Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ini 7 Manfaat Sehat dari Saffron Si Rempah Termahal di Dunia

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
09 Mar 2021
Clock Icon
4 menit
Manfaat bunga saffron

Lemonizen, tahukah kamu kalau saffron merupakan salah satu rempah paling mahal di dunia? Saffron dengan seberat 450 gram, harganya bisa mencapai USD 500 hingga USD 5.000.

Meski tergolong mahal, peminat Saffron tidak sedikit karena dipercaya punya banyak manfaat untuk kesehatan. Saffron bisa digunakan untuk meningkatkan suasana hati, meningkatkan daya ingat, dan masih banyak lagi.banner consideration shipping bg blue

Dilansir dari Healthline  berikut adalah 7 manfaat saffron, si rempah termahal di dunia:

 1. Menangkal Radikal Bebas


Saffron memiliki banyak senyawa tanaman yang bekerja sebagai antioksidan, molekul yang melindungi sel dari radikal bebas dan stres oksidatif. Antioksidan yang terdapat dalam saffron di antaranya adalah crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol.

Crocin dan crocetin merupakan pigmen karotenoid yang memiliki sifat antidepresan, melindungi sel otak dari kerusakan, mengurangi nafsu makan, dan menyembuhkan peradangan.

Kemudian, safranal berfungsi untuk meningkatkan suasana hati, daya ingat, dan kemampuan belajar. Sementara kaempferol bekerja untuk mengurangi peradangan, antidepresan, dan mencegah kanker.

2. Memperbaiki Suasana Hati


Dalam tinjauan lima penelitian, suplemen saffron disebut lebih efektif mengobati gejala depresi ringan hingga sedang. Penelitian lain mengatakan, konsumsi 30 mg saffron setiap hari sama efektifnya dengan mengonsumsi pengobatan konvensional untuk depresi.

Meski beberapa temuan ini cukup menjanjikan, masih dibutuhkan penelitian yang melibatkan lebih banyak peserta sebelum saffron direkomendasikan untuk obat depresi.

3. Mengatasi Gejala PMS


Pramenstruasi sindrom (PMS) menjadi hal mengerikan bagi sebagian wanita. Sebelum periode menstruasi dimulai, biasanya wanita mengalami serangkaian gejala fisik, emosional hingga psikologis.

Studi menemukan bahwa saffron mampu mengatasi gejala PMS. Pada wanita berusia 20-45 tahun, mengonsumsi 30 mg saffron setiap hari lebih efektif dibandingkan plasebo.

Studi lain juga menemukan, mencium saffron selama 20 menit sudah mampu mengurangi gejala PMS seperti cemas dan kadar hormon kortisol juga menurun.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan


Menurut penelitian, saffron juga dapat membantu mencegah ngemil berlebihan dengan menekan nafsu makan. Dalam sebuah studi selama delapan minggu, wanita yang mengonsumsi saffron dapat merasa kenyang lebih lama. Meski demikian, para ilmuwan belum yakin betul mengenai kemampuan saffron yang ini. Untuk itu, penelitian lebih lanjut masih terus dilakukan.

banner consideration promotion bg blue

5. Mencegah Gangguan Sistem Saraf


Antioksidan dalam saffron dapat berperan melindungi tubuh dari gangguan yang memengaruhi sistem saraf. Sebuah studi di jurnal Antioxidants mengatakan bahwa saffron secara teori dapat membantu gejala Alzheimer karena sifatnya yang meningkatkan memori dan efek antioksidan dan anti-inflamasi.

Orang dengan Alzheimer ringan hingga sedang dan mengonsumsi saffron selama 22 minggu akan mengalami peningkatan kognitif yang sebanding dengan orang yang menggunakan obat donepezil.

6. Meningkatkan Gairah Seks

Saffron juga dapat meningkatkan gairah seks dan fungsi seksual pada pria dan wanita. Berdasarkan temuan peneliti, saffron memiliki efek positif untuk disfungsi ereksi dan gairah seksual secara keseluruhan.

Sebuah studi mengamati efek pada wanita yang dilaporkan mengalami disfungsi seksual karena mengobati antidepresan fluoxetine. Wanita yang mengonsumsi saffron sebanyak 30 mg setiap hari selama 4 minggu mengalami peningkatan hasrat seksual dan lubrikasi vagina dibandingkan mengonsumsi plasebo.

7. Memiliki Sifat Anti Kanker

Saffron kaya akan antioksidan yang mampu menetralkan radikal bebas dalam tubuh. Kerusakan akibat radikal bebas ini dikaitkan dengan penyakit kronis, salah satunya kanker. Dalam studi tabung reaksi, senyawa dalam saffron telah terbukti mampu membunuh sel kanker usus besar secara selektif dan menekan pertumbuhannya.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Efek ini juga berlaku untuk kulit, sumsum tulang, prostat, paru-paru, payudara, leher rahim, dan beberapa sel kanker lain. Itu tadi tujuh manfaat saffron bagi kesehatan tubuh. Selain bisa diolah dengan makanan, saffron juga bisa disajikan sebagai minuman lho. Yuk, jangan ragu untuk konsumsi saffron.


Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.