Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Ini 8 Cara Melakukan Self Care dari Psikolog

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
05 Nov 2020
Clock Icon
4 menit
cara self care
Melakukan self care tidak selalu harus berupa me time atau membaca berbagai buku. Self care lebih dari sekedar menyalakan lilin beraroma. Self care bersifat dinamis, sesuatu yang memenuhi berbagai kebutuhan kita baik dari aspek tubuh, pikiran, maupun jiwa. 
banner consideration shipping bg blue

Ada 8 jenis self care yang bisa kamu lakukan sebagai wujud nyata mencintai diri sendiri. Ketika kamu memperluas pandanganmu mengenai self care, kamu menjadi lebih mudah menemukan makna dari segala hal yang kamu lakukan sehari-hari. 

1. Physical Self Care

Pastikan kamu merawat kebersihan tubuh dengan mandi dan sikat gigi setidaknya 2 kali sehari, keramas, minum cukup air, makan makanan yang sehat, olahraga teratur, dan memiliki waktu istirahat yang cukup. Ketika kita merasa nyaman dengan diri kita sendiri, mood kita pun akan menjadi lebih baik. 

2. Intellectual Self Care

Kapan terakhir kali kamu mempelajari sesuatu secara mendalam yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan? Mengulik cara membuat roti yang lembut dan enak, mempelajari berbagai jenis tanaman hias dan cara merawatnya, mulai mencoba melukis, dan lain sebagainya. 

Intellectual self care juga dapat berupa membaca buku, mendengarkan podcast, melihat tayangan dokumenter, mengikuti kelas online atau webinar, mengisi TTS, dan lain sebagainya. Ini membuat diri kita merasa tetap tumbuh meskipun di tengah situasi yang sulit. 

3. Professional Self Care

WFH semasa pandemi kadang membuat kita harus berjibaku dengan pekerjaan di luar jam kerja. Kita perlu menetapkan batasan yang jelas agar kehidupan pekerjaan kita tidak mengganggu kehidupan pribadi. Belajar mengidentifikasi batasan dan mengkomunikasikannya kepada rekan kerja adalah kuncinya. 

Bekerja secara efektif dan efisien juga termasuk bentuk professional self care. Kenali ritme kerja ritme kerja, buat “to do list” beserta skala prioritas, dan juga bersikap asertif dapat membantu kamu dalam menciptakan keseimbangan antara dunia kerja dan kehidupan pribadi. 

4. Financial Self Care

Kekhawatiran finansial dapat mempengaruhi kondisi emosional. Kita dapat stres, cemas, dan bahkan depresi. Hal kecil yang dapat kamu lakukan adalah mencatat seluruh pengeluaran sekecil apapun. Kamu akan lihat ke mana larinya semua dana selama ini. 

Tidak memiliki uang, terdampak PHK, terlilit hutang merupakan kondisi yang stressful. Melakukan self care tidak serta merta membuat nominal di akun bank-mu bertambah, namun kamu dapat memiliki pendekatan dan sudut pandang yang berbeda terhadap keuangan.

5. Spiritual Self Care

Pernahkan kamu merasa sangat damai dan tenang ketika berkomunikasi dengan Sang Maha Segala, melakukan meditasi, yoga, membantu sesama, atau bahkan beraktivitas di alam bebas? 
banner consideration promotion bg blue

Spiritual self care tidak terbatas pada aktivitas ibadah. Dapat dilakukan oleh siapa saja, apapun agama dan kepercayaannya. Temukan berbagai bentuk aktivitas yang membuat kamu merasa damai dan tenang.

6. Social Self Care

Interaksi sosial dapat membuatmu merasa nyaman, dibutuhkan, diperhatikan, disayang, namun bisa juga membuat emosimu terkuras. Menciptakan batasan yang sehat merupakan hal penting dalam self care. Tanpa adanya batasan yang jelas, sulit bagi kita merawat diri sendiri. 

7. Environmental Self Care

Environmental self care adalah bagaimana kamu menjaga dan merawat lingkungan di sekitar. Lingkungan yang bersih dan memenuhi standar sanitasi yang baik adalah keharusan. Kamu juga dapat mempercantik rumah atau tempat bekerja dengan menata perabotan, menaruh lukisan atau photo, atau mempercantiknya dengan berbagai tanaman. 

8. Emotional Self Care

Menjaga kesehatan emosi erat kaitannya dengan menjaga kesehatan mental. Kamu dapat membuat jurnal mengenai apa saja yang kamu rasakan atau apa saja yang kamu syukuri di hari itu. Lakukan berbagai hal yang membuat diri nyaman dan semakin utuh. 
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Semakin banyak kita mengenal berbagai jenis self care dan mempraktekannya, semakin banyak manfaat yang kita dapatkan. Don’t forget to do your self care ya, Lemonizen!

Artikel ini ditulis oleh Adisti F. Soegoto, M.Psi, psikolog anak dan seorang BFRP (Bach Foundation Registered Practitioner).
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.