Ini 8 Fungsi Microwave yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Selama ini, fungsi microwave selalu identik hanya untuk menghangatkan makanan. Padahal alat masak yang satu ini memiliki sederet fungsi lain yang jarang diketahui bahkan dapat memudahkan proses memasak lebih dari sekedar menghangatkan makanan. Apa saja fungsinya? Yuk simak ulasan berikut.

1. Mengukus

Microwave memiliki fungsi yang bisa mengukus berbagai bahan makanan dengan bantuan uap air. Microwave jenis ini ada yang berbentuk tangki, atau berbentuk wadah persegi. Wadah berbentuk tangki biasanya dapat mengukus dengan lebih cepat dari wadah persegi. Sedangkan microwave yang wadah persegi, sistem pengukusnya berada pada bagian bawah dan terdapat wadah yang diisi air, lalu di atasnya terdapat sekat untuk meletakkan masakan. Saat microwave dipanaskan, uap air yang terbentuk akan dipakai untuk mengukus bahan makanan yang berada di wadah tersebut.

banner consideration shipping bg blue

2. Mengukus dengan Suhu Tinggi

Microwave bisa dipakai untuk mengukus dengan suhu mencapai lebih dari 100 derajat celcius. Mengukus dengan uap bersuhu di atas 100 derajat celcius ini bisa membuat lemak hilang dari makanan sehingga makanan akan lebih sehat.

3. Mengembalikan Tekstur Renyah

Fungsi dari microwave yang satu ini pasti sudah kamu pahami betul. Microwave akan mudah mengembalikan tekstur renyah makanan yang sudah alot, misalnya seperti keripik, sereal, dan kulit ayam dari restoran cepat saji semalam. Silakan menunggu 30 detik sampai makananmu kembali renyah. 

4. Melelehkan Makanan

Jika saat ini kamu sedang ingin makan roti dengan selai coklat yang sudah lama tidak disentuh, tapi  selaimu malah sudah mengeras. Jangan khawatir, kamu bisa memanfaatkan fungsi dari microwave yang ada di dapur rumahmu untuk melelehkan selai coklat dengan mudah.

banner consideration promotion bg blue

5. Menggoreng Tanpa Minyak

Microwave memiliki fungsi yang dapat dipakai untuk menggoreng makanan tanpa menggunakan minyak. Cara kerjanya adalah dengan mengaliri masakan menggunakan uap panas di dalam microwave, ataupun dengan membungkus masakkan menggunakan peroxide steam tanpa minyak.

6. Memasak Masakan Sekaligus

Fungsi microwave selanjutnya ini bisa mengalirkan panas secara merata ke ruangan microwave, sehingga bisa untuk memasak dua masakan sekaligus. Biasanya, wadah dalam Microwave dibuat berderet ataupun bertingkat atas dan bawah sehingga bisa memasak makanan sekaligus. Fungsi ini akan membantu memudahkan kamu di pagi hari saat harus memasak makanan dengan cepat.
Selain itu, jenis microwave ini biasanya juga dapat digunakan untuk memanggang daging. Pada produk yang memang ada fungsi untuk memanggang daging, akan ada tambahan alas berjeruji yang biasa digunakan untuk memanggang. Baik itu untuk memanggang ikan, ayam, dan daging. Namun, daging yang akan dipanggang tidak boleh terlalu besar dan banyak yang akan menyebabkan kematangan yang tidak merata.

7. Berfungsi untuk Membuat Makanan Fermentasi 

Microwave memiliki fungsi untuk membuat roti ataupun cake sehingga dapat membuat ragi roti bekerja lebih baik yang dapat mengembang dengan lebih bagus. Fungsi untuk membuat makanan fermentasi ini terdapat pada jenis convection microwave. Makanan dapat dimasak menggunakan suhu panas dan gelombang mikro.Makanan yang dimasak menggunakan Convection Microwave akan jadi cepat matang dan permukaannya memiliki warna kecoklatan. 

8. Memasak Otomatis

Fungsi Microwave satu ini bisa menolong kamu memasak makanan karena dapat mengatur suhu dan waktu pemanasan secara otomatis setelah bahan dimasukkan. Semakin mahal harga microwave yang kamu beli, menu yang bisa dimasak juga semakin bervariasi.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Demikian fungsi microwave yang jarang diketahui banyak orang. Dengan mengetahui berbagai fungsi dari microwave ini, kamu bisa semakin memanfaatkan microwave untuk berbagai kebutuhan memasak kamu. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami