegah risiko penyakit kanker dan tumor. Terdapat beragam antioksidan di dalamnya yang berperan dalam hal ini. Bahkan, terkandung zat galangin yang mampu mematikan sel kanker. Dengan begitu, sel tersebut tidak dapat tumbuh. Bahkan, potensi dalam melawan kanker cukup besar. Mulai dari kanker usus besar, kulit, hati, payudara, sampai kanker saluran empedu.

3. Menyembuhkan Batuk


Daun lengkuas memiliki zat anti radang yang mampu mengencerkan dahak. Dengan begitu seseorang yang sedang mengalami batuk, tenggorokannya akan terasa lega. Jadi, bisa mengonsumsinya secara rutin agar batuk segera sembuh. Selain itu, sebagian orang ada yang menggunakannya untuk meredakan tenggorokan yang sakit, suara serak, dan nyeri dada.

4. Menyembuhkan Luka Bakar


Sifat antiradang pada daun lengkuas juga bisa menyembuhkan luka bakar ringan. Caranya bisa dengan menumbuknya, kemudian meletakkan pada area kulit yang terkena luka bakar. Jika memang hasilnya membaik, maka bisa meneruskan dengan cara ini. Namun, jika ternyata timbul ciri-ciri alergi, maka bisa segera hentikan. Lalu, periksakan lebih lanjut ke dokter.

5. Menurunkan Kolesterol dan Gula Darah


Bagi seseorang yang memiliki kadar gula darah dan kolesterol yang tinggi. Maka, bisa juga menggunakan daun lengkuas sebagai salah satu obat. Sebab, kandungan antioksidan di dalamnya mampu menurunkan gula darah dan kolesterol. Dengan begitu, kolesterol baik akan meningkat dan mengurangi gejala-gejala yang mulai timbul. Setelahnya, sebaiknya lebih perhatikan lagi asupan makanan yang menyebabkan kadar gula dan kolesterol naik.

6. Menyembuhkan Demam


Daun lengkuas juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang mampu menurunkan demam. Bukan hanya untuk menurunkan suhu tubuh saja, khasiatnya juga untuk mengurangi gejala lain yang muncul. Misalnya, pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan lainnya.

7. Meredakan Nyeri Haid


Pada hari pertama atau kedua saat datang bulan, tentu sering kali mengalami sakit perut. Rasa sakit ini bisa dikurangi dengan meminum air daun lengkuas. Cara pembuatannya sangat mudah. Tinggal menyiapkan 3 lembar daun lengkuas, cuci bersih dan tumbuk halus. Kemudian campurkan dengan air matang sebanyak 1 gelas. Lalu, peras untuk diambil airnya saja.


Minum air tersebut sebanyak 3 kali pada haid hari pertama. Dengan begitu, kemungkinan manfaat daun lengkuas bisa langsung orang tersebut rasakan. Sakit atau kram pada perut pun akan berkurang.


Itulah berbagai manfaat daun lengkuas yang baik untuk kesehatan. Ternyata, bukan hanya pada umbi lengkuas saja yang bermanfaat. Melainkan terdapat pula manfaat daun lengkuas untuk kesehatan. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba manfaat dari daun lengkuas ini?

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.