Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Ini Contoh Emosi Positif dan Negatif di dalam Diri Kita

Rizki Indra
Rizki Indra
16 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Contoh emosi positig dan negatif penting diketahui sejak dini.

Contoh emosi positif dan negatif ini kemungkinan bisa menjadi gambaran diri selama ini. Setiap manusia memiliki hati dan sebuah hati kerap memunculkan berbagai emosi. Adanya emosi tersebut menunjukkan reaksi diri terhadap apa yang terjadi.


Emosi sendiri muncul secara refleks tanpa disadari. Adanya emosi positif akan berdampak baik, begitu pula sebaliknya. Maka dari itu, kenali macam-macam emosi yang ada pada diri setiap orang. Baik itu bersifat positif atau negatif. Emosi negatif pun tidak selamanya buruk asalkan bisa mengarahkannya ke hal positif.

Contoh Emosi Positif di dalam Diri


Emosi positif dapat membuat seseorang menjalani kehidupannya dengan damai. Meskipun terkadang emosi muncul secara tiba-tiba, tetapi bisa juga kamu latih. Inilah beberapa contoh emosi positif yang ada di dalam diri:

1. Bersyukur

Seseorang yang selalu memiliki rasa syukur, tentu kehidupannya akan lebih baik. Sebab, apapun keadaannya tetap bersyukur dan mengambil hikmah baik yang ada di dalamnya.

2. Senang

Perasaan senang atau gembira biasanya muncul ketika mendapatkan suatu kabar baik. Emosi ini digambarkan oleh senyuman atau tawa. Jika sudah dalam emosi tersebut, maka melakukan hal apapun menjadi lebih bagus.

3. Tenang

Emosi ini melatih diri untuk selalu berkepala dingin. Apapun masalah yang sedang terjadi, usahakan tetap mengendalikan diri dan bersikap tenang. Dengan begitu, jalan keluar masalah akan mudah didapatkan.

4. Bangga

Emosi ini akan muncul ketika diri sendiri berhasil mencapai sesuai. Baik dalam hal rumah tangga, pekerjaan, dan lainnya. Setelah proses sulit dan berjuang keras, tentu akan merasa bangga terhadap diri sendiri karena telah berhasil.

5. Berharap

Sebuah harapan yang diimpikan seseorang termasuk emosi positif. Dengan emosi tersebut, maka akan melangkahkan diri untuk mencari cara agar bisa menggapainya. Tentunya jika harapannya terarah ke hal-hal positif, seperti berharap cita-cita bisa tercapai, dan lainnya.

Contoh Emosi Negatif di dalam Diri


Jika emosi positif dapat membuat hidup lebih baik, maka emosi negatif akan berdampak sebaliknya. Apalagi jika sampai berlebihan dan sulit mengendalikan diri, maka penyesalan akhirnya yang tersisa. Inilah beberapa contoh emosi yang bersifat negatif:

1. Sedih

Emosi ini lawan dari perasaan senang. Biasanya muncul ketika seseorang mendengar kabar buruk atau ada kejadian yang membuat terpukul. Sebaiknya jangan biarkan ini menetap terus-menerus.

Hal itu karena dapat membuat kesehatan tubuh terganggu. Selain itu, sedih berkepanjangan bisa menurunkan produksi hormon endorfin. Hormon itu sendiri berfungsi sebagai pemicu rasa senang.

2. Kecewa

Emosi ini muncul ketika seseorang mendapatkan suatu kegagalan. Ketika diri sulit menerima kenyataan, sehingga berpikir positif pun menjadi sulit. Oleh karena itu, datang rasa kecewa dan pikiran negatif lainnya.


Kecewa yang berlebihan akan membuat seseorang melakukan tindakan tidak terpuji. Sebaiknya, jangan berdiam sendiri ketika hadir emosi ini. Datanglah ke seorang teman atau sahabat untuk membantu meredakannya.

3. Perasaan Tidak Stabil

Seseorang yang memiliki mood swing atau suasana hati yang sering berubah-ubah, biasanya sering mengalami hal ini. Tiba-tiba saja merasakan sedih atau senang tanpa sebab. Bisa juga perasaan mudah berubah hanya karena hal-hal kecil.


Coba dengan melatih pikiran untuk selalu berpikir rasional. Sebab, jika perasaan selalu tidak stabil, maka akan mengganggu kegiatan sehari-hari. Dalam melakukan pekerjaan juga tidak bisa fokus.

Selain itu, perasaan marah, dendam, iri, menyesal, putus asa, dan benci juga termasuk emosi negatif. Meskipun terkadang sulit untuk menghindari emosi tersebut. namun, sekiranya usahakan untuk tidak bertindak hal-hal buruk.


Itulah beberapa contoh emosi positif dan negatif di dalam diri. Sadar atau tidak, dalam keseharian emosi tersebut kerap muncul. Mengusahan diri untuk selalu menampilkan emosi positif itu lebih baik. Jika emosi negatif yang muncul, maka segera berusaha untuk meredamnya agar tidak menjadi hal yang bisa kamu sesali nantinya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.