Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Jangan Panik, Ini Cara Menghadapi Ulasan Negatif dari Pelanggan

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
19 Mar 2021
Clock Icon
4 menit
ulasan negatif dari pelanggan

Bisnis memang tak selalu berjalan lancar. Terkadang ada kendala yang harus kamu hadapi, salah satunya komplain dari pelanggan. Belum lagi jika pelanggan yang kecewa tersebut memberikan ulasan negatif. Kamu mungkin akan panik karena bisa memengaruhi calon pembeli yang lain.

banner consideration shipping bg blue


Namun sebelum semakin panik, kamu harus menyadari bahwa kadangkala ulasan negatif juga berguna untuk perkembangan bisnis yang kamu jalankan. Agar tetap bermanfaat, berikut hal yang bisa kamu lakukan saat menerima ulasan negatif dari pelanggan.


1. Dengarkan baik-baik keluhan dari pelanggan

Sebagai pemilik bisnis yang sedang mendapat komplain, hal pertama yang harus kamu lakukan saat hal itu terjadi adalah mendengarkan keluhan dari pelanggan dengan baik. Hal ini bertujuan agar kamu benar-benar mengerti duduk permasalahan yang menyebabkan customer sampai harus melayangkan protes.


Usahakan untuk mendengarkan keluhan pelanggan secara menyeluruh dan jangan memotong saat mereka sedang menyampaikan keluhannya. Meski mungkin kadang terasa tidak adil, namun pembeli adalah raja yang memang berhak untuk diberikan pelayanan terbaik. Termasuk ketika ada komplain yang mereka sampaikan.


2. Cari akar masalah dari ulasan negatif yang diberikan

Setelah mendengarkan komplain yang masuk dengan baik, sebagai pemilik bisnis kamu harus bisa segera untuk mencari akar masalahnya. Ketimbang membesar-besarkan persoalan lain yang tidak penting, lebih baik segera mencari akar permasalahan agar kekecewaan yang dirasakan customer bisa segera teratasi.


Menemukan akar masalah juga bisa dijadikan bekal ke depan saat kamu menghadapi situasi yang sama. Selain itu, tahu akar masalah yang terjadi juga bisa membuat kamu mengambil keputusan soal respon seperti apa yang bisa kamu berikan.


3. Berikan respon dengan bijak

Respon yang kamu berikan kepada pelanggan menjadi salah satu kunci apakah bisnis yang kamu jalankan benar-benar kredibel atau tidak. Kamu mungkin akan merasa tidak nyaman jika mendapat ulasan negatif dari pelanggan yang kecewa. Tapi respon yang kamu berikan haruslah tetap bijak.


Jangan sampai melibatkan emosi saat memberikan respon kepada pelanggan yang kecewa. Sebagai pemilik bisnis, kamu tetap harus berkepala dingin. Saat memberikan respon pastikan kamu meyakinkan kepada pelanggan bahwa kamu akan bertanggungjawab atas kesalahan yang terjadi. 

banner consideration promotion bg blue


Seperti misalnya mengganti barang yang rusak tanpa penambahan biaya, memberikan kompensasi kepada pelanggan, dan banyak cara lain untuk mengembalikan kembali kepercayaan pelanggan kepada bisnis yang kamu jalankan.


4. Jadikan ulasan negatif sebagai bahan introspeksi

Mendapatkan ulasan negatif bisa membuatmu merasa terpuruk. Hal ini tentu wajar dirasakan, apalagi bagi kamu yang baru saja membangun bisnis. Namun, kamu harus juga menyadari bahwa menjalankan bisnis tak selalu berjalan mulus. Ada halangan yang harus kamu hadapi agar bisa menempamu menjadi pebisnis yang tahan banting.


Segala ulasan negatif yang pernah kamu terima, jadikan sebagai interospeksi. Agar ke depannya bisnis yang kamu jalankan tidak melakukan kesalahan yang sama.


5. Terus tingkatkan pelayanan agar semakin banyak yang memberi review positif

Pegiat bisnis online di zaman sekarang, review dari pelanggan menjadi faktor yang sangat penting. Sebab dari sudut pandang pelanggan, akan memilih toko yang memiliki banyak review positif. Saat tokomu mendapatkan review negatif, maka tidak heran akan muncul kekhawatiran calon pelanggan tidak percaya dengan pelayanan yang kamu berikan.


Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa terus menjalin hubungan baik dengan para pelanggan setia agar mereka selalu memberikan review positif dan melakukan repeat order. Sementara review negatif harus dijadikan pembelajaran agar jangan sampai terulang.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Jangan langsung merasa down saat bisnismu mendapat komplain dari pelanggan. Sebaliknya kamu harus bersyukur, tandanya kamu diberi kesempatan untuk terus memperbaiki pelayanan agar bisa memberikan yang terbaik bagi para pelanggan.


Apakah kamu pernah punya pengalaman mendapatkan ulasan negatif dari pelanggan? Apa langkah pertama yang kamu lakukan? Share di kolom komentar, ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.