Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Ini 7 Penyebab Cantengan Pada Kaki yang Perlu Kamu Waspadai

Rizki Indra
Rizki Indra
08 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
 Banyak penyebab cantengan yang penting diketahui sejak dini.

Pernah merasakan nyeri pada ujung atau pinggir kuku dan bahkan sampai membengkak dan bernanah? Bisa jadi kamu sedang mengalami cantengan. Istilah medisnya dikenal dengan Paronychia. Penyebab cantengan bisa saja dari kebiasaan yang tidak disadari.


Cantengan termasuk infeksi jaringan lunak pada kulit dan sekitar kuku jari. Sehingga akan terasa nyeri pada kuku dan kadang pada kondisi yang lebih berat bisa terjadi pembengkakkan dan juga bernanah. Selain rasa sakit, cantengan juga akan menurunkan penampilan kuku kamu.


Oleh sebab itu, untuk menghindari cantengan kamu harus mengetahui apa saja penyebab cantengan. Sehingga kamu bisa waspada mulai dari sekarang. Inilah beberapa hal yang bisa menyebabkan cantengan:

1. Jamur


Adanya jamur bisa menyebabkan kuku kamu menjadi tidak sehat sehingga penampilannya menjadi tidak menarik lagi. Jamur tidak hanya menyerang bagian kulit tetapi juga kuku karena ia mudah tumbuh pada kuku manusia.

2. Bakteri


Bakteri dan jamur termasuk penyebab utama munculnya cantengan. Bakteri tersebut akan menyerang bagian kuku yang akan mengakibatkan terjadinya pembengkakkan, bernanah, berdarah, dan rasa sakit yang hebat. Bakteri juga bisa kamu temukan pada masalah kulit seperti bisul, jerawat, dan lainnya.

3. Genetik


Kelainan genetik juga bisa menjadi pemicu cantengan. Kelainan ini akan membuat bentuk kuku melengkung ke dalam sejak lahir dan membuat kuku kamu menjadi cantengan. Meskipun kamu telah merawat kuku dengan benar, cantengan bisa saja terjadi. Hal ini karena kamu mempunyai riwayat genetik tersebut sehingga sulit untuk dihindari.

4. Luka


Luka bisa menjadi penyebab cantengan karena memicu tumbuhnya bakteri pada kuku. Jika bakteri tersebut sudah mulai tumbuh dan berkembang, tentunya akan banyak penyakit yang timbul. Kondisi yang dimaksud seperti kuku bernanah dan berabses.

5. Iritasi


Apakah kamu sering menggunakan lem kuku ataupun produk deterjen? Baik produk deterjen ataupun lem kuku bisa menimbulkan iritasi pada kulit dan kuku orang yang alergi.


Oleh karena itu, orang dengan alergi tersebut harus cerdas memilih produk bahan kimia yang cocok. Gatal-gatal merupakan tanda alergi yang paling sering ditemui. Jika kamu sudah merasakan ini sebaiknya hentikan pemakaian produk tersebut.

6. Menggunakan Kaos Kaki Kotor


Mengganti kaos kaki sangat diwajibkan sekali sehari supaya terhindar dari segala penyakit infeksi kuku. Selain itu, bau kaki juga akan hilang secara alami tanpa menggunakan produk apapun.


Kaos kaki yang dipakai kembali pada hari berikutnya bisa menjadi tempat pertumbuhan untuk bakteri sehingga lama-kelamaan menimbulkan cantengan. Bakteri adalah salah satu penyebab utama yang harus kamu hilangkan. Oleh karena itu, rutinlah mengganti kaos kaki.

7. Tidak Memotong Sisi Kuku


Sisi kuku panjang sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal inilah yang menjadi penyebab cantengan. Sebab sisi kuku panjang lebih rentan terkena benturan maupun cedera dan akan berujung pada luka. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa luka akan memicu perkembangan bakteri pada kuku, kamu pun akan mengalami cantengan.


Demikianlah 7 penyebab cantengan yang wajib kamu ketahui, agar bisa menghindari kebiasaan yang tidak baik tersebut sejak dini. Khusus untuk penderita dengan faktor resiko seperti obesitas, gangguan sistem imun, dan diabetes harus memiliki perlindungan yang lebih.


Tak hanya itu penyebab cantengan harus sangat diperhatikan karena risiko mengalami cantengan pada penderita tersebut lebih tinggi. Jika kondisi cantengan makin parah dan sampai muncul tanda-tanda seperti bernanah, berdarah, dan juga peradangan, sebaiknya segera menghubungi dokter agar diberikan penanganan lebih lanjut.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.