Ini 7 Manfaat Beras Kencur, Mampu Jaga Gula Darah Hingga Diare

Jamu adalah minuman tradisional Indonesia yang telah dikenal luas manfaatnya. Dari berbagai jenis jamu di luar sana, salah satu yang paling disukai adalah jamu beras kencur. Jika minum beras kencur dengan rutin kamu akan mendapatkan berbagai manfaat beras kencur yang sangat baik untuk tubuh. 

banner consideration shipping bg blue

Bukan tanpa alasan mengapa jamu jenis ini banyak digemari, salah satunya karena beras kencur baik kesehatan bagi tubuh. Bahan yang digunakan untuk membuat beras kencur adalah herbal dengan kandungan manfaat tinggi seperti jahe, asam, gula aren, dan daun pkamun. Berikut adalah 7 manfaat beras kencur 

1. Meredakan Batuk Berdahak

Tahukah kamu bahwa minum secangkir beras kencur dapat membantu meredakan batuk berdahak? Ternyata jamu beras kencur ini sudah lama dikenal sebagai obat tradisional yang digunakan untuk mengobati batuk berdahak selain jahe.

2. Meredakan Diare

Selain manfaat di atas, berdasarkan penelitian di Jurnal Internasional Farmasi dan Ilmu Farmasi beras kencur berkhasiat meredakan diare. Itu karena jamur ini memiliki kandungan zat sitotoksik dan anti bakteri di dalamnya.

3. Mempertahankan Kadar Gula Darah

Manfaat lain dari obat herbal adalah membantu menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Meminum beras beras dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Karena hal ini beras kencur sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes.
Seperti poin sebelumnya, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan efektifitasnya. Karena penelitian sejauh ini hanya dilakukan dalam skala kecil. Jadi, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menguji manfaat dan keamanannya.

4. Meningkatkan Nafsu Makan pada Anak-Anak

Manfaat dari beras kencur lainnya adalah untuk nafsu makan bagi anak-anak. Jamu beras kencur sangat baik untuk merangsang nafsu makan di kecil. Jadi, jika si kecil sulit makan, kamu bisa memberinya segelas beras kencur. 

banner consideration promotion bg blue

Rasa jamu beras kencur enak dan cocok untuk anak-anak. Kandungan nutrisi jamu yang satu ini juga bagus untuk kesehatan si kecil. Kandungan minyak atsiri dalam jamu beras kencur dapat membantu merangsang nafsu makan pada anak kecil. 

5. Beras Kencur Membantu Penderita Gastritis

Salah satu manfaat sehat lain dari jamu beras kencur. Jika dikonsumsi sehari-hari, jamu beras kencur dapat membantu mengentalkan dinding lambung, yang terdiri dari mukosa luar dan dalam, muscularis externa, dan serosa. 
Jadi, jamu beras kencur bermanfaat untuk pasien gastritis yang menderita kerusakan dinding lambung. Minuman ini juga bisa menyembuhkan sakit ringan seperti masuk angin, sakit perut, dan demam.

6. Beras Kencur Membantu Menghilangkan Keletihan 

Manfaat luar biasa lainnya dari jamu beras kencur yaitu bisa menghilangkan keletihan. Banyak orang telah mengkonsumsi jamu beras kencur untuk menghilangkan kelelahan pada tubuh. Beras kencur bisa membantu memulihkan stamina, menghilangkan kelelahan, dan perih di tubuh. Jamu ini sangat berguna untuk pekerja lapangan yang melakukan aktifitas berat.

7. Jamu Beras Kencur Membantu Meningkatkan Vitalitas

Manfaat beras kencur untuk laki-laki adalah untuk meningkatkan vitalitas dan memulihkan stamina. Pria bisa mengkonsumsi beras kencur secara rutin agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Dengan demikian, pria tidak akan mudah lelah setelah aktivitas intens. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Meski penelitian lanjutan masih sangat diperlukan untuk semakin memperkuat manfaat dari jamu ini, namun sudah banyak yang berhasil membuktikan khasiat dari beras kencur.  Dan secara keseluruhan, manfaat beras kencur di atas sangat berguna untuk kesehatan. Kamu bisa konsumsi jamu ini secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik. Selamat mencoba! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami