Ini 7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan dan Kesehatan

Minyak zaitun dikenal sebagai salah satu jenis minyak yang paling direkomendasikan baik untuk konsumsi makanan ataupun kecantikan. Dalam 100 mililiter minyak zaitun terdapat 884 kalori yang merupakan 44% dari angka yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, minyak zaitun merupakan sumber polifenol yang baik. Lalu, apa saja manfaat minyak zaitun untuk kecantikan dan kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Melembabkan Wajah

Minyak zaitun mempunyai sifat yang dapat melembabkan kulit wajah. Jika kamu termasuk memiliki wajah yang kering, minyak zaitun sangat cocok untuk kamu pakai. Cukup oleskan satu sampai tiga tetes minyak zaitun pada wajah yang kering. 
Lakukan secara rutin agar mendapat manfaat yang diinginkan. Kamu juga bisa mengaplikasikan minyak zaitun ini dengan mencampur krim pelembab yang lain. Pada campuran ini, minyak zaitun berfungsi untuk menghidrasi kulit agar kelembaban tetap terjaga dan halus.

2. Menghilangkan Bekas Jerawat

Mempunyai kulit berjerawat tentunya akan mengurangi tingkat percaya diri seseorang. Kandungan senyawa yang terdapat pada minyak zaitun mampu membantu menghilangkan bekas jerawat. Caranya cukup mudah. Hanya oleskan minyak zaitun pada area wajah yang berjerawat. Pijat perlahan kulit wajah yang sudah kamu beri olesan minyak zaitun. Diamkan selama lima sampai sepuluh menit agar mendapat hasil yang maksimal. Tetapi ingat, jangan terlalu lama mendiamkannya pada wajah.

3. Menghaluskan Rambut

Selain bagus untuk wajah, minyak zaitun juga menawarkan banyak manfaat untuk rambut. Kandungan antioksidan yang tinggi pada minyak zaitun, seperti vitamin A dan E mampu memperbaiki rambut kering bercabang akibat paparan sinar matahari maupun polusi. 
Selain itu, untuk kamu yang memiliki masalah rambut berketombe minyak zaitun juga bisa kamu manfaatkan. Cukup campur minyak zaitun dengan sari lemon. Kandungan asam yang terdapat pada sari lemon berperan mengikis lapisan ketombe, sedangkan minyak zaitun berfungsi untuk melembabkan lapisan kulit kepala baru di bawahnya.

4. Mengingkatkan Kolesterol Baik

Selain bermanfaat untuk kecantikan, manfaat minyak zaitun juga sudah lama dipercaya untuk menyehatkan tubuh. Salah satunya adalah meningkatkan kandungan kolesterol baik dalam tubuh. Kandungan minyak zaitun extra virgin meningkatkan kadar kolesterol baik yang bisa menjaga kesehatan jantung

5. Mencegah Stroke

Penyakit stroke merupakan salah satu penyebab kematian kedua setelah penyakit jantung. Stroke sendiri terjadi karena adanya penyumbatan aliran darah ke otak. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang terdapat di dalam minyak zaitun bisa menurunkan stroke. Ungkapan ini sudah dibuktikan oleh penelitian, sehingga hal inilah yang membuat kasus stroke jarang ditemui di negara-negara Mediterania.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang terdapat di dalam minyak zaitun menjadikan minyak ini sehat untuk digunakan memasak maupun dressing salad. Minyak zaitun berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan juga mencegah penyakit jantung. 
Hal ini sudah diungkapkan oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa penyakit jantung jarang terjadi di negara-negara Mediterania. Penelitian tersebut sudah didukung oleh penelitian selanjutnya yang juga mengungkapkan bahwa minyak zaitun bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Mengurangi Risiko Diabetes Melitus Tipe Dua

Manfaat minyak zaitun selanjutnya adalah mampu mengurangi risiko diabetes melitus tipe dua. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa minyak zaitun bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah dan sensitivitas kadar insulin. 
Itulah tujuh manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan yang sudah banyak dibuktikan oleh sejumlah penelitian. Dengan adanya berbagai manfaat ini, jangan ragu lagi untuk menggunakan minyak zaitun baik untuk kesehatan maupun kecantikan ya Lemonizen! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami