Ini Bahayanya Jika Menggunakan Produk Yang Mengandung Mineral Oil

22 Mei 2018 @ 18:43:49
Apakan Lemonizen pernah mendengar mengenai Mineral Oil?

Jika Lemonizen hobi merawat dan mempercantik diri dan sering mengikuti saran dari beauty blogger, pasti pernah mendengar anjuran untuk tidak menggunakan mineral oil sebagai produk kecantikan dan perawatanmu. Mineral Oil sering disebut juga sebagai “Baby Oil” karena kebanyakan Baby Oil terbuat dari Mineral Oil yang dicampur dengan fragrance atau zat pewangi. Sebenarnya, apakah Mineral Oil berbahaya? 

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu memahami apa sebenarnya mineral oil itu. Mineral oil merupakan sebuah varian produk pelembab kulit yang termasuk dalam kategori Hydrocarbons. Hydrocarbons merupakan produk turunan dari petrochemical (bahan bakar fosil) yang dikenal juga sebagai minyak paraffin. Hydrocarbons terdiri dari carbon dan hydrogen yang memberi efek melembabkan dan melembutkan kulit namun memiliki potensi berbahaya bagi kulit. 

Ternyata, pelembab kulit yang mengandung Hydrocarbons dapat merusak kulit, mengurangi kadar air, dan menutup pori-pori. Hal ini membuat proses pengeluaran racun dari kulit akan berkurang dan tidak maksimal karena pori-pori tertutup lapisan mineral oil. Hasilnya, Lemonizen bisa lebih mudah jatuh sakit karena racun di dalam tubuh tidak terbuang dengan sempurna. Selain itu, akibat dari kandungan Mineral Oil dalam kosmetik, kulit akan lebih mudah berjerawat dan mudah iritasi.

Tidak jauh berbeda dengan Mineral Oil, Baby Oil juga tidak disarankan untuk digunakan pada bayi. Dengan kualitas kulit bayi yang masih sensitif, resiko iritasi bisa saja terjadi ketika Lemonizen membalurkan baby oil ke kulit bayi. Selain itu, kandungan baby oil yang terlalu keras dapat merusak tatanan kulit bayi sehingga kulit bayi bisa mengelupas dan kurang lentur. Apakah iya, Lemonizen akan membalurkan minyak yang merupakan produk turunan dari bahan bakar fosil ke kulit bayi?

Karena potensi berbahaya inilah produk kulit dan kecantikan yang mengandung Mineral Oil dilarang di Lemonilo. Ya benar, saat ada suatu produsen yang mendaftarkan produknya untuk masuk di Lemonilo, maka tim Lemonilo secara hati-hati membaca label bahan pembuatan dan memastikannya bebas dari Mineral Oil dan lebih dari 100 bahan berbahaya lainnya.

Karenanya, jangan khawatir, setiap produk yang ada di Lemonilo dijamin aman. Namun, Lemonizen perlu lebih jeli dalam memilih pelembab kulit bagimu atau si kecil jika melakukan pembelian di luar Lemonilo.com karena tidak semua jenis pelembab bisa digunakan secara menyeluruh. 

Lemonizen perlu melihat kandungan di dalamnya. Jika terdapat Mineral Oil di dalamnya, pikir dua kali yah sebelum membeli. Sebagai alternatif, Lemonizen bisa menggunakan beragam essential oil seperti almond oil, jojoba oil, ataupun virgin coconut oil. Tak hanya wangi dan alami, kandungan dan manfaat beragam essential oil ini punya manfaat untuk kulit sehatmu dan si kecil. 

Sumber: 
  • https://www.everydayhealth.com/drugs/mineral-oil
  • https://www.bewell.com/blog/3-key-reasons-to-avoid-mineral-oil/
  • https://www.webmd.com/drugs/2/drug-32605/mineral-oil-topical/details

Artikel Terkait

Chacha Frederica: Sukses itu Ketika Kita Bisa Bermanfaat Bagi Sesama
Untuk mewujudkan sebuah misi yang diemban, Lemonilo terus berusaha berkembang mengikuti perkembangan zaman dan keinginan..
OT Handoko
07 Juni 2018
Telat Haid, Apakah Tanda Kamu Hamil?
Haid atau menstruasi merupakan hal yang wajar terjadi pada remaja dan wanita dewasa. Pada waktu haid, dinding rahim melu..
OT Handoko
06 Juni 2018
Hati-hati Jika Menemukan Zat Ini di Dalam Pasta Gigimu
Ketika membeli sebuah produk perawatan mulut dan gusi seperti pasta gigi, pernahkah Lemonizen membaca bahan yang terkand..
OT Handoko
23 Mei 2018