Ini Alasan Merebus Telur Tidak Boleh Terlalu Lama

16 Jan 2020 @ 17:12:20
Mana suaranya Lemonizen yang suka makan telur rebus? Ada kabar buruk nih buat kamu, ternyata durasi saat merebus telur nggak boleh sembarangan alias jangan sampe kelamaan lho. Buat kamu yang biasanya membiarkan telur mendidih sangat lama di dapur, kamu harus baca penjelasan penting berikut karena ternyata merebus terus terlalu lama ada dampak buruknya bagi tubuh saat dikonsumsi.

Meski sekilas tidak punya perbedaan signifikan dengan telur matang lainnya, tetapi jika diperhatikan dengan baik, telur yang direbus terlalu matang memiliki lapisan hijau atau abu-abu di luar kuning telur. Nah, bagian inilah yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi.

Menurut penelitian, merebus telur hingga terlalu matang bisa meningkatkan risiko terpapar bakteri listeria yang dapat mengganggu pencernaan. Bakteri listeria adalah sejenis bakteri yang perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan infeksi listeria atau listeriosis. Infeksi ini dapat menyerang orang dengan daya tahan tubuh lemah seperti ibu hamil, bayi, lansia hingga pasien kanker. 

Umumnya infeksi ini muncul akibat mengonsumsi makanan yang mudah atau sudah terkontaminasi bakteri misalnya keju lunak, daging mentah dan susu. Pasien yang terkena infeksi listeria dapat ditandai dengan sakit kepala, demam, diare, nyeri otot dan lemas. 

Lalu Bagaimana Cara Merebus Telur yang Benar?

Jika merebus telur terlalu matang dapat berbahaya bagi kesehatan, lalu bagaimana cara merebus telur yang aman? Pertama, pastikan yang kamu rebus adalah telur segar. Kamu bisa menguji telur lebih dulu dengan cara menenggelamkannya di dalam wadah berisi air. Telur yang tenggelam pertanda masih segar, sedangkan jika mengapung berarti telur sudah kurang baik. 

Untuk mulai merebus, isi panci dengan takaran air kira-kira 3 cm di atas telur. Taburkan sejumput garam untuk membantu putih telur mengeras lebih cepat, lalu letakkan panci berisi telur di atas api sedang hingga mendidih. 

Bagi penyuka telur setengah matang, sebaiknya rebus telur selama 5-7 menit. Kuning telur akan setengah lembut di bagian tengah namun bagian putih telur sudah mengeras. Sedangkan jika kamu suka telur yang matang sempurna, rebus telur selama 7-10 menit. Perebusan ini akan menghasilkan seluruh bagian putih dan kuning telur mengeras dengan baik.  

Setelah direbus sesuai waktu yang kamu inginkan, segera angkat telur, tiriskan, lalu siram air dingin untuk menghentikan proses pemasakan. Tunggu sebentar sampai telur mudah dikupas, lalu kupas telur dan sajikan sesuai selera.

Artikel Terkait

Ngobrolin Isu Kesehatan Mental Bersama Kunto Aji, Si Lemonilo Crush Januari!
Kunto Aji sebagai Lemonilo Crush Januari bercerita banyak tentang isu kesehatan mental dan kisah dibalik layar album Man..
Shella Rafiqah Ully
20 Januari 2020
5 Ide Permainan Kreatif untuk Anak, Moms Bisa Bikin Sendiri di Rumah Lho!
Nggak perlu pusing tiap si kecil minta mainan baru, sekarang Lemomoms bisa bikin sendiri dengan gampang!..
Shella Rafiqah Ully
15 Januari 2020
6 Cara Paling Cepat Bersihkan Rumah Setelah Banjir
Bingung mulai dari mana membersihkan rumah setelah banjir? Simak ulasan berikut..
Shella Rafiqah Ully
06 Januari 2020