Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Ini 8 Cara Membangunkan Bayi yang Lebih Efektif

Rizki Indra
Rizki Indra
26 May 2021
Clock Icon
3 menit
Cara Membangunkan Bayi

Terkadang ketika bayi tidur terlalu lama maka ibu harus membangunkannya untuk menyusu. Sebaiknya lakukan dengan cara membangunkan bayi yang benar agar si kecil tidak kaget dan menjadi rewel. 


Bayi memang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur terutama dalam beberapa minggu kehidupannya setelah dilahirkan. Meskipun begitu, sebaiknya memang durasi tidur bayi tidak membuat waktu minum ASI (Air Susu Ibu) jadi terlewati. 

banner consideration shipping bg blue


Padahal bayi masih sangat membutuhkan nutrisi yang berasal dari ibunya. Oleh sebab itu ketika bayi tidur terlalu lama hingga melewati jam menyusu sebaiknya bangunkan si kecil dengan hati-hati. Bayi yang terlalu lama tidur bisa terganggu pertumbuhannya karena kekurangan nutrisi akibat tidak menyusu.

Cara untuk Membangunkan Bayi

cara membangunkan bayi

Kamu yang masih berstatus sebagai ibu baru dan belum memiliki pengalaman wajar kalau merasa bingung ketika waktunya menyusu namun si kecil belum bangun. Apa yang harus dilakukan? Bangunkan bayi dengan cara yang tepat yaitu seperti berikut ini.

1. Bangunkan pada Waktu yang Tepat

Membangunkan bayi pada waktu yang tepat biasanya akan lebih efektif dan berhasil. Bagaimanakah cara untuk mengetahui waktu yang tepat untuk membangunkan bayi?


Waktu yang tepat tersebut yaitu ketika bayi memasuki fase tidur aktif yang ditandai dengan gerakan tangan atau kakinya. Selain itu bayi juga memperlihatkan ekspresi di dalam tidurnya seperti tersenyum sendiri misalnya.

2. Bukalah Selimut Bayi

Cara lain untuk membangunkan bayi yaitu bukalah selimut yang menutupi tubuhnya. Biasanya dengan membuka selimut bayi akan terbangun dengan sendirinya.

3. Menyentuh dengan Lembut

Memberikan sentuhan lembut pada tubuh bayi dipercaya cukup efektif untuk membangunkan si kecil dari tidurnya tanpa membuat kaget dan rewel. Kamu bisa menyentuh bayi pada tangan, punggung ataupun kaki dengan perlahan dan lembut.

4. Mengganti Popoknya

Bagaimana kalau beberapa cara di atas masih belum berhasil untuk membuat si kecil terbangun? Ganti saja popok si kecil meskipun bayi tidak ngompol. Gerakan yang dilakukan ibu saat mengganti popok bisa membuat bayi terbangun.

5. Gunakan Teknik Mata Boneka

Apakah yang dimaksud dengan teknik mata boneka itu? Boneka pada umumnya akan terbuka matanya ketika dipegang dengan posisi tegak. Nah, cara yang sama seperti itu bisa digunakan juga untuk membuat mata bayi terbuka.

banner consideration promotion bg blue


Angkat si kecil, sanggah pada bagian punggungnya lalu naikkan posisinya secara perlahan hingga tegak. Kemudian tepuk-tepuk pada bagian punggungnya dengan perlahan-lahan hingga mata bayi terbuka.

6. Berikan Belaian

Masih belum berhasil membangunkan si kecil? Jangan menyerah, belai tubuh si kecil untuk membangunkannya. Caranya, berikan usapan pada telapak kaki dan tangan si bayi lalu pijat kaki dan punggungnya. Bisa juga memberikan belaian pada bayi dengan gerakan aerobik yaitu dengan menggerakkan lengan dan kakinya seperti sedang menggenjot sepeda.

7. Redupkan Cahaya Lampu

Cara lainnya yaitu dengan meredupkan cahaya di dalam ruangan tidur bayi tapi jangan sampai menjadi gelap. Sisakan sedikit cahaya agar bayi terbangun. Cahaya di dalam ruangan yang terlalu terang ataupun sebaliknya terlalu gelap justru membuat si kecil semakin terlelap.

8. Lakukan Komunikasi

Jika si kecil belum bangun juga tidak ada salahnya ibu mengajak bicara atau menyanyikan lagu dengan suara yang cukup keras. Ini adalah bentuk komunikasi yang dilakukan ibu untuk menstimulasi agar bayi membuka matanya.


banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Meskipun bayi harus menyusu namun masih tertidur lelap bangunkan dengan cara yang tepat. Tips dan cara membangunkan bayi yang tepat ini harus Lemomoms perhatikan agar dapat membantu si kecil tetap merasa nyaman sehingga tidak rewel.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.