Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ini 7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan dan Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Jun 2020
Clock Icon
3 menit
Manfaat Minyak Zaitun
Minyak zaitun dikenal sebagai salah satu jenis minyak yang paling direkomendasikan baik untuk konsumsi makanan ataupun kecantikan. Dalam 100 mililiter minyak zaitun terdapat 884 kalori yang merupakan 44% dari angka yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, minyak zaitun merupakan sumber polifenol yang baik. Lalu, apa saja manfaat minyak zaitun untuk kecantikan dan kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Melembabkan Wajah



Minyak zaitun mempunyai sifat yang dapat melembabkan kulit wajah. Jika kamu termasuk memiliki wajah yang kering, minyak zaitun sangat cocok untuk kamu pakai. Cukup oleskan satu sampai tiga tetes minyak zaitun pada wajah yang kering. 

Lakukan secara rutin agar mendapat manfaat yang diinginkan. Kamu juga bisa mengaplikasikan minyak zaitun ini dengan mencampur krim pelembab yang lain. Pada campuran ini, minyak zaitun berfungsi untuk menghidrasi kulit agar kelembaban tetap terjaga dan halus.

2. Menghilangkan Bekas Jerawat



Mempunyai kulit berjerawat tentunya akan mengurangi tingkat percaya diri seseorang. Kandungan senyawa yang terdapat pada minyak zaitun mampu membantu menghilangkan bekas jerawat. Caranya cukup mudah. Hanya oleskan minyak zaitun pada area wajah yang berjerawat. Pijat perlahan kulit wajah yang sudah kamu beri olesan minyak zaitun. Diamkan selama lima sampai sepuluh menit agar mendapat hasil yang maksimal. Tetapi ingat, jangan terlalu lama mendiamkannya pada wajah.

3. Menghaluskan Rambut



Selain bagus untuk wajah, minyak zaitun juga menawarkan banyak manfaat untuk rambut. Kandungan antioksidan yang tinggi pada minyak zaitun, seperti vitamin A dan E mampu memperbaiki rambut kering bercabang akibat paparan sinar matahari maupun polusi. 

Selain itu, untuk kamu yang memiliki masalah rambut berketombe minyak zaitun juga bisa kamu manfaatkan. Cukup campur minyak zaitun dengan sari lemon. Kandungan asam yang terdapat pada sari lemon berperan mengikis lapisan ketombe, sedangkan minyak zaitun berfungsi untuk melembabkan lapisan kulit kepala baru di bawahnya.

4. Mengontrol Kolesterol



Selain bermanfaat untuk kecantikan, manfaat minyak zaitun juga sudah lama dipercaya untuk menyehatkan tubuh. Salah satunya adalah mengontrol kolesterol. Kandungan minyak zaitun mampu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat, dan juga meningkatkan HDL atau kadar kolesterol baik di dalam tubuh. 

Memperhatikan tingkat kolesterol dalam darah adalah hal yang sangat penting. Pasalnya, penumpukan kolesterol bisa menyebabkan terbentuknya plak pada pembuluh darah. Penumpukan plak ini akan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

5. Mencegah Stroke



Penyakit stroke merupakan salah satu penyebab kematian kedua setelah penyakit jantung. Stroke sendiri terjadi karena adanya penyumbatan aliran darah ke otak. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang terdapat di dalam minyak zaitun bisa menurunkan stroke. Ungkapan ini sudah dibuktikan oleh penelitian, sehingga hal inilah yang membuat kasus stroke jarang ditemui di negara-negara Mediterania.

6. Menjaga Kesehatan Jantung



Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang terdapat di dalam minyak zaitun menjadikan minyak ini sehat untuk digunakan memasak maupun dressing salad. Minyak zaitun berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan juga mencegah penyakit jantung. 

Hal ini sudah diungkapkan oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa penyakit jantung jarang terjadi di negara-negara Mediterania. Penelitian tersebut sudah didukung oleh penelitian selanjutnya yang juga mengungkapkan bahwa minyak zaitun bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Mengurangi Risiko Diabetes Melitus Tipe Dua



Manfaat minyak zaitun selanjutnya adalah mampu mengurangi risiko diabetes melitus tipe dua. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa minyak zaitun bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah dan sensitivitas kadar insulin. 

Itulah tujuh manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan yang sudah banyak dibuktikan oleh sejumlah penelitian. Dengan adanya berbagai manfaat ini, jangan ragu lagi untuk menggunakan minyak zaitun baik untuk kesehatan maupun kecantikan ya Lemonizen! 
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.