Ini 7 Manfaat Rumput Laut dan Kandungan Gizinya

Rumput laut masuk ke dalam keluarga ganggang kecil multisel yang mencakup ganggang hijau, ganggang cokelat, serta ganggang merah. Sudah berabad-abad lamanya rumput laut dipercaya menjadi primadona untuk bahan obat-obatan, industri, makanan, maupun kecantikan karena kandungan gizi di dalamnya. Lalu, apa saja manfaat rumput laut beserta kandungan gizi didalamnya? Simak ulasan di bawah ini.

banner consideration shipping bg blue

1. Meningkatkan Fungsi Tiroid

Tiroid merupakan salah satu kelenjar yang terdapat dalam tubuh. Kelenjar tiroid sendiri berfungsi untuk menjaga dan mempertahankan metabolisme tubuh. Kandungan yodium yang terdapat di dalam rumput laut bisa menjadi asupan untuk kelenjar tiroid. Kekurangan yodium atau garam dalam tubuh sendiri bisa menyebabkan hipertiroid. Selain itu, kurangnya tiroid dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti otot melemah, kolesterol tinggi, jantung berdebar-debar, maupun memori yang mudah terganggu.

2. Menstabilkan Gula Darah

Manfaat dari rumput laut selanjutnya adalah untuk menjaga kestabilan gula darah. Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa pola makan dengan serat tinggi yang bisa diperoleh dari buah, sayur, maupun rumput laut ternyata diyakini dapat mengurangi resistensi insulin, menstabilkan gula darah, serta mencegah diabetes tipe dua. Untuk itulah rumput laut sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Rumput laut termasuk ke dalam makanan yang menjadi sumber serat larut air yang baik juga mengandung omega asam lemak dan omega-3 serta antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Sejumlah penelitian telah menyebutkan bahwa kandungan gizi dalam rumput laut mampu menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat (LDL) maupun kolesterol total, serta mencegah terjadinya pembekuan darah.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi rumput laut juga bisa membantu program diet. Kandungan serat dan juga fucoidan, yang merupakan sejenis sulfat polisakarida yang terdapat di dalamnya mampu mencegah pembentukan lemak serta peningkatan pemecahan lemak. Selain itu, rumput laut juga diyakini dapat mengatur hormon leptin, sehingga bisa mengurangi rasa lapar dan membuat tubuh menjadi kenyang lebih lama.

banner consideration promotion bg blue

Selain itu, beberapa jenis rumput laut yang mengandung pigmen fucoxanthin dapat membantu metabolisme tubuh yang akan mengubah lemak menjadi energi. Hal ini diperkuat dengan penelitian dari Food Chemistry yang mengemukakan bahwa alginat atau serat alami yang terdapat pada rumput laut coklat ternyata dapat membantu hingga 75% penyerapan lemak pada usus manusia.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Senyawa antioksidan dan anti-alergi yang terdapat di dalam rumput laut memiliki kemampuan melawan berbagai virus, seperti herpes, HIV, dan lain sebagainya, pendapat ini dilontarkan dari sejumlah penelitian di laboratorium. Rumput laut bekerja dengan menghalangi virus-virus tersebut untuk masuk ke dalam tubuh. Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan efeknya pada manusia.

6. Menurunkan Risiko Terkena Kanker Tertentu

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa manfaat rumput laut yang rutin dikonsumsi ternyata mampu menurunkan risiko kanker payudara. Selain itu, serat larut yang ditemukan di dalamnya juga dipercaya membantu menekan perkembangan kanker usus besar.

7. Meningkatkan Kesehatan Usus

Selain keenam manfaat di atas, ternyata serta yang terdapat di dalam rumput laut juga bisa mencegah sembelit dan memastikan pencernaan berjalan lancar. Kandungan prebiotik yang terdapat di dalamnya juga menguntungkan usus karena dapat mengurangi risiko infeksi bakteri tertentu yang berbahaya.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah manfaat rumput laut dan kandungan gizinya yang sudah tidak diragukan lagi. Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari rumput laut, pastikan mengkonsumsi produk olahan rumput laut yang berkualitas ya. Contohnya adalah produk dari Lemonilo Rumput Laut yang bisa melengkapi nutrisi kesehatan dan tubuhmu. Karena Lemonilo dibuat dari bahan organik dan berkualitas tinggi sehingga aman dikonsumsi oleh tubuh!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami