Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Ini Dia 5 Manfaat Buah Kedondong yang Belum Banyak Orang Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
16 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Sehatkan tubuh dengan manfaat buah kedondong.
Kedondong adalah salah satu buah eksotis yang ada di Indonesia. Dibalik berbagai manfaat buah kedondong, buah ini memiliki ukuran kecil dengan tekstur yang cukup keras. Meski memiliki tekstur keras, kedondong memiliki rasa menyegarkan yang dapat membuat ketagihan. Buah kedondong identik dengan dominan rasa masam dan sedikit manis. Rasa asam yang muncul saat memakan buah ini sepadan dengan manfaat yang bisa kamu dapatkan. Berikut daftar manfaat mengkonsumsi buah kedondong untuk tubuh.
banner consideration shipping bg blue

1. Sebagai Obat Diare



Buah dengan rasa asam ini dapat digunakan sebagai obat diare yang ampuh. Uniknya, yang harus digunakan tidak hanya buahnya saja, namun juga kulit dari batang pohon kedondong. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengambil sedikit kulit dari batang pohon kedondong kemudian memotongnya kecil-kecil.
Setelah terpotong kecil-kecil, lanjutkan dengan merebus hasil potongan tersebut dengan air secukupnya. Jika sudah mendidih, saring air rebusan tersebut sampai tidak ada kulit batang yang tersisa. Tunggu sampai dingin dan minum air hasil rebusan kulit pohon kedondong tersebut.

2. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Berbahaya



Buah kedondong memiliki kandungan zat alami yang dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya. Penyakit berbahaya seperti darah tinggi, stroke, jantung, dan lain-lain dapat mengintai manusia setiap saat. Buah kedondong dapat membantu mengusir berbagai jenis penyakit kronis yang bisa saja menyerang setiap saat. Salah satu penyakit yang bisa dicegah dengan kedondong adalah kolesterol tinggi. Kandungan yang ada pada buah kedondong dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi yang ada dalam darah.

3. Menyembuhkan Batuk



Kedondong juga bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk. Dibanding dengan meminum obat, lebih baik mencoba menggunakan kedondong untuk menyembuhkannya. Caranya cukup mudah, ambil beberapa buah kedondong. Cuci sampai bersih terlebih dahulu sebelum mengolahnya. Jika sudah, parut seluruh buah kedondong yang sudah disiapkan. Setelah seluruh kedondong berhasil diparut, peras parutan kedondong tanpa menggunakan air sedikitpun. Taruh hasil perasan dalam wadah dan minum 2 kali dalam sehari.
banner consideration promotion bg blue

4. Membantu Menurunkan Berat Badan



Kedondong dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Rasanya yang asam dan memiliki kandungan gula alami yang baik untuk tubuh dianggap lebih sehat jika dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang berdiet. Tidak hanya itu saja, buah kedondong dikenal memiliki kandungan lemak yang rendah dengan karbohidrat dan serat yang tinggi.

Kandungan air dalam kedondong dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa membuat jus dari buah kedondong ini. jika tidak suka dengan jus kedondong, kamu juga bisa memakannya langsung tanpa diolah lebih dulu.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit



Kandungan nutrisi tinggi yang terdiri dari kalsium, vitamin, zat besi, dan fosfor membuat buah ini baik dalam hal meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin C yang ada dalam buah kedondong dapat membantu memperbaiki jaringan dan memberi nutrisi yang cukup pada kulit. Dengan mengkonsumsi kedondong, produksi kolagen akan meningkatkan. Hal inilah yang membuat keindahan pada kulit juga semakin meningkat.

Tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan kulit saja, kedondong juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kulit. Daun kedondong juga bisa dijadikan pengganti pelembab dan body lotion dengan cara merebusnya dan mengambil ekstrak dari daun pohon kedondong tersebut. Sedangkan bagian akar pohon kedondong dapat digunakan untuk merawat kulit gatal.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah daftar 5 manfaat buah kedondong yang bisa kamu dapatkan. Meski memiliki rasa masam yang cukup dalam, buah kedondong dibekali dengan segudang manfaat untuk tubuh. Yuk, konsumsi buah kedondong!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.